Tahukah Anda saat ini hanya ada sedikit aplikasi Speed Test terbaik yang bisa digunakan secara gratis. Pada dasarnya aplikasi Speed Test lebih sering digunakan untuk melihat kecepatan koneksi internet. Kecepatan biasanya dihitung dalam satuan Kilobyte atau Megabyte per detiknya.

Baca Juga : Cara Berlangganan iQiyi, Nonton Tidak Perlu Mahal

Sebagai pengguna internet Anda harus mengetahui apa itu yang dinamakan bandwith. Secara garis besar, bandwith merupakan nilai rata-rata data koneksi internet baik itu untuk mengunggah atau mengunduh. Semakin besar bandwith maka semakin cepat juga jaringan internet Anda.

Aplikasi Speed Test terbaik biasanya menampilkan bandwith secara keseluruhan. Dari segi ping, unduh dan unggah, semuanya bisa dilihat dari data yang ditampilkan aplikasi. Aplikasi ini sangat berguna ketika Anda ingin memastikan kecepatan koneksi internet di suatu tempat umum.

Tidak hanya di tempat umum saja, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat kecepatan koneksi jaringan data provider. Sederhananya, aplikasi Speed Test digunakan untuk memastikan seberapa cepat koneksi internet baik itu wifi atau provider data jaringan.

Memahami Ping Dalam Aplikasi Speed Test Terbaik

Aplikasi Speed Test Terbaik

Ping, download dan upload adalah data yang ditampilkan oleh aplikasi Speed Test. Ketiga data tersebut bisa mendeskripsikan seberapa cepat koneksi Anda. Ping biasa digunakan untuk melihat waktu jeda ketika Anda mengakses sebuah situs atau website menggunakan jaringan internet.

Semakin kecil ping, maka akan semakin cepat juga Anda menjangkau koneksi yang diinginkan. Tidak hanya itu, ping juga berpengaruh ketika Anda melakukan streaming dan main game online. Dengan adanya aplikasi Speed Test terbaik, Anda bisa melihat sebagus apa ping yang diberikan.

Ketika bermain game online, Anda akan berhubungan dengan pemain lain dan pergerakan dalam game. Jika ping jaringan Anda kecil, input data ke dalam permainan akan lebih responsif. Artinya, Anda bisa bergerak lebih cepat ketika koneksi ping di bawah angka 40 atau 20.

Musuh yang memiliki ping besar akan kalah ketika bertarung melawan Anda. Hal ini dikarenakan ping musuh yang besar sehingga responsif ke dalam game menjadi lambat. Oleh sebab itu, para pemain profesional menggunakan aplikasi Speed Test terbaik untuk memastikan kecepatan ping.

Sama halnya ketika melakukan streaming atau melakukan video call. Kecepatan ping membantu Anda untuk mengirimkan data lebih cepat. Dengan begitu, video yang ditampilkan akan lancar sehingga tampilan streaming atau video call terlihat mulus dan lancar tanpa adanya jeda.

Download dan Upload Dalam Aplikasi Speed Test Terbaik

Aplikasi Speed Test Terbaik

Selain ping, Anda juga membutuhkan koneksi unduh dan unggah yang cepat. Biasanya Speed Test akan menampilkan besarnya kecepatan bandwith. Ketika bandwith download sebesar 10 Mb, Anda hanya bisa mendapat kecepatan koneksi maksimal 2 Mb ketika melakukan pengunduhan.

Provider Wifi biasanya menawarkan paket termurahnya sebesar 10 Mb saja. Aplikasi Speed Test terbaik digunakan untuk melihat seberapa bagus koneksi yang diberikan. Jika kecepatannya tidak lebih atau kurang dari 10 Mb dari penawaran awal, maka Anda bisa melakukan komplain.

Kelancaran koneksi Anda tergantung dari seberapa besar bandwith download yang diberikan. Jika bandwith yang diberikan besar, maka kecepatan koneksi akan lebih cepat. Namun jika Anda memiliki bandwith download kecil, maka koneksinya lambat dan ping akan ikut terpengaruh.

Sama halnya dengan Upload, semakin besar bandwith maka proses unggahan semakin cepat. Streamer biasanya mementingkan Upload dibandingkan Download pada koneksi jaringannya. Aplikasi Speed Test terbaik selalu digunakan untuk mengecek koneksi di setiap saat.

Jika Streamer tidak menggunakan aplikasi Speed Test, maka dirinya tidak akan mengetahui apa yang dirasakan penikmatnya. Total bandwith Upload yang buruk akan membuat streaming putus. Hal ini tentunya merugikan streamer karena membuat penontonnya menjadi tidak nyaman.

Aplikasi Speed Test Terbaik di Komputer

Aplikasi Speed Test Terbaik

Untuk memantau kecepatan secara real-time, ada satu aplikasi yang perlu Anda gunakan. Nama dari aplikasi tersebut adalah Net Speed Monitor. Aplikasi ini dapat memantau kecepatan koneksi internet Anda secara langsung baik itu ketika sedang menonton streaming atau upload data.

Sebagai aplikasi Speed Test terbaik, Net Speed Monitor memiliki beberapa fitur di dalamnya. Fitur ini dapat membantu Anda menganalisis data internet secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fitur yang tersedia di dalam aplikasi Net Speed Monitor.

1. Interface Berbentuk Starup

Net Speed Monitor dapat digunakan sebagai Starup sehingga interface atau tampilan terlihat di bagian taskbar komputer Anda. Di dalam interface Anda akan melihat simbol U dan D atau biasa disebut Upload dan Download beserta seberapa besar kecepatan yang dirasakan.

Aplikasi Speed Test terbaik ini dapat diubah pengaturannya dari tampilan huruf dan berapa bandwith yang bisa dilihat. Dengan adanya fitur ini di bagian taskbar, Anda bisa memantau koneksi internet secara langsung tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

2. Data Traffic 

Fitur kedua yang dimiliki Net Speed Monitor adalah melihat data traffic di beberapa periode terakhir. Fungsi dari fitur ini biasanya digunakan untuk melihat penggunaan data internet. Jika Anda menggunakan jaringan data, pengeluarannya bisa dipantau dari fitur data traffic.

Fitur ini hanya dimiliki oleh aplikasi Speed Test terbaik untuk lebih mudah memantau data. Net Speed Monitor bisa memberikan Anda per hari atau per bulannya tergantung kebutuhan. Kelebihan lain dari fitur ini yaitu datanya bisa dicetak (eksport) dalam bentuk file khusus.

3. Koneksi

Fitur lain yang dapat membantu Anda memperlancar koneksi internet adalah Connection. Fitur ini bisa digunakan untuk memantau IP dan jaringan apa saja yang menggunakan koneksi internet. Dengan memutus jaringan yang tidak diperlukan, koneksi Anda bisa diperlancar.

Cara memaksimalkan fitur Connection adalah dengan menutup koneksi berdasarkan IP. Jika terdapat aplikasi atau software yang boros data, Anda bisa mematikannya. Selain itu, Anda juga bisa memantau IP apa saja yang tersambung ke jaringan melalui browser Anda.

Aplikasi Speed Test Terbaik di HP

Aplikasi Speed Test Terbaik

Selain komputer, ada juga beberapa aplikasi HP yang bisa Anda gunakan untuk melihat kecepatan jaringan internet. Tentu saja fungsinya masih sama yaitu untuk memastikan jaringannya lancar atau tidak. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan dari dalam HP Android dan iOS.

1. Speedtest by Ookla

Aplikasi Speed Test terbaik pertama yang bisa Anda gunakan adalah Speedtest by Ookla. Jika dilihat dari popularitasnya, aplikasi ini sudah dikenal terlebih dahulu di browser. Setelah itu, perusahaan meluncurkan aplikasi untuk membantu pelanggan mengecek jaringan internet.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah interface yang menarik, data jaringan terlihat dan tersedia fitur VPN di dalamnya. Dengan berbagai kelebihannya, Anda dapat memanfaatkan Speedtest by Ookla untuk berbagai kebutuhan lain seperti jaringan privat atau VPN.

2. Meteor

Aplikasi Speed Test terbaik kedua yang bisa Anda gunakan adalah Meteor dengan fitur lebih banyak. Dengan aplikasi ini Anda bisa memantau jaringan Wifi, 3G, 4G dan 5G. Informasi data internet juga menampilkan seberapa besar bandwith ping, download dan juga upload.

Meteor dapat memantau kecepatan internet dengan detail dan presisi. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memastikan kelancaran koneksi Google Chrome, Youtube dan Maps. Hal ini menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi Speed Test HP lainnya.

3. Speedtest Master

Selain kedua aplikasi di atas, ada juga Speedtest Master yang tidak kalah bagus kualitasnya. Aplikasi Speed Test terbaik ini mampu membaca kecepatan bandwith dengan sangat presisi. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini yaitu bisa mendeteksi jaringan wifi di sekitar Anda.

Kelebihan dari fitur ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan jangkauan wifi. Meskipun efeknya terlihat kecil, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memperlancar kecepatan koneksi wifi. Tentu saja aplikasi ini lebih bagus jika digunakan pada saat genting.

4. Speed Test

Aplikasi Speed Test terbaik yang terakhir memiliki fitur seperti ketiga aplikasi lainnya. Ketika menggunakan Speed Test, Anda bisa memantau kecepatan dari satu tempat ke tempat lain. Secara keseluruhan, aplikasi ini memiliki interface yang hampir sama seperti Ookla.

Namun informasi yang diberikan lebih lengkap seperti grafik ping rate dalam satu periode waktu pengetesan. Hal lain yang membuat aplikasi ini layak dicoba adalah ukurannya kecil. HP Anda tidak akan terbebani dengan ukuran aplikasinya yang sangat kecil tersebut.

Baca Juga : Mengetahui Manfaat Google Lens untuk Pengguna Internet

Dari beberapa aplikasi di atas, Anda bisa memilih ingin menggunakan yang mana. Jika butuh aplikasi komputer, maka Net Speed Monitor bisa jadi pilihan terbaik. Selama Anda paham apa saja fungsi dan kegunaan aplikasi Speed Test Terbaik, jaringan internet bisa terpantau sepenuhnya

Sumber Link: Kunjungi website