Aplikasi cek password WiFi merupakan salah satu cara untuk dapat mengakses koneksi internet secara gratis. Setiap aplikasi akan memiliki fitur yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan kebutuhan, namun umumnya cukup mudah digunakan.

Baca juga: Berbagai Tools dan Shortcut Corel Draw yang Wajib Anda Tahu

Meski begitu, hal ini sebenarnya sama saja dengan pembobolan akses internet sehingga tidak cukup bijak untuk dilakukan. Agar lebih aman, maka sebaiknya tidak menggunakannya secara berlebihan dan memang jika sangat membutuhkan.

Sementara itu, jika Anda merupakan pemilik akses internet tentu pembobolan akan memberikan kerugian. Meski demikian, Anda dapat mengecek orang lain yang menggunakan akses internet lewat aplikasi cek password WiFi.

Untuk menghindari hal tersebut, pemilik akses internet juga sebaiknya mengganti kata sandi secara berkala. Selain untuk keamanan dari berbagai peretasan, cara ini juga akan memberikan keamanan bagi pemilik akses internet.

Aplikasi Cek Password WiFi

Aplikasi Cek Password WiFi dan Tips Menggunakannya_Aplikasi Cek Password WiFi

Aplikasi Cek Password WiFi dan Tips Menggunakannya_Aplikasi Cek Password WiFi

Ada beberapa aplikasi cek password WiFi yang fitur-fitur di dalamnya cukup mudah untuk digunakan serta memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Berikut adalah beberapa cara melihat kata sandi jaringan internet.

1. WiFi Spoofer

Dikembangkan oleh Saad Alareqi, aplikasi ini dapat dengan mudah melihat kata sandi jaringan internet hanya menggunakan smartphone. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan detail kualitas sinyal juga informasi lain seperti latency, traffic, maupun kecepatan jaringan.

Meski demikian, aplikasi cek password WiFi ini perlu untuk melakukan root pada perangkat terlebih dahulu. Meskipun merepotkan, namun dengan demikian kinerjanya bisa menjadi lebih optimal.

2. WPS Connect

WPS sangat kompatibel digunakan untuk berbagai perangkat dan sangat mudah digunakan. Terdapat proses scanning uang berjalan dengan cepat sehingga tidak perlu waktu lama untuk mengetahui kata sandi jaringan internet.

Meskipun proses scanning jaringan sekitar cukup cepat dan mudah, namun WPS tetap memiliki kekurangan. Salah satunya adalah tidak dapat digunakan untuk jaringan internet berjenis WPA.

3. Air Snort

Air Snort hanya dapat diakses menggunakan sistem operasi windows. Meski demikian ukuran aplikasinya tidak terlalu besar sehingga dapat digunakan baik pada PC maupun laptop tanpa membuat perangkat lemot.

Aplikasi cek password WiFi ini juga memiliki beberapa kelebihan seperti kemudahan dalam mengakses bahkan untuk pemula karena tampilannya yang sederhana. Selain itu, Air Snort juga dapat bekerja otomatis untuk memindai jaringan internet yang dapat digunakan.

Bukan itu saja, Air Snort juga dapat digunakan untuk WiFi jenis WPS maupun WPA. Hanya saja, aplikasi ini tidak pernah diperbarui padahal versi lama tidak dapat digunakan untuk perangkat jaringan internet dengan tingkat keamanan lebih tinggi.

4. WiFiKill

WifiKill dapat digunakan untuk mengatur traffic yang masuk dalam router, selain itu juga dapat digunakan untuk melihat history website yang dikunjungi. Kelebihan WiFiKill adalah antarmuka yang sederhana sehingga mudah digunakan penggunanya.

Selain itu, dengan aplikasi cek password WiFi ini Anda juga bisa memutuskan koneksi dari seseorang sehingga koneksi lebih cepat. Sayangnya WiFiKill tidak dapat digunakan untuk semua perangkat karena smartphone yang digunakan harus memiliki root lebih dahulu.

5. Csploit

Csploit juga bisa menjadi platform yang diandalkan untuk melihat kata sandi jaringan internet, namun tidak semua perangkat dapat menggunakannya. Csploit hanya dapat digunakan untuk smartphone yang sebelumnya telah di root.

Meski demikian, penggunaan Csploit cukup mudah dan cepat dalam mendapatkan kata sandi dan menghubungkan ke jaringan internet di sekitarnya. Sayangnya tidak ada pembaruan aplikasi sehingga tidak bisa digunakan untuk WiFi dengan keamanan tinggi.

6. zANTI

zANTI sangat mudah penggunaannya dan dapat diakses pada semua perangkat dengan proses pemindaian juga cepat. Meski demikian, ada baiknya untuk memilih jaringan dengan sistem keamanan rendah agar berhasil mendapatkan passwordnya.

7. Aircrack

Aircrack bisa digunakan untuk mendapatkan kode pada WiFi di semua jaringan dengan lebih mudah. Bukan hanya itu saja, akses aplikasinya juga sangat mudah dan hanya perlu menghubungkannya dengan jaringan terlebih dahulu.

Ketika Aircrack diaktifkan maka akan terjadi proses pemindaian secara otomatis. Nantinya jika koneksi telah berhasil terhubung, Anda bisa langsung menggunakan koneksi dengan leluasa untuk membuka berbagai situs sesuai keinginan.

Aircrack memiliki beberapa kelebihan seperti tampilannya sangat sederhana sehingga mudah digunakan siapa saja, bahkan bagi pemula. Selain itu aplikasi cek password WiFi ini juga gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya dalam mengaksesnya.

8. Hijacker

Hijacker merupakan aplikasi untuk melihat kata sandi WiFi yang digunakan oleh profesional pada berbagai jaringan. Hal ini karena ada cukup banyak fitur yang sulit digunakan oleh para pemula.

Bukan hanya itu saja, Hijacker juga hanya dapat digunakan oleh beberapa perangkat saja dan harus telah di root. Meski cukup sulit jika dibandingkan dengan platform lainnya, namun Hijacker masih tetap digunakan oleh peretas profesional.

Cara Cek Password WiFi Lainnya

Selain menggunakan aplikasi password WiFi seperti disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan cara-cara lain tanpa perlu menggunakan aplikasi. Berikut adalah cara-cara lain yang bisa dilakukan jika ingin melihat kata sandi jaringan internet.

1. QR Code

QR code digunakan untuk membagikan kata sandi jaringan pada orang lain menggunakan scan. Dengan demikian, orang lain harus memindai QR Code terlebih dahulu jika ingin menggunakan sebuah jaringan internet.

QR Code sendiri dapat diakses dengan menggunakan aplikasi atau lewat situs 4qrcode.com tanpa aplikasi. Jika menggunakan situs, maka Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya sampai informasi kata sandi muncul.

2. Web Admin Router

Selain menggunakan aplikasi cek password WiFi, Web Admin Router dapat dijadikan pilihan jika ingin melihat kata sandi dari jaringan internet. Meski begitu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu username maupun kata sandi dari Web Admin Router itu sendiri.

Apabila kata sandi dari WiFi telah diganti pemiliknya menjadi lebih rumit, Anda masih dapat menggunakan password aslinya. Meski begitu, ada baiknya untuk tidak merubah apapun yang ada dalam isi Web Admin Router.

Tips Menggunakan Aplikasi Cek Password WiFi

Aplikasi Cek Password WiFi dan Tips Menggunakannya_Tips Menggunakan Aplikasi Cek Password WiFi

Aplikasi Cek Password WiFi dan Tips Menggunakannya_Tips Menggunakan Aplikasi Cek Password WiFi

Selain menggunakan beberapa aplikasi cek password WiFi seperti yang telah disebutkan, Anda juga perlu tips-tips tertentu ketika menggunakannya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan agar proses lebih cepat dan tepat.

1. Memilih Tingkat Keamanan Rendah

Tingkat keamanan dari jaringan internet sangat beragam, mulai dari tinggi hingga rendah. Sementara itu, tidak semua aplikasi mengecek password WiFi dapat menembus tingkat keamanan jaringan yang tinggi.

Oleh karena itulah, tips pertama adalah dengan memilih jaringan dengan tingkat keamanan rendah agar lebih mudah digunakan. Cara melihat tingkat keamanan sendiri dapat melalui properties.

2. Memilih Lokasi Aman

Langkah selanjutnya ketika menggunakan aplikasi cek password WiFi adalah dengan memperhatikan lokasi yang aman. Agar dapat digunakan, maka jaringan internet sebaiknya tidak diawasi dan terbuka bebas.

3. Memilih Jaringan Sekitar

Agar lebih mudah dan dapat dilakukan dengan cepat, maka ada baiknya untuk memilih jaringan internet yang berada di dekat Anda. Hal ini karena jarak yang terlalu jauh akan membuat koneksi menjadi mudah terputus.

Anda dapat menggunakan scanning dengan aplikasi cek password WiFi untuk mengetahui kualitas sinyal jaringan paling bagus. Jika telah menentukan target, maka barulah mengecek kata sandi untuk kemudian menggunakannya. 

4. Tidak Berlebihan

Ada baiknya tidak menggunakan jaringan internet secara tidak berlebihan atau terlalu sering. Gunakan seperlunya saja dan menyesuaikannya dengan kebutuhan sehingga tidak menimbulkan permasalahan.

Manfaat Mengganti Password WiFi

Dengan banyaknya aplikasi cek password WiFi, maka ada baiknya bagi Anda yang memiliki jaringan internet untuk mengganti kata sandi sesering mungkin. Berikut adalah beberapa manfaat jika mengganti kata sandi WiFi.

1. Mengatasi Pembobolan

Fungsi utama password adalah untuk mengamankan akun dari WiFi dari pembobolan, sebab hal ini tentu akan membuat koneksi menjadi lamban. Bukan hanya itu saja, tidak jarang orang yang membobol menggunakan koneksi tersebut untuk hal-hal tidak baik.

Oleh sebab itulah sangat penting mengganti WiFi secara berkala dan menggunakan kode-kode unik agar tidak sulit dibobol. Sebab adanya aplikasi cek password WiFi membuat pembobolan lebih mudah dilakukan.

2. Mengatasi Multi Akses Setelah Peretasan

Ketika jaringan internet telah diretas, maka bisa jadi peretas tetap melakukan aktivitas dan menggunakannya untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal tersebut, maka sangat perlu segera mengganti password dengan kode-kode unik.

Baca juga: Alasan Mengapa Nimo TV Berhenti Beroperasi di Indonesia

Umumnya jaringan internet seperti WiFi memiliki kata sandi tertentu sebagai keamanan. Meski demikian, adanya aplikasi cek password WiFi membuat orang lain bisa menggunakan jaringan internet sekitar untuk keperluan tertentu.

Sumber Link: Kunjungi website