Awal Edtech Ruangguru sedang bersiap untuk debut di luar Indonesia tahun ini setelah merayakan ulang tahun kelima. Keberhasilan tahun lalu telah memperkuat Ruangguru untuk ekspansi. Co-Founder dan CEO Ruara Belva Devara saat ini enggan mengungkapkan lebih banyak tentang rencana tersebut.

“Tahun ini, meninggalkan Indonesia, bentuknya adalah unit bisnis di bawah Ruangguru seperti produk lainnya, tetapi [sudah siap], ini rahasia,” katanya, Rabu (10/7) .

Untuk mendukung rencana ini, dukungan untuk dana segar akan diumumkan sesegera mungkin. Belva mengatakan dana nominal yang didapat perusahaan akan sangat besar. “Tahun ini akan ada [pengumuman pendanaan] dan biayanya besar.”

Akhirnya, Ruangguru mengumumkan pendanaan Seri B yang dipimpin oleh UOB Venture Management dengan nominal yang ditunda pada tahun 2017.

Melanjutkan Belva sejak tahun lalu layanan Ruangguru benar-benar “meledak” dalam hal kesadaran orang tua. Tanpa menyebutkan angka rinci, ia mengatakan bahwa total pertumbuhan bisa mencapai 20 kali. Pengguna memasukkan lebih dari 15 juta siswa dan 300 ribu guru yang bergabung di seluruh Indonesia.

Menariknya, sekitar 70% pengguna adalah siswa yang belum memperoleh pelajaran mengajar konvensional dan dari kelas menengah ke bawah. Dari hasil survei internal, Ruangguru menentukan siswa dari sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi selama beberapa bulan, terlepas dari latar belakang ekonomi keluarga mereka.

Ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai mereka sedang hingga 20 poin. Sebanyak 92% responden mengatakan nilai meningkat menjadi tiga bulan setelah belajar melalui Ruangguru.

“Ada 52 juta siswa di Indonesia, dan sekarang kami 15 juta, yang berarti kami masih belum menggunakan Ruangguru, intinya adalah bagaimana kami bisa mencapai 52 juta secepat mungkin. duta merek, sehingga orang tua dan anak-anak dapat lebih mengenalinya. ”

Baca Juga:  Memudahkan Investor, MNC Securities Meluncurkan Aplikasi Akuisisi Saham

Dalam hal produk B2C lebih banyak, seperti Ruang Belajar, Bootcamp Digital, Roboguru, Ruangles, Ruanglesonline, Ruang Baca dan sebagainya. Kualitas guru juga ditingkatkan, dengan merekrut melalui acara pencarian. Sebagai hasilnya, Ruangguru sekarang memiliki tenaga pengajar ke rumah yang luar biasa, universitas papan atas dan pemenang Olimpiade.

Menurutnya, kualitas guru sangat penting untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi. Tidak hanya dilihat dari sudut pandang akademik, tetapi bagaimana kemampuan guru untuk mengajar di depan kamera.

Sebab, mengajar di depan kamera berbeda dengan depan kelas. Mereka dituntut interaktif, sehingga siswa tidak mudah bosan. Kemampuan ini belum sepenuhnya dikuasai oleh guru.

Ruangguru memiliki dua jenis kemitraan untuk guru. Konten video yang ditampilkan pada aplikasi dibuat sepenuhnya di rumah para guru yang bekerja di Ruangguru. Jumlahnya diklaim ratusan. Jumlah total karyawan Ruangguru hampir dua ribu.

Selain dari guru yang pergi ke depan kamera, ada juga seorang guru di belakangnya yang menyiapkan semua konten. Mereka membahas semua mata pelajaran dan bagaimana mengemasnya sampai mereka akhirnya dapat menyoroti mereka.

“Ada juga sistem yang dibayar berdasarkan komisi, misalnya, untuk produk Ruangles jadi kami membayarnya untuk komisi. Jadi sistem tergantung pada program yang diambil guru,” tambah CPO Ruangguru Iman Usman.

Dengan perekrutan besar-besaran untuk guru, perusahaan kini telah merevitalisasi konten video menjadi lebih menarik sejak 2018. Menambahkan bahkan diklaim hingga 5 kali lipat selama setahun terakhir. Penggugat Ruangguru memiliki puluhan ribu konten video dan catatan pelajaran. Produksi ribuan pertanyaan penyelidikan bank dan mencakup semua topik mulai dari kelas 1 hingga 12.

Ruangguru juga memiliki produk B2B yang disebut Ruangkerja untuk melatih keterampilan karyawan secara online. Belva mengatakan platform tersebut telah digunakan oleh banyak lembaga, seperti Nestle, Pertamina, Kementerian Perindustrian, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pemerintahan Daerah.

Baca Juga:  Facebook Terancam Denda Miliaran Dolar

“Karena semua perusahaan memiliki masalah yang sama, bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan karyawan tanpa memberitahu mereka untuk pergi.

Kembangkan fitur dan layanan baru

Aplikasi Ruangguru terus ditingkatkan dengan inovasi baru dan teknologi baru yang bertujuan meningkatkan pengalaman belajar menjadi lebih efektif. Belva menjelaskan, ada fitur Smart Recommendation yang secara otomatis mendeteksi kelemahan siswa dan memberikan rekomendasi untuk materi pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa.

“Fitur ini mengidentifikasi kita dari pemain yang sama. Sebelumnya, Ruangguru seperti perpustakaan, memiliki semua kebutuhan siswa, tetapi sekarang ada sistem pintar yang dapat merekam apa mereka melakukan aplikasi dan secara otomatis memberikan rekomendasi agar pembelajaran mereka menjadi lebih efektif. ”

Fitur lain, Ruangguru Adventure, terasa seperti pengalaman belajar seperti bermain game. Pengguna akan memiliki avatar dan mereka dapat bersaing untuk mengumpulkan poin setiap kali mereka pindah. Poin-poin ini dapat ditukar dengan berbagai barang digital untuk mempercantik avatar Anda.

Akhirnya, fitur Pembelajaran Sosial memudahkan siswa untuk berkomunikasi dan mendiskusikan pelajaran sekolah dengan pengguna lain. Pengajaran langsung juga disediakan yang dapat dipantau melalui aplikasi.

“Fitur terakhir ini seperti Instagram Live, menonton guru secara langsung dan berinteraksi langsung dengan siswa.”

Tampilan aplikasi UI / UX jauh lebih baik dari waktu ke waktu. Perasaannya juga sombong, bahwa aplikasi Ruangguru telah menerima peringkat 4,7 dari 5.0 di Google Play Store. Menurutnya, mendapatkan peringkat ini agak sulit di Indonesia, terutama untuk aplikasi lokal.

Ruangguru tahun lalu menerima nominasi dari Google User’s Choice di berbagai aplikasi terbaik di Indonesia, dengan Tokopedia, Shopee, Gojek, dan Bukalapak.

Segera masuk program kejuruan

Menanggapi implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2019 tentang Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2010 tentang Kalkulator Pajak Penghasilan dan Pajak Penghasilan Pajak Kini, Ruangguru akan menggunakan insentif melalui partisipasi dalam program kejuruan yang serius.

Baca Juga:  Memperhatikan Strategi Pengembangan Pusat Riset Dan Pengembangan Dalam Bisnis Digital

Belva mengatakan, Ruangguru sebenarnya terlibat oleh Presiden Joko Widodo sejak awal. Presiden ingin mendorong apa yang dapat dilakukan Ruangguru untuk meningkatkan kualitas lulusan teknologi kejuruan.

Segmen ini dianggap lebih sulit karena kurikulumnya berbeda dari yang biasa mereka gunakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi untuk melakukan bahan ajar, kita harus melihatnya dari sumber yang berbeda karena tujuan akhir dari pendidikan kejuruan adalah untuk mempersiapkan siswa kejuruan dan politeknik untuk siap bekerja.

“Kami akan segera meluncurkan produk kejuruan ini karena telah menjadi fokus kami hari ini. Sekarang kami perlu diskusi dengan para pemain dan asosiasi industri untuk menemukan kurikulum yang benar-benar dibutuhkan,” kata Belva.

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/bisnis/ruang-guru-siapkan-debut-ekspansi-ke-luar-negeri-setelah-miliki-15-juta-pengguna/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?