Zaman sekarang, download video bisa dilakukan dengan cukup mudah dan cepat. Bahkan, Anda bisa mengunduh media dari platform yang tidak menyediakan fitur itu. Misal pada Youtube atau Instagram. Untunglah ada cara download video yang selalu berhasil dari platform itu.

Berbeda dengan cara unduh melalui link langsung yang mengarah pada situs storage misal Google Drive.

Untuk platform video dan medsos yang tidak menyediakan direct link, Anda harus menggunakan aplikasi atau situs tertentu untuk melakukannya. Simak ulasan di bawah ini.

1. Cara Download Video di Youtube

Cara Download Video di Youtube

Ada tiga buah cara yang bisa Anda lakukan kalau ingin mengunduh video dari Youtube. Ada yang bisa dilakukan di ponsel dan PC. Hasil video yang didapatkan juga bervariasi.

1. Menggunakan Internet Download Manager (IDM)

Download dengan Internet Download Manager (IDM)

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk download video di Youtube adalah menggunakan Internet Download Manager. Aplikasi ini bisa dipakai versi trial-nya atau Anda bisa beli lisensi ritel dengan harga Rp150-200 ribu untuk satu PC dan gratis update selamanya.

Saat akan menggunakan Internet Download Manager, pastikan memakai browser yang memang support. Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah dua diantaranya. Selanjutnya jangan lupa memasang plug-in atau add-on untuk mengintegrasikan IDM ke browser.

Apabila dua hal itu sudah tersambung menjadi satu, proses unduh di Youtube bisa berjalan dengan lancar. Begitu membuka halaman dengan video terputar, tombol download di bagian samping akan muncul. Klik tombol itu dan pilih resolusi yang dikehendaki.

Proses download akan berjalan secara otomatis dari awal sampai akhir. Biasanya format file yang bisa disimpan adalah MP4 atau Webmd.

2. Download dengan Situs

Download dengan Situs

Kalau Anda masih belum bisa menggunakan Internet Download Manager versi premium. Tidak perlu khawatir, pasalnya masih bisa menggunakan situs seperti https://id.savefrom.net/1-cara-mengunduh-video-youtube.html. Untuk menggunakan situs ini, ikuti beberapa langkah berikut.

  • Buka tautan di atas menggunakan Google Chrome atau bisa pakai browser yang biasanya Anda gunakan.
  • Masuk ke halaman Youtube untuk cari video, salin link-nya.
  • Paste link ke kolom yang tersedia di situs pengunduh. Lalu klik Unduh.
  • Tunggu prosesnya berjalan sampai muncul pilihan download.
  • Klik resolusi yang sesuai dengan kebutuhan. Proses download akan berjalan sampai selesai.

3. Download dengan Aplikasi Ponsel

Download dengan Aplikasi Ponsel

Gunakan aplikasi untuk download di ponsel khususnya Android. Nama aplikasi yang bisa digunakan adalah Video Downloader 2019 HD. Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain, tinggal cari sana dan pilih yang ratingnya tinggi.

Aplikasi download untuk Youtube biasanya memiliki sistem yang sederhana. Anda hanya perlu menyalin link lalu melakukan paste ke kolom yang disediakan.

Selanjutnya, proses download bisa segera dilakukan. Oh ya, biasanya ada pemilihan resolusi dan ukuran sebelum download.

Baca Juga: Aplikasi Youtube Downloader

2. Unduh Video di Facebook

Unduh Video di Facebook

Video dari Facebook awalnya bisa diunduh dengan IDM. Namun, pada beberapa kasus, tombol download tidak muncul kembali. Untuk itu, coba gunakan dua cara di bawah ini:

1. Memakai Aplikasi Downloader

Memakai Aplikasi Downloader

Aplikasi downloader untuk HP Android ada banyak dan hampir semuanya mendukung platform media sosial. Salah satunya adalah Facebook yang banyak kita gunakan. Kalau mau yang spesifik untuk Facebook, bisa menggunakan MyVideoDownloader.

Unduh aplikasi tersebut di Playstore, setelah terpasang, ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama yang harus dilakukan adalah login ke Facebook yang Anda miliki.
  • Setelah login, Anda akan dibawa ke halaman yang mirip sekali dengan beranda FB. Lakukan scrolling seperti biasa dan cari video yang akan diunduh.
  • Saat ketemu video, coba lakukan klik. Biasanya akan muncul pilihan Play atau Download.
  • Kalau pilih Download, aplikasi akan meminta Anda memilih folder yang diinginkan.
  • Proses download akan berjalan hingga selesai.

2. Menggunakan Situs Download

Menggunakan Situs Download

Situs download juga bisa dipakai untuk mengunduh video dari Facebook. Anda bisa memakai Savefrom seperti pada poin sebelumnya. Kalau ingin alternatif lain, bisa menggunakan situs seperti https://fbdown.net/. Ikuti langkah berikut untuk download.

  • Buka situs FBdown atau cukup klik link di atas.
  • Salin link halaman Facebook yang memiliki video di dalamnya. Tempel di kolom yang sudah disediakan lalu klik Download.
  • Pilih ukuran dari file yang dikehendaki.
  • Tunggu proses download selesai.

Baca Juga: Aplikasi Facebook Downloader

3. Download Video Instagram

Download Video Instagram

Selanjutnya video pada Instagram, Anda juga bisa menggunakan dua cara yakni dengan memanfaatkan aplikasi di ponsel dan juga situs downloader.

1. Aplikasi untuk Video IG

Aplikasi untuk Video IG

Saat mencari di Playstore, akan ada puluhan aplikasi yang bisa dipakai untuk download gambar dan video dari Instagram. Anda bisa memilih salah satu seperti Video Downloader for Instagram. Aplikasi ini ukurannya 6 MB dan ratingnya 4.8.

Untuk melakukan download video, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalin link dari post yang memiliki video. Selanjutnya, langsung paste ke aplikasi untuk mulai proses download.Tunggu prosesnya selesai untuk disimpan atau langsung di-repost.

2. Situs Download Video IG

Situs Download Video IG

Ada banyak situs yang bisa digunakan untuk download video dari Instagram. Namun, Anda bisa menggunakan situs https://downloadgram.com/. Untuk menggunakan situs ini, ikuti langkah sederhana berikut:

  • Salin link post yang memiliki video di Instagram.
  • Paste ke situs tersebut dan tunggu prosesnya berjalan.
  • Lakukan download dan pilih tempat penyimpanan yang sesuai.

Video yang bisa didownload dengan menggunakan situs ini tidak hanya postingan saja. Anda juga bisa mengunduh IGTV dan juga video yang diposting sebagai stories. Ukuran file video biasanya mengikuti ukuran asli saat diunggah.

Situs ini bisa diakses di PC atau ponsel dengan menggunakan browser seperti Google Chrome. Jadi, lebih fleksibel di mana saja bisa mengunduh.

Baca Juga: Aplikasi Instagram Downloader

4. Cara Download Video dari Twitter

Cara Download Video dari Twitter

Terakhir cara download video dari Twitter yang biasanya tidak bisa dilakukan secara manual. Anda bisa menggunakan aplikasi yang didapatkan dari Playstore. Misal menggunakan aplikasi seperti Download Twitter Videos.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, ikuti cara di bawah ini sesuai dengan urutannya:

  • Masuk ke aplikasi Twitter seperti biasa dan lakukan login. Pastikan aplikasi downloader sudah terunduh.
  • Buka tweet yang berisi video di dalamnya. Anda tidak perlu melakukan copy link seperti pada beberapa cara di atas. Yang perlu dilakukan adalah menekan tombol share. Lalu memilih Share tweet via. Lalu pilih Download Twitter Videos.
  • Proses download akan berjalan secara otomatis. Anda bisa memilih sendiri resolusi dari video yang akan disimpan. Jangan lupa pilih lokasi penyimpanan.
  • Tunggu proses download-nya berjalan sampai selesai dan video bisa segera diputar.

Baca Juga: Aplikasi Twitter Downloader

Download video dari platform apa pun ternyata bisa dilakukan dengan mudah saat ini. Anda bisa menyimpan tayangan favorit langsung ke PC atau ke HP. Jadi, saat ingin melihatnya lagi tinggal diputar sesuai dengan keinginan.

Oh ya, file video dari beberapa platform seperti Youtube biasanya memiliki ukuran yang besar dan kadang kualitasnya di atas HD. Pastikan memiliki ruang penyimpanan yang lega. Kalau menggunakan HP, jangan lupa untuk dipindah ke SD card secara berkala, ya!

Sumber Link: Kunjungi website