Sekarang ini masih ada banyak orang yang belum mengetahui kualitas Youtube Go dibandingkan Youtube versi Premium. Pada dasarnya versi Go bisa lebih unggul dibandingkan versi premium. Alasan sederhananya karena versi Go lebih ringan dan gratis dibandingkan Youtube premium.

Baca juga: 12 Pilihan Kamera Untuk YouTuber, Simak Berikut Ini

Pada dasarnya Youtube Premium memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan. Fasilitas yang disediakan oleh versi premium adalah tonton video streaming tanpa iklan dan mengakses Youtube Music secara gratis dengan menggunakan satu akun berlangganan sama.

Sedangkan Youtube Go juga memiliki fitur menarik yang bisa Anda gunakan. Beberapa fitur dari versi Go adalah mampu mengunduh video hasil streaming secara langsung. Besarnya video Go juga tidak sampai 100Mb karena meminimalkan pengeluaran data internet hingga 70%.

Jika dilihat dari kedua hal itu, Youtube Premium masih bisa diseimbangi dengan versi Go. Hal ini disebabkan oleh Go yang mampu mengunduh video sama halnya seperti versi Premium. Dengan begitu, Anda akan lebih hemat karena pengeluaran data internetnya diperkecil seluruhnya.

Cara Mengakses Youtube Go dan Youtube Premium

 Apakah Youtube Go Lebih Baik dari Youtube Premium

Untuk mengakses Youtube sebenarnya aplikasi Google bawaan HP sudah menyediakan langsung dari sistem pabriknya. Namun untuk versi Go dan Premium, Anda harus mengaksesnya secara terpisah. Versi Go bisa Anda cari di aplikasi app store karena sudah disediakan dari pihak Google.

Di sisi lain, versi Premium bisa Anda gunakan setelah membeli hak akses berlangganan. Tentunya versi Premium perlu mengeluarkan biaya lebih banyak dibandingkan Youtube Go. Jika Anda bisa menikmati fitur serupa secara gratis, mengapa perlu membayarnya dengan harga mahal?

Ketika versi Go sudah diunduh dan dipasangkan di HP, Anda bisa menikmati konten di dalamnya dengan puas. Salah satu kelemahan Go adalah tidak disediakan versi desktop atau komputer. Hal ini sebenarnya bukan masalah besar karena Anda hanya perlu membuka aplikasinya di HP.

Berbeda dengan versi Premium yang memiliki fleksibilitas lebih. Youtube Premium bisa diakses dari berbagai platform karena sifatnya berlangganan. Namun untuk Youtube Go, Anda hanya bisa menikmati aplikasinya dari dalam HP karena memang disediakan oleh Google.

Dari karakteristiknya itu, dapat disimpulkan bahwa kedua versi Youtube bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jika Anda ingin menghemat, cukup gunakan saja versi Go. Tapi jika Anda ingin memaksimalkan kualitas Youtube, maka berlangganan saja dan gunakan premium.

Versi Youtube Go yang Murah dan Bermanfaat

 Apakah Youtube Go Lebih Baik dari Youtube Premium

Kedua versi Youtube memang memiliki karakteristiknya masing-masing. Adanya perkembangan teknologi membuat kita harus memanfaatkan semua fasilitasnya dengan baik. Kelemahan dari versi Premium adalah pengguna harus berlangganan terlebih dahulu dengan harga mahal.

Selama 1 bulan, Youtube Premium bisa dibeli dengan harga $12 Dolar AS atau sekitar 170 ribu. Harga tersebut tentunya membebani pengguna karena fasilitasnya tidak sebanding. Youtube Go lebih baik karena murah dan terdapat berbagai fasilitas yang menguntungkan di dalamnya.

Selain itu ukuran versi Go juga sangat kecil sehingga HP lama bisa menggunakannya. Jika dilihat lebih dalam, versi GO dapat dikategorikan untuk pengguna tingkat menengah. Sedangkan versi Premium lebih diarahkan untuk pengguna Youtube tingkat menengah ke atas.

Secara tidak langsung Google sudah memberikan opsi kepada penggunanya. Anda hanya perlu menggunakan fasilitas yang ada untuk keperluan sehari-hari. Youtube Go lebih baik digunakan untuk menghemat pengeluaran dan membatasi penggunaan kapasitas memori yang besar.

Sedangkan Youtube Premium lebih baik digunakan ketika Anda membutuhkan konten orisinal dan perlu akses ke Youtube Music. Dengan begitu, kedua fasilitas yang disediakan bisa digunakan secara optimal. Anda berhak memilih ingin menggunakan Youtube versi Go atau Premium.

Memahami Fitur yang Disediakan Youtube Go

 Apakah Youtube Go Lebih Baik dari Youtube Premium

Google memiliki berbagai fitur yang digunakan untuk menunjang kebutuhan penggunanya. Tentu saja versi Go juga memiliki fitur yang sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa fitur yang sudah ada di dalam aplikasi Youtube versi Go untuk mempermudah seluruh penggunanya.

Sama halnya seperti versi Premium, Youtube Go bisa juga digunakan untuk mengunduh video yang ada di beranda. Meskipun tidak semua video bisa diunduh, Anda tetap bisa melihat apa yang ditampilkan secara gratis. File unduhan berkasnya juga sangat kecil jika dan minimalis.

Untuk ukurannya, versi Go menyediakan data unduhan dari 144p, 360p, 480p dan 720p. Anda bisa memilih ingin mengunduh video menggunakan resolusi berapa. Pastikan kapasitas dari penyimpanan ada sehingga bisa mengunduh banyak video sekaligus.

Untuk meringankan aplikasi Youtube Go, Google menghilangkan fitur komentar. Hal ini tentu saja membuat Anda lebih diuntungkan karena aplikasi tidak akan memakan banyak cache. Alasan lain mengapa komentar dihilangkan agar fungsi unduhan bisa dimaksimalkan.

Dengan menghilangkan komentar, Anda hanya perlu menonton dan mengunduh video saja. Selain itu, anak kecil juga tidak akan membaca komentar buruk di dalam video. Orang tua biasanya menggunakan versi Go untuk menyajikan tontonan yang mendidik kepada anak.

Youtube Go mampu menghemat kuota sampai 70% dari total data streaming di Youtube versi biasa dan premium. Pengurangan kuota yang digunakan tentu menguntungkan pengguna. Bagi pemakai kuota, Anda disarankan untuk menggunakan versi Go karena lebih murah.

Selain itu, penghematan kuota juga diterapkan ketika Anda mengunduh video. Contoh Anda mengunduh video berdurasi 5 menit dengan resolusi 360p. Versi Go hanya akan memerlukan data sebesar 15Mb saja untuk mengunduh video tersebut ke dalam penyimpanan Anda.

Secara keseluruhan, aplikasi Youtube Go hanya sebesar 30Mb saja. Ukuran tersebut sudah termasuk data cache ketika di awal penggunaan. Tampilan yang dibuat simpel dan minimalis adalah penyebab utama mengapa versi Go tidak memakan banyak tempat di awal unduhan.

Ketika Anda membukanya, tampilan halaman awal terlihat simpel. Video bisa ditinjau terlebih dahulu sebelum Anda membukanya. Karena tampilannya sederhana, orang tua bisa dengan mudah mengakses setiap video yang tersedia di dalam aplikasi versi Go.

Sama halnya dengan aplikasi streaming lainnya, Youtube Go juga memiliki fitur share. Anda bisa membagikan video tontonan ke teman atau saudara dengan mudah. Link tersebut bisa diakses ke semua jenis Youtube baik itu untuk versi biasa atau versi Premium.

Tombol share terletak di bagian bawah video seperti karakteristik Youtube pada umumnya. Anda juga bisa menyalin link share untuk disebarkan ke grup saudara atau komunitas. Fitur ini sangat membantu untuk menjalankan semua kebutuhan Anda kedepannya.

  • Bisa Dihubungkan Google Drive

Salah satu kelebihan Google adalah menghubungkan satu platform ke platform lainnya. Versi Youtube Go bisa disambungkan ke Google Drive untuk menyimpan data secara online. Tentu saja opsi pilihannya sudah tersedia di bagian tombol share video yang Anda tonton.

Data video akan masuk ke dalam Google Drive secara otomatis. Ukuran video yang diunduh tidak akan berubah sehingga Anda bisa menghemat kuota ke depannya. Dengan memakai aplikasi versi Go, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan di dalamnya.

Kelola Penyimpanan HP untuk Youtube Go

 Apakah Youtube Go Lebih Baik dari Youtube Premium

Pada dasarnya aplikasi Youtube versi Go disediakan untuk menghemat pengeluaran kuota atau data internet. Semua orang bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan mengunduhnya dari app store. Versi HP juga tidak menjadi masalah karena aplikasi ini sangat ringan.

Youtube Go tidak akan membebani penggunanya karena dibuat sesimpel mungkin. Biasanya fitur di dalam versi Go digunakan untuk menghibur anak ketika sedang bermain. Tontonan edukasi bisa diunduh dan diputar ketika anak bosan tanpa perlu mengaktifkan kuota data Anda.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan versi Go untuk mengumpulkan koleksi musik favorit. Jika sedang dalam keadaan senang, Anda bisa memutar musik menggunakan speaker. Video unduhan menjadi salah satu hal yang bagus untuk dimaksimalkan fungsinya.

Video kumpulan musik juga bagus ketika diputar pada saat acara besar. Anda tidak perlu lagi mempersiapkan kuota data karena data simpanan sudah tersedia secara offline. Kelemahan yang ada hanya Anda tidak bisa mengaksesnya melalui komputer atau desktop.

Baca juga: Langkah Download Video Youtube dari Ponsel dan PC

Untuk bisa memutar video, Anda harus mentransfernya dari memori eksternal ke komputer. Jika proses transfer sudah selesai dilakukan, Anda hanya perlu memutarnya. Meski begitu, dengan banyaknya fasilitas yang ada Anda tetap mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Pastikan Anda gunakan fitur versi Go dengan baik dan benar. Tonton video Youtube secara offline selalu bisa dilakukan selama versi Go tetap digunakan. Youtube Go adalah aplikasi yang bagus dan memiliki kualitas setingkat Youtube Premium.

Sumber Link: Kunjungi website