Bagaimana cara cek sertifikat vaksin covid-19? Apakah harus menggunakan aplikasi ataukah tidak? Jawabannya adalah tidak. Anda tidak harus menggunakan aplikasi untuk bisa mengakses sertifikat yang dimiliki.

Baca juga: Aplikasi Pelacak Corona di Smartphone untuk Memperkecil Risiko Tertular

Pada masa pandemi seperti sekarang, dokumen ini diperlukan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Pemakaiannya masih berlanjut sampai batas waktu yang belum diketahui.

Bagi yang sudah melakukan vaksin, dokumen akan didapatkan secara online melalui PeduliLindungi. Jika tidak mengetahui cara cek sertifikat vaksin, Anda tidak bisa menunjukkan bukti bahwa memang sudah menjalani vaksin.

Hal ini bisa menghambat ketika Anda membutuhkannya untuk keperluan tertentu. Sebelum mengetahui cara mengecek, Anda perlu memahami apa saja manfaat dari sertifikat ini. Berikut pembahasan lebih lengkapnya.

Inilah Beberapa Manfaat Sertifikat Vaksin yang Membuat Anda Perlu Memilikinya

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 yang Bisa Anda Lakukan

Dokumen ini tidak hanya sebagai bukti bahwa sudah menjalani vaksin. Ada berbagai macam manfaat yang membuat Anda perlu memilikinya. Sebenarnya, manfaat ini akan berubah sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Inilah yang membuat Anda perlu memahami cara cek sertifikat vaksin, supaya ketika membutuhkan tidak merasa kesulitan. Hingga pandemi berakhir, sepertinya sertifikat vaksin akan selalu dibutuhkan. Untuk apa saja? Berikut beberapa manfaatnya.

  • Syarat Akses Tempat Publik

Berbagai tempat publik memerlukan sertifikat vaksin sebagai salah satu syarat akses masuknya. Misalnya seperti restoran, mall, tempat olahraga atau gym, wisata dan fasilitas publik lainnya.

Sehingga, Anda perlu mengetahui cara cek sertifikat vaksin agar bisa memberikan bukti kepada pihak terkait dan persyaratan terpenuhi. Tidak semua tempat publik memberikan persyaratan ini, namun untuk lingkup kota besar banyak yang menerapkannya.

  • Syarat Penggunaan Transportasi Umum

Manfaat berikutnya yaitu sebagai syarat penggunaan transportasi umum. Pada masa pandemi, sertifikat vaksin Covid-19 menjadi syarat agar bisa mengakses transportasi umum. Padahal sebelum pandemi semua orang bebas melakukan perjalanan.

Baik itu jalur darat, laut maupun udara. Jadi, Anda tidak bisa bepergian menggunakan layanan transportasi umum jika tidak memiliki dokumen ini. Konsekuensinya harus menggunakan kendaraan pribadi.

  • Syarat Mengikuti Suatu Kegiatan

Manfaat lainnya yaitu sebagai syarat mengikuti suatu kegiatan. Seperti menyaksikan pertandingan sepak bola di lapangan, menghadiri acara pernikahan dan aktivitas lainnya yang melibatkan banyak orang.

Apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini aktivitas yang bisa dilakukan sangat terbatas. Hanya orang yang sudah menjalani vaksin boleh untuk mengikuti kegiatan terkait.

Melakukan cek sertifikat vaksin menjadi dibutuhkan pada situasi ini sebagai bukti supaya bisa mengikuti acara tersebut. Tidak semua kegiatan menerapkan peraturan ini, namun akan lebih aman bila Anda sudah mempunyai sertifikatnya.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 yang Bisa Anda Lakukan

Cara cek sertifikat bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Bisa menggunakan aplikasi maupun tidak. Bila Anda ingin melihatnya menggunakan aplikasi, pastikan sudah memasang software PeduliLindungi pada smartphone.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah melalui playstore. Pasang terlebih dahulu jika belum memilikinya. Jika sudah terpasang, ikuti cek sertifikat vaksin berikut pada aplikasi.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah terpasang pada smartphone Anda.
  2. Setelah berhasil terbuka, login dengan cara menuliskan nomor handphone atau alamat email. Perhatikan penulisan nomor handphone harus sama seperti yang Anda tuliskan ketika melakukan pendaftaran vaksinasi. Buat akun jika belum memilikinya, isi sesuai data yang dibutuhkan.
  3. Kemudian kode OTP berjumlah enam digit akan dikirimkan lewat SMS. Ketika kode OTP sudah dikirimkan, Anda bisa memasukkannya pada kolom tersedia.
  4. Setelah itu, klik bagian menu “Sertifikat Vaksin” untuk mengecek dan melihatnya.

Metode Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Harus Memasang Aplikasi

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 yang Bisa Anda Lakukan

Tidak hanya lewat aplikasi PeduliLindungi saja untuk bisa cek sertifikatnya. Jika Anda tidak mempunyai aplikasi ini, akses dapat dilakukan dengan cara lain, yaitu melalui situs resmi, SMS maupun chat bot WA. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

PeduliLindungi tidak hanya bisa di akses menggunakan aplikasi saja, tapi juga situs resminya. Tentu saja metode ini sangat membantu bagi Anda yang tidak memasang aplikasi PeduliLindungi pada smartphone. Langkah-langkah cek sertifikat vaksin yaitu:

  • Bukalah mesin pencari Google maupun aplikasi browser jenis lain pada smartphone Anda.
  • Kemudian kunjungi situs website www.pedulilindungi.id.
  • Bila situs sudah terbuka, lihat pada halaman awal bagian atas. Anda akan menemukan kalimat pertanyaan terkait sudahkah melakukan vaksin Covid-19. Dilanjutkan dengan cek sertifikat di sini.
  • Cek sertifikat vaksin selanjutnya yaitu klik bagian “di sini” pada kalimat yang tertera tersebut.
  • Setelah itu Anda bisa login. Jika belum memiliki akun PeduliLindungi, buat terlebih dahulu.
  • Tuliskan data yang diminta, mulai dari nama lengkap, NIK, tanggal lahir, tanggal dan jenis vaksin.
  • Centang bagian recaptcha dan klik periksa. Hasil dokumen akan muncul sesuai data yang Anda masukkan. Bila ingin mendownloadnya, klik bagian “Unduh Sertifikat”.

Agar lebih mudah proses cek sertifikat vaksin, Kemenkes membuat fitur chat bot WA. Tidak hanya mengecek saja, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi mengenai vaksin Covid-19.

Anda harus mempunyai akun PeduliLindungi terlebih dahulu untuk dapat mengakses chat bot yang dibuat oleh Kemenkes ini. Setelah berhasil membuat akun, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Sebelum mengirimkan pesan, simpan nomor resmi dari Kemenkes terlebih dahulu. Nomornya yaitu 0811 1050 0567.
  • Kemudian baru kirimkan pesan melalui WhatsApp menggunakan format “Halo”.
  • Setelah itu chat bot akan aktif, lalu klik bagian menu utama.
  • Jika sudah, klik bagian sertifikat vaksin dan pilih send.
  • Informasi mengenai nomor ponsel yang sudah terdaftar di akun PeduliLindungi akan diminta oleh chat bot Kemenkes. Balas sesuai dengan nomor ponsel yang Anda daftarkan.
  • Kemudian, kode OTP akan dikirimkan lewat SMS. Anda bisa memasukkan kode tersebut ke pesan WA bersama chat bot Kemenkes sebelumnya.
  • Balasannya berupa tampilan pilihan menu, download, status serta ubah informasi diri.
  • Bila ingin mengunduh, pilih bagian download. Kemudian kirimkan NIK Anda dan sertifikat vaksin akan dikirimkan melalui pesan chat tersebut.

Cara cek sertifikat vaksin selanjutnya yaitu melalui SMS. Sesudah melakukan program ini, selang waktu yang tidak lama Anda akan memperoleh SMS dari nomor 1199. SMS tersebut isinya pernyataan bahwa Anda sudah berhasil vaksin.

Bila yang dilakukan adalah dosis pertama, biasanya ada tambahan informasi mengenai jadwal dosis kedua. Untuk mengeceknya melalui SMS sangat mudah, langkah-langkahnya yaitu:

  • Langkah pertama, bukalah SMS yang dikirimkan oleh 1199 yang merupakan nomor resmi Kemenkes.
  • Dalam pesan akan diberikan link sertifikat vaksin, Anda bisa mengkliknya.
  • Jika sudah berhasil, Anda akan dialihkan ke situs resmi pedulilindungi.id lewat aplikasi browser smartphone.
  • Login menggunakan nomor ponsel atau email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Jika belum mempunyai akun PeduliLindungi, buat terlebih dahulu.
  • Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS, masukkan ke dalam kolom tersedia.
  • Kemudian tampilan nama akan muncul, klik untuk mengecek dokumen.
  • File gambar akan tampil, bila ingin mendownload klik bagian unduh. File akan secara otomatis masuk dalam galeri handphone Anda.

Metode lain cek sertifikat vaksin tanpa harus memasang software PeduliLindungi pada ponsel tersebut bisa menjadi pilihan. Namun, pada saat tertentu Anda berkemungkinan membutuhkan fitur scan barcode, sehingga disarankan untuk tetap mengunduh aplikasinya.

Alasan Mengapa Sebaiknya Sertifikat Vaksin Tidak Dicetak

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 yang Bisa Anda Lakukan

Pembuatan jenis sertifikat ini dalam bentuk digital. Bahkan akses dan cara cek sertifikat vaksin Covid-19 juga secara online. Hal ini memudahkan para penggunanya jika sewaktu-waktu perlu menunjukkannya pada petugas pemeriksa.

Namun, tidak semua orang nyaman dengan cara seperti ini. Ada sebagian yang lebih menyukai dalam bentuk fisik, hingga akhirnya mencetaknya. Padahal sebenarnya metode seperti ini tidak disarankan. Mengapa? Berikut beberapa alasannya mengapa sebaiknya tidak dicetak.

  • Adanya Penyalahgunaan Data

Hal pertama yang ditakutkan adalah adanya penyalahgunaan data. Hal ini karena dokumen ini mengandung data pribadi yang jika berada pada pihak tidak bertanggung jawab bisa disalahgunakan, seperti pinjaman online.

Baca juga: Cara Menggunakan PeduliLindungi Serta Manfaatnya

Dokumen jenis ini proses pengecekannya secara digital. Hal penting yang perlu Anda lakukan hanya menyimpan file tersebut atau menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Jadi, sebenarnya mencetak dalam bentuk fisik tidak dibutuhkan.

Bila ada masalah terkait proses pengecekannya, segera laporkan ke pihak berwenang supaya segera diatasi. Baik itu tidak muncul ketika akan melakukan cek sertifikat vaksin, maupun kendala lainnya.

Sumber Link: Kunjungi website