Scroll to read more

Bahasa pemrograman web adalah kunci dari pengembangan web yang menjadi bidang dimana terdapat peluang yang sangat banyak. Sejak kemunculannya di awal tahun 90-an, industri pembangunan telah berevolusi dan berkembang pesat dalam berbagai bidang.

Baca juga : Bahasa Pemrograman, Bidang Sulit yang Ternyata Bermanfaat

Saat ini, di abad ke-21, pengembangan web tetap menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari. Untuk memulai karir di domain ini, menguasai bahasa pengembangan web sangat penting.

Namun, dengan banyaknya bahasa pemrograman yang ada saat ini, kalian mungkin bingung memilih bahasa mana yang akan dipelajari, apalagi jika Kalian seorang pemula. Artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan Kalian pada 15 bahasa pemrograman web terbaik.

Kami akan membahas kasus penggunaan, fitur, pro, dan kontra dari setiap bahasa sehingga di akhir blog, kalian akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bahasa pemrograman yang berbeda. 

Apa itu Bahasa Pemrograman Web

Apa itu Bahasa Pemrograman Web

Apa itu Bahasa Pemrograman Web

Perlu kalian ketahui, secara umum bahasa merupakan sarana komunikasi. Maka dari itu, bahasa pemrograman adalah bahasa komputer, yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Ini adalah sekumpulan instruksi yang ditulis untuk melakukan tindakan tertentu.

Melalui bahasa pemrograman web, pengembang memberikan instruksi dengan cara yang dapat dipahami dan diikuti oleh mesin. Semua bahasa pemrograman memiliki sintaks, struktur, dan aturannya sendiri yang harus diikuti untuk mengeksekusi kode tanpa kesalahan.

Pemrograman web mengacu pada penulisan, markup, dan pengkodean yang terlibat dalam pengembangan Web, yang mencakup konten Web, skrip klien dan server Web, dan keamanan jaringan.

Bahasa yang paling umum digunakan untuk pemrograman Web adalah XML, HTML, JavaScript dan PHP. Bahasa pemrograman web berbeda dari pemrograman, yang membutuhkan interdisipliner tentang area aplikasi, skrip klien dan server, dan teknologi basis data.

13 Bahasa Pemrograman Web Terbaik untuk Web Development pada Tahun 2023

13 Bahasa Pemrograman Web Terbaik untuk Web Development pada Tahun 2023

13 Bahasa Pemrograman Web Terbaik untuk Web Development pada Tahun 2023

Mari kita lihat 13 bahasa pemrograman web terbaik di tahun 2023. Kalian tidak perlu mempelajari semua bahasa pemrograman ini, pilih salah satu yang kalian sukai dan yang memenuhi kebutuhan kalian.

 HTML

HTML

HTML atau HyperText Markup Language adalah fondasi pengembangan web yang perlu diketahui oleh setiap pengembang. Meskipun ini bukan bahasa pemrograman web yang lengkap, ini adalah bahasa standar yang digunakan untuk membuat halaman web.

HTML sendiri memiliki fitur yang menyediakan struktur untuk halaman web dan bertanggung jawab atas pemformatan teks dan gambar yang tepat. Ini memungkinkan penggunaan template sehingga mendesain halaman web dapat dilakukan dengan mudah.

CSS

CSS

Seperti HTML, CSS adalah bahasa pemrograman web lain yang harus diketahui oleh setiap pengembang. CSS singkatan dari Cascading Style Sheets dan sering digunakan dengan HTML untuk mengatur gaya halaman web.

Kombinasi antara HTML dan CSS disebut sebagai induk dari semua bahasa pemrograman. Semua elemen di halaman web ditentukan oleh CSS. CSS juga memiliki fitur yang memiliki gaya cascading, artinya di seluruh halaman web, akan mengalir turun dari orang tua ke anak. 

Selain itu, CSS juga sangat mendukung untuk membuat desain web yang responsif. CSS juga menjunjung tinggi konsistensi karena sifatnya yang bertingkat. Maka dari itu CSS biasa disebut bahasa pemrograman web terbaik yang bisa kalian coba.

JavaScript

JavaScript

Perlu kalian ketahui, javaScript sebagai bahasa pemrograman yang paling umum digunakan di dunia. Salah satu alasan kepopulerannya adalah karena JavaScript dapat digunakan untuk pengembangan web frontend dan backend.

Bahasa ini digunakan untuk menambahkan perilaku dan interaktivitas pada halaman web dan juga memiliki beberapa library dan framework. JavaScript adalah pilihan favorit para pengembang untuk membuat elemen web yang dinamis seperti tombol yang dapat diklik.

Misalnya, kalian dapat menggunakan React.js dan Angular untuk frontend, Nodejs untuk backend, dan React Native untuk membuat aplikasi seluler lintas platform (Android dan iOS). Ini merupakan struktur bahasa pemrograman web yang biasa terjadi di Jpemrogrpt.

Python

Python

Sebuah bahasa sumber terbuka yang mudah dipelajari dan digunakan, Python adalah salah satu bahasa paling populer yang digunakan untuk pengembangan web. Untuk pemula maupun programmer berpengalaman, Python adalah pilihan yang ideal.

Bahasa pemrograman web ini digunakan untuk pengembangan backend, ilmu data, pengembangan aplikasi web, dan otomatisasi. Bahasa ini memiliki banyak koleksi pustaka standar, yang membuat pemrograman menggunakan Python lebih mudah.

Misalnya, kalian dapat menggunakan Django untuk membuat aplikasi web full-stack. Jika ingin kontrol lebih, kalian juga bisa menggunakan Flask , framework pengembangan web minimalis. Python juga merupakan bahasa pemrograman yang bagus untuk belajar coding.

Jadi jika kalian baru di dunia pengembangan perangkat lunak maka memilih Python bisa menjadi awal yang baik, tidak hanya untuk pengembangan web tetapi untuk karir pemrograman secara keseluruhan.

C++

C++

C++ adalah bahasa pemrograman tingkat menengah yang dikembangkan pada tahun 1980. Ini adalah bahasa yang sederhana dan cukup berguna serta mudah untuk ditangani oleh para pemula. 

C++ mendukung fitur-fitur seperti pemrograman berorientasi objek, penanganan pengecualian, mendukung konsep OOP seperti abstraksi, pewarisan, memiliki pustaka standar yang kuat mekanisme kompilasi yang cepat dan efisien dan pengecekan tipe. 

 SQL

SQL

SQL, atau Structured Query Language, adalah bahasa basis data standar yang digunakan bersama dengan bahasa pemrograman lain. Sebagai bahasa kueri basis data, bahasa ini digunakan untuk memanipulasi basis data.

Bahasa ini berada di urutan ketiga dalam daftar bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Pengembang menggunakan SQL biasanya digunakan untuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus catatan dalam database.

 PHP

PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip sumber terbuka yang digunakan untuk pengembangan back-end. Sebagian besar digunakan untuk mengembangkan situs web yang dinamis dan padat data dan merupakan bahasa yang diinterpretasikan.

Ini adalah salah satu bahasa halaman web yang paling populer, dan kerangka kerja seperti Drupal dan WordPress menggunakan PHP. Beberapa fitur yang menarik, didukung oleh banyak ekstensi pihak ketiga, dapat menghasilkan gambar, PDF, teks, animasi, dan HTML.

C#

C#

C# (C Sharp) adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft. Pada awalnya dikembangkan untuk kerangka kerja. NET untuk membangun aplikasi Windows. 

Saat ini, bahasa ini banyak digunakan dalam pengembangan backend, pengembangan game, dan pengembangan aplikasi mobile. Bahasa ini dapat digunakan tidak hanya di Windows, tetapi juga di platform lain. Bahasa ini salah satu bahasa pengkodean situs web terbaik.

Angular

Angular

Angular adalah salah satu bahasa front-end yang paling banyak digunakan yang memiliki arsitektur MVC dan memungkinkan pemodelan dinamis. Ini adalah bahasa pemrograman penting yang mendukung pengembangan aplikasi yang rumit.

Untuk pengembangan UI, Angular memanfaatkan HTML, sehingga mudah dipahami. Dengan Angular, kalian dapat mengembangkan proyek dengan fungsionalitas yang luas dan desain yang menarik dengan serta efisien. 

 Ruby Rails

Ruby Rails

Ruby adalah bahasa pengembangan web backend populer yang mendukung pemrograman prosedural, fungsional, dan berorientasi objek. Ini adalah salah satu bahasa yang paling direkomendasikan untuk dipelajari oleh para pemula.

Dikombinasikan dengan kerangka kerja Ruby on Rails, bahasa ini digunakan untuk pengembangan web secara luas. 

Bahasa ini memiliki fitur mendukung berbagai alat Graphical User Interface (GUI), mendukung semua platform utama seperti Windows, Mac, dan Linux, pengumpulan sampah otomatis, manajemen paket terpusat, perilaku pengiriman kustom, dll. 

Golang

Golang

Golang atau Go adalah bahasa pemrograman sumber terbuka yang dikembangkan di Google pada tahun 2007. Bahasa ini mirip dengan C dalam hal sintaksis dan memungkinkan pengembangan aplikasi web yang efisien dan aman.

Go sangat ideal untuk pemrograman jaringan, mengembangkan pipa data, dan paket pembelajaran mesin. Fiturnya dilengkapi dengan alat pengujian bawaan, mendukung multithreading dan dapat menjalankan beberapa proses secara bersamaan.

Scala

Scala

Scala dikelompokkan dalam keluarga Java dan merupakan salah satu tambahan terbaru. Scala memiliki semua fitur Java ditambah beberapa tambahan yang membantu mengatasi beberapa kekurangan Java. 

Scala adalah pilihan tepat untuk mengembangkan solusi analisis data. Fitur yang akan kalian dapat, mendukung pemrograman.

Typescript

Typescript

Sebuah bahasa pemrograman sumber terbuka yang diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 2012, Typescript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dicari untuk pengembangan web menurut GitHub. 

Bahasa ini mirip dengan JavaScript dalam hal sintaksis dan semantik dan sering disebut JavaScript. Karena lebih kuat daripada JavaScript, Typescript mendukung pengembangan aplikasi tingkat perusahaan dengan basis kode yang besar.

Baca juga : Mengenal SQL Sebagai Bahasa Komputer yang Unik dan Menarik

Ķetika sedang memulai karier pemrograman pengembangan web, aspek yg terpenting adalah bahasa pemrograman. Karena, bahasa pemrograman web apapun yang kalian pilih untuk dikuasai, akan tetap relevan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Sumber Link: Kunjungi website