Berikut ini salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengubah URL login ke Admin blog di WordPress sebagai upaya untuk mengamankan website atau blog Anda diretas.

Untuk mengubah URL login Admin di blog WordPress Anda, kali ini kita akan memanfaatkan fitur di plugin AIO WP Security.

  • Sebelumnya, terlebih dahulu masuk dan login ke Dashboard blog Anda, arahkan kursor ke WP Security, dan klik opsi Brute Force.
  • Dan kemudian klik Rename Login Page, pilih opsi centang pada “Enable Rename Login Page Features“. Kemudian, di opsi Login Page URL untuk halaman login Anda, silakan masukan kata apa saja sesuka Anda. Misalnya Anda bisa memasukan kata “keren” seperti yang saya gunakan, atau kata-kata lain yang hanya diketahui Anda. Nantinya, kata yang Anda gunakan akan digunakan sebagai alamat slug permalink. Contohnya, Anda dapat memilih kata login, maka URL login admin adalah www.bloganda.com/login, bukan www.bloganda.com/wp-admin atau www.bloganda.com/wp-login.php yang sudah menjadi standar di blog WordPress.

Terakhir, klik Save Setting untuk menyimpan perubahan yang Anda buat. Kemudian, Anda harus masuk menggunakan URL baru yang Anda tentukan di atas.

Langkah-langkah keamanan tambahan

Selain mengubah URL login admin, Anda juga dapat menerapkan fitur captcha pada halaman login dan lost password. Captcha biasanya serangkaian simbol acak yang harus dimasukkan oleh administrator dan pengguna lain.

Masih dalam daftar WP Security – Brute Force, silakan klik menu masuk Login Captcha, lalu periksa semua opsi centang yang tersedia. Lalu, simpan perubahan Anda.

Akhirnya, blog Anda sekarang lebih aman dari serangan peretas yang akan merusak semua isi database di website atau blog Anda.

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/seo-blogging/bagaimana-cara-mengubah-url-login-dari-pengelola-blog-wordpress/

Belum ada peringkat.