WinRAR merupakan salah satu jenis software kompresi file yang banyak digunakan. Karena banyaknya pengguna, tidak heran bila istilah software ini kerap terdengar. Apalagi bagi pengguna perangkat komputer atau laptop.

Baca juga : Video Musik yang Paling Banyak di Tonton di YouTube

Pada kondisi tertentu, menyusutkan ukuran file format itu perlu supaya saat diunduh tidak terlalu besar. Ketika ukurannya terlalu besar, akan secara otomatis menghabiskan lebih banyak kuota internet.

Selain itu, waktu tunggu untuk mengunduh filenya juga menjadi lebih lama. Ukuran berkas terlalu besar juga akan menyulitkan kalian saat ingin mengirimkannya lewat email. Untuk mengatasi kondisi seperti ini diperlukan software kompresi file.

Membahas Sekilas Tentang Apa itu WinRAR

Membahas Sekilas Tentang Apa itu WinRAR

Membahas Sekilas Tentang Apa itu WinRAR

WinRAR merupakan sebuah software yang sangat shareware pengarsipan serta kompresi. Tokoh pembuatnya bernama Eugene Roshal. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengarsipkan file menjadi format ZIP maupun RAR.

Pertama kali perilisan aplikasi ini yaitu pada tahun 1995, tepatnya tanggal 22 April. Menariknya, ukuran aplikasi ini tergolong cukup kecil, yaitu sekitar 3,2 MB. Terdapat lebih dari 50 jenis bahasa tersedia.

Beberapa di antaranya ada Indonesia, Jepang, Arab, Armenia, Ceko, Polandia, Portugis, Rusia, Prancis, Spanyol, Turki, Thailand, Vietnam, Italia, Belanda, Inggris, Vietnam dan masih banyak lagi. Aplikasi ini akan membantu memudahkan kalian dalam proses mengarsipkan file.

Bukan hanya bisa memproses file terkompresi format ZIP dan RAR saja, tapi juga seluruh jenis berkas dengan format berbeda. Aplikasi ini dapat dipakai untuk mengecilkan ukuran berkas sampai dengan persentase sejumlah 40%.

Kemudian nantinya sesudah mengekstrak berkas yang bentuknya WinRAR, kembali ke ukuran normal. Sama halnya dengan aplikasi lain, terkait tampilan dekstop atau home page software satu ini tampak sederhana.

Aplikasi ini bukan termasuk baru dan telah tersedia di beragam jenis OS, seperti Linux, Windows, FreeBSD, DOS, MacOSX serta OS/2. Versi Androidnya juga ada dengan nama RAR. Tapi, pada dasarnya software ini merupakan program khusus untuk Windows.

Berbagai Fungsi dan Manfaat Aplikasi Kompresi File Satu ini

Berbagai Fungsi dan Manfaat Aplikasi Kompresi File Satu ini

Berbagai Fungsi dan Manfaat Aplikasi Kompresi File Satu ini

Bukan hanya sekadar memperkecil ukuran file, WinRAR memiliki berbagai fungsi dan manfaat yang membuatnya banyak dijadikan opsi. Inilah berbagai fungsi dan manfaatnya penting untuk diketahui:

  • Mempercepat Pengiriman Berkas

Pertama, mempercepat proses pengiriman maupun penyalinan berkas. Hal ini bisa terjadi karena ukuran filenya sudah berubah menjadi kecil dibandingkan aslinya. Karena proses pengiriman berkasnya lebih cepat, akan secara otomatis menghemat kuota internet.

Manfaat seperti ini bisa diperoleh saat proses pengiriman berkas secara online, salah satunya melalui email. Sangat cocok dijadikan pilihan bagi kalian yang sedang dalam upaya menghemat kuota internet.

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, manfaat kedua yaitu mampu memperkecil ukuran file. Bahkan pengecilan ukuran datanya bisa mencapai hingga sebesar 50% dibandingkan aslinya.

Karena ukuran berkas ketika sudah diubah ke dalam bentuk WinRAR menjadi lebih kecil, akan secara otomatis menghemat ruang penyimpanan. Jadi, bisa lebih banyak menyimpan berkas dibandingkan tanpa melalui proses kompresi berkas terlebih dahulu.

  • Mengamankan File dari Potensi Terserang Virus

Fungsi dan manfaat selanjutnya yaitu mengamankan file dari serangan virus. Manfaat inilah yang membuat kalian tidak perlu khawatir terhadap file yang sudah dikompresi nantinya terkena paparan virus berbahaya.

  • Mendukung Berbagai Macam Format Kompresi

Manfaat yang tidak kalah menarik dari aplikasi kompresi file satu ini yaitu mendukung berbagai macam format. Pengguna bisa membuka berkas hasil kompresi menggunakan aplikasi jenis lainnya, seperti ZIP, RAR, CAB, UUE, ISO, TAR, LZH dan masih banyak lagi.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa WinRAR dapat ditambahkan dengan password. Jadi, nantinya file menjadi lebih aman dengan enkripsi password 256 bit. Selain itu juga menggunakan teknologi penandatanganan yang sudah diautentikasi.

Berbagai Kelebihan Aplikasi Kompresi File Satu ini

Berbagai Kelebihan Aplikasi Kompresi File Satu ini

Berbagai Kelebihan Aplikasi Kompresi File Satu ini

Setiap aplikasi kompresi file mempunyai kelebihannya masing-masing yang membuatnya ramai pengguna, termasuk software satu ini. Inilah berbagai kelebihannya yang bisa kalian rasakan:

  1. Termasuk ringan karena tidak membutuhkan kapasitas memori yang terlalu besar.
  2. Kompatibel bila digunakan menggunakan Windows 10 serta versi sebelumnya. Jadi, tidak hanya bisa dipakai untuk Windows versi terbaru saja, tapi juga lama.
  3. Bisa membuka jenis format berkas yang berbeda. Jadi, tidak harus memiliki jenis berkas sama untuk bisa dibuka.
  4. Dapat melindungi berkas dari potensi terkena virus. Sebagaimana kita tahu virus yang mengenai bagian dalam perangkat bisa menghambat pengoperasiannya. Bahkan paling parahnya bisa menghapus berkas penting yang pengguna miliki.

Beragam Cara Menggunakan Aplikasi Kompresi File Satu ini

Beragam Cara Menggunakan Aplikasi Kompresi File Satu ini

Beragam Cara Menggunakan Aplikasi Kompresi File Satu ini

Cara menggunakan WinRAR sebenarnya sangat mudah. Tapi, bagi pengguna pemula biasanya dirasa cukup sulit. Mengenai cara penggunaan, dimulai dari instalasi, proses kompresi hingga membuka file hasil kompres, akan dibahas pada uraian berikut.

Cara penggunaan pertama adalah terkait instalasi. Sama seperti aplikasi lainnya, software satu ini juga perlu dipasang terlebih dahulu pada perangkat supaya bisa digunakan. Inilah tata cara installnya:

  • Langkah pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi ini melalui alamat situs win-rar.com. Kalian hanya perlu mengetikan alamat situs tersebut pada kolom mesin pencarian browser.
  • Tunggu sampai halaman situs terbuka, lalu tekan bagian tombol “Download” tersedia.
  • Sesudah proses pengunduhan selesai, tekan sebanyak dua kali file WinRAR yang sudah berhasil terunduh sebelumnya.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Install, OK dan Done.

Proses instalasi aplikasi sudah selesai dan sekarang kalian sudah bisa menggunakannya. Penting diingat, saat proses pengunduhan file diperlukan koneksi internet yang stabil supaya cepat selesai.

Walaupun kebutuhan terhadap memorinya termasuk kecil, kalian tetap perlu memastikan kapasitas perangkat apakah masih mumpuni untuk dipasang aplikasi ini atau tidak. Jadi, jangan lupa untuk memastikannya ulang.

Selanjutnya adalah cara melakukan kompresi berkas menggunakan WinRAR. Dalam hal ini, berarti kalian sudah memiliki berkas yang ingin diperkecil ukurannya dan telah memasang aplikasi pada perangkat. Inilah tata cara melakukan kompresi:

  • Langkah pertama, pilih berkas yang ingin dikompres.
  • Setelah menentukan berkasnya, lakukan klik kanan pada file tersebut.
  • Lanjutkan dengan memilih bagian menu Add to Archive
  • Bila sudah, akan muncul tampilan yang menunjukkan beragam opsi format. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan, ada RAR, RAR 4, dan ZIP.
  • Bila diperlukan, kalian juga bisa mengubah parameter lainnya. Seperti nama, metode kompresi dan lain-lain.
  • Setelah mengatur parameter sesuai keinginan, tekan OK.
  • Sekarang tinggal menunggu proses kompresi berkas selesai.

Untuk memastikan berkas dengan bentuk WinRAR apakah sudah tersimpan atau belum dalam perangkat, kalian bisa mengeceknya. Cek di tempat yang sesuai dengan dimana sebelumnya kalian mengatur peletakan penyimpanannya.

  • Cara Membuka File Hasil Kompres

Cara penggunaan terakhir yaitu membuka file hasil kompres. Bila ingin membuka berkas yang sudah berhasil dikompresi sebelumnya, kalian dapat memilih tiga metode. Antara lain Extract Files, Extract Here serta Extract to “Nama berkas”.

Untuk menemukan tiga opsi ini, lakukan klik kanan pada file hasil kompresi. Pada tata cara kali ini akan digunakan opsi Extract to “Nama berkas”.

  • Pertama-tama, pilih berkas yang ingin dibuka dan tentunya sudah berekstensi, seperti contohnya RAR.
  • Setelah itu, klik kanan pada file, lalu tekan Extract to “Nama berkas”.
  • Sekarang, kalian hanya tinggal menunggu selama beberapa saat dan prosesnya selesai.

Bila menginginkan opsi lain, caranya sama saja. Perbedaannya hanya terletak pada bagian menu yang ditekan. Biasanya semakin besar kapasitas file bentuk WinRAR yang dibuka, akan semakin lama juga proses untuk membukanya.

Begitu banyaknya manfaat serta kelebihan dari aplikasi kompresi satu ini tidak mengherankan bila banyak orang yang merasa tertarik menggunakannya. Aplikasi ini bisa kalian gunakan secara gratis, tapi hanya berlaku selama 40 hari saja.

Setelah 40 hari, supaya tetap bisa memanfaatkan fiturnya, kalian bisa mengupgradenya menjadi versi berbayar. Menariknya pada versi percobaan atau trial, aplikasi ini hampir menyediakan seluruh fitur penting.

Kecuali fitur delete protocol file, show protocol file serta add authenticity information. Tapi, secara umum pengguna tidak bermasalah dengan tidak adanya fitur tersebut. Sebab, biasanya ketiga fitur ini dibutuhkan oleh para pengelola bisnis.

Baca juga : Cara Atasi Google Drive Penuh dengan Cara yang Mudah

Walaupun aplikasi kompresi berkas satu ini sudah sangat populer penggunaannya, tapi masih banyak orang belum paham betul hal-hal tentang software yang kerap dioperasikannya. Untuk itulah pembahasan tentang WinRAR diatas penting diketahui sebagai bahan referensi.

Sumber Link: Kunjungi website