Aplikasi dan situs web terjemahan bahasa Arab banyak dicari oleh mahasiswa. Sebenarnya tidak hanya siswa, seseorang yang mempelajari bahasa juga membutuhkannya. Sudah ada fungsi terjemahan di mesin pencari Google.

Baca Juga: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Korea, Mahir Step by Step dalam 3 Bulan

Entah karena alasan kurang akurat atau sebab lainnya, akhirnya situs lain menjadi alternatif pilihan. Dari sekian banyak situs yang tersedia, membuat sebagian orang bingung mana yang terbaik.

Pilihan yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Anda dapat memilih aplikasi atau situs web untuk menerjemahkan bahasa Arab. Jika Anda ingin menginstalnya di smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi yang diunduh dari Playstore atau Appstore.

Bagi anda yang ingin mengaksesnya melalui website bisa. Situs web ini memungkinkan Anda untuk mengaksesnya melalui PC atau ponsel. Dari sekian banyak aplikasi dan website, berikut beberapa pilihan yang direkomendasikan.

Aplikasi terjemahan bahasa arab yang bisa digunakan secara online

Agar lebih user-friendly, banyak orang lebih memilih aplikasi terjemahan bahasa Arab untuk membantu proses penerjemahan. Namun, yang paling penting untuk diingat sebelum menginstal aplikasi ini adalah memori smartphone Anda cukup.

Jika dirasa sudah cukup anda bisa menginstall aplikasi dari playstore. Perhatikan kebutuhan memori, karena setiap perangkat lunak membutuhkan kapasitas yang berbeda. Buat kamu yang sedang mencari aplikasi terjemahan bahasa ini, berikut 5 pilihan yang direkomendasikan.

1. Google Terjemahan

terjemahan bahasa arab

Aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa Arab adalah Google Terjemahan. Tidak hanya terjemahan bahasa Arab, Google Translate juga dapat digunakan untuk menerjemahkan kata-kata dari negara lain. Cara menggunakannya sangat sederhana.

Anda hanya perlu memasukkan kata yang akan diterjemahkan di kolom yang sesuai. Ukuran memori yang dibutuhkan cukup kecil, sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang pada kapasitas penyimpanan ponsel.

Tidak hanya aplikasi, Anda bisa mengakses Google Translate melalui website. Ketik saja Google Translate di kolom pencarian, situs siap digunakan. Atau bisa langsung ke https://translate.google.co.id/?hl=id&sl=id&tl=ar&op=translate

2. Belajar Bahasa Arab Praktis

terjemahan bahasa arab

Berikut software yang dikembangkan oleh Daarussalaam Learning Center adalah praktikum pembelajaran bahasa Arab. Aplikasi terjemahan bahasa arab ini menyediakan kosakata lengkap baik yang sering atau jarang digunakan.

Selain menyediakan fitur berupa tulisan, tersedia juga metode menggambar untuk membantu proses pembelajaran. Keuntungannya adalah Anda dapat memperoleh pengetahuan tentang aturan frasa bahasa Arab di perangkat lunak ini.

Tidak hanya kosa kata saja yang bisa Anda gunakan dalam Pembelajaran Bahasa Arab Praktis. Ada juga kaidah ilmu nahwu dan percakapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau istilah lain yang disebut hiwar.

3. Duolingo

terjemahan bahasa arab

Selain kemampuan menerjemahkan bahasa Arab, Duolinggo sangat cocok untuk penggemar metode pembelajaran dalam bentuk video dan game. Biasanya anak-anak lebih menyukai metode pembelajaran permainan karena menyenangkan.

Tentu saja game yang dihadirkan menyesuaikan dengan pilihan bahasa. Pengulangan kosa kata dalam suatu metode pembelajaran tertentu akan membuat lebih mudah untuk diingat.

4. Tidak Pernah Papago

terjemahan bahasa arab

Aplikasi terjemahan bahasa Arab yang direkomendasikan yang terakhir adalah Never Papago, penerjemah beberapa bahasa, termasuk bahasa Arab. Selain menerjemahkan, Never Papago juga menawarkan sejumlah fitur menarik.

Mulai dari kosa kata, percakapan hingga kalimat yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki aplikasi terjemahan bahasa asing dan alat belajar pasti sangat menyenangkan.

Aplikasi translate bahasa arab yang bisa diakses secara offline

Bagi anda yang sedang mencari aplikasi penerjemah bahasa arab, yang dapat diakses secara offline, Kamus Bahasa Arab Indonesia dapat menjadi salah satu list box. Meski tanpa koneksi internet, Anda tetap bisa mengakses software yang dikembangkan oleh Muslim Research and Technology.

Anda bisa mendownloadnya di playstore atau appstore. Kamus Bahasa Arab Indonesia telah diluncurkan sejak tahun 2012. Basis data kosakata berpemilik cukup besar, mencapai lebih dari 150 ribu.

Sedangkan mu'jamul Arab memiliki mufrodat hampir 30 ribu. Anda dapat menginstalnya di PC atau smartphone. Ukurannya kecil, jadi tidak akan membebani perangkat Anda.

Berikut ini adalah rekomendasi situs terjemahan bahasa Arab populer:

Selain aplikasi, Anda juga dapat menggunakan situs web penerjemah bahasa Arab. Menggunakan situs ini tidak mengharuskan Anda untuk menginstal perangkat lunak apa pun di perangkat Anda. Anda dapat menggunakannya langsung melalui mesin pencari Google.

Cara ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menerjemahkan bahasa Arab, tetapi tidak memiliki kapasitas memori yang cukup untuk menginstal aplikasi. Inilah 3 Situs Web Terjemahan Arab yang Direkomendasikan populer yang dapat Anda coba gunakan.

1. Penerjemah

terjemahan bahasa arab

Entranslator adalah situs pertama yang banyak digunakan untuk menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Baik itu kalimat, kalimat, teks, dokumen atau halaman web.

Tidak hanya menerjemahkan bahasa Arab, Anda juga dapat menggunakan situs web ini untuk menerjemahkan kata-kata dari negara lain. Misalnya Inggris, India, Afrika, Belanda dan banyak negara lainnya.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, sama seperti situs lainnya yaitu dengan menuliskan kata yang ingin diterjemahkan pada kotak yang telah disediakan. Kemudian klik pada opsi terjemahan.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, kunjungi halaman Penerjemah Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia – Penerjemah Online Bahasa Arab Indonesia. Websitenya adalah http://www.etranslator.ro/translate-arabic-to-indonesian.php

2. Terjemahan Online Gratis

terjemahan bahasa arab

Situs web terjemahan bahasa Arab yang direkomendasikan yang berikutnya adalah terjemahan online gratis. Melalui situs ini Anda dapat menerjemahkan bahasa Arab ke berbagai kosakata negara lain, tidak hanya Indonesia.

Untuk website yang satu ini tampilannya sederhana. Menunya tidak banyak sehingga lebih mudah digunakan. Penggunaannya hampir sama seperti di situs lain, yaitu mengetik teks yang ingin diterjemahkan di kolom yang sesuai.

Kemudian pilih tombol translate dan hasilnya akan ditampilkan. Anda dapat menggunakan situs Terjemahan Online Gratis di alamat tautan https://www.free-online-translation.com/id/arab-latin/

3. ImTranslator

terjemahan bahasa arab

Situs terjemahan bahasa Arab yang populer dan rekomendasi terbaru adalah ImTranslator. Hal ini tidak hanya digunakan untuk menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia tetapi juga sebaliknya.

Ia bahkan dapat menerjemahkan ke lebih dari 100 jenis bahasa lainnya. Ada beberapa fitur menarik yang dihadirkan seperti translate and speak sebagai layanan terjemahan dan pidato.

Ada juga text-to-speech yang dapat menerjemahkan kalimat, teks dan kata dari lebih dari 50 bahasa dari terjemahan bahasa Arab yang ini. Terjemahan juga dapat diubah menjadi ucapan dalam 10 bahasa berbeda. Mengubah teks menjadi ucapan terdengar alami.

10 jenis tersebut adalah Italia, Cina, Jepang, Inggris Amerika, Spanyol Eropa, Portugis Brasil, Korea, Jerman, Prancis, dan Rusia. Selain itu, terdapat alat perbandingan sebagai alat bantu untuk membandingkan tampilan terjemahan secara berdampingan.

Fitur ini memudahkan untuk menentukan terjemahan mesin mana yang menghasilkan hasil terbaik. Anda dapat mengunjungi alamat ImTranslator untuk digunakan di https://imtranslator.net/translation/arabic/to-indonesian/translation/

Situs terjemahan bahasa Arab yang menawarkan fitur menarik, bukan hanya penerjemah

Akses ke situs ini gratis. Banyak situs tidak hanya menawarkan layanan terjemahan. Ada yang memberikan layanan untuk mempermudah pembelajaran bahasa, ada juga yang fungsi converternya. Ini adalah aplikasi penyedia layanan.

1. Almaany

terjemahan bahasa arab

Situs terjemahan bahasa Arab ini memiliki fitur menarik selain penerjemah. Termasuk kamus bahasa Arab, antonim dan sinonim, terjemahan kontekstual dan kata-kata Alquran. Layanan ini dapat digunakan sebagai alat bantu pengajaran.

Penggunaannya hanya dengan mengetik teks atau kata yang ingin diterjemahkan. Untuk mengakses lebih banyak fitur, buat akun dan jadilah anggota. Website Almaany ada di https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/arab-ke-indonesia/

2. Tradukka

terjemahan bahasa arab

Situs terjemahan bahasa Arab online Tradukka dapat menerjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Seperti metode lainnya, saat menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan teks di tempat yang disediakan lalu klik terjemahkan.

Keuntungannya adalah teks dapat disalin dalam sekali jalan. Selain itu, Anda dapat membagikan tautan, melihat arti kata, mengirimkannya melalui email, dan mendengarkan audio. Kunjungi https://tradukka.com/translate/id/ar untuk menggunakannya.

Bahkan ada fitur menarik dari situs terjemahan bahasa Arab ini selain terjemahan yang dapat Anda gunakan di Tradukka ini. Misalnya, unit dan konverter mata uang adalah fungsi yang mengonversi unit dan mata uang yang berbeda.

Unit yang dikonversi juga bervariasi. Ada suhu, energi, tekanan, waktu dan banyak lainnya. Jika ingin fitur yang lebih lengkap, ada fasilitas premium yang bisa dipilih.

Baik itu aplikasi atau situs web, masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Jadi pilihan aplikasi atau website mana yang menyesuaikan dengan selera masing-masing individu. Sesuaikan saja dengan apa yang menurut Anda paling nyaman digunakan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : 10 Aplikasi Adzan Terbaik Untuk Android 2021

Penyajian layanannya pun beragam untuk memanjakan penggunanya. Layanan pembelajaran ditawarkan dengan berbagai metode yang menarik. Jadi tidak hanya bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa Arab sendiri, tetapi juga merupakan sarana belajar yang menyenangkan.

Sumber Link: Kunjungi website