SSL atau Secure Socket Layer adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah website, yaitu sertifikat keamanan yang diberikan pada website.

Keberadaan SSL inilah yang akan membuat aktivitas transfer data di website Anda jauh lebih aman serta terenkripsi.

Lantaran fungsi SSL ini yang sangat penting, sehingga Google Chrome memberikan label ‘Not Secure’ pada website yang tidak memiliki sertifikat SSL.

Penasaran dengan apa itu SSL? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian SSL

Pengertian SSL

SSL merupakan sebuah sertifikat keamanan yang diberikan pada website. Setelah mendapatkan sertifikat SSL, maka alamat URL website tersebut akan diubah menjadi HTTPS.

Jadi, cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah sebuah website sudah mengaktifkan SSL atau belum adalah dengan melihat keberadaan tulisan HTTPS di awal alamat URL website tersebut.

Baca Juga:

Cara Kerja SSL

Cara Kerja SSL

Setelah mengenal apa itu SSL, Anda juga harus memahami bagaimana SSL ini bekerja. Sistem kerja dari SSL yaitu dengan cara mengunci cryptographic key pada informasi atau data yang akan diidentifikasi.

Hal ini memungkinkan berbagai jenis pertukaran data akan dienskripsi, sehingga lebih aman dari oknum yang ingin menggunakan dan mendapatkan data-data tersebut secara ilegal.

SSL mengombinasikan public key dengan privat key. Fungsi public key yaitu untuk mengenkripsi sejumlah data yang akan dikirimkan.

Sementara itu, fungsi private key adalah untuk melakukan dekripsi data ke sebuah format tertentu yang nantinya dapat dipakai kembali oleh penerima data. Koneksi di antara keduanya akan digunakan untuk membuat suatu session key.

Perubahan HTTP ke HTTPS

apa itu ssl

Pada saat website menggunakan sistem SSL, maka alamat website akan berubah dari HTTP ke HTTPS.

Meskipun sama-sama berperan sebagai protokol untuk mentransfer informasi melalui internet, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Perbedaannya adalah ada tambahan huruf ‘S’ yang artinya ‘Secure’ pada website yang memiliki SSL.

Perbedaan tersebut bukan tanpa makna, karena website dengan alamat HTTPS nyatanya lebih mendapat kepercayaan dari pengunjung.

Hal ini mengingat bahwa HTTPS adalah versi yang lebih aman daripada HTTP yang belum terenkripsi.

Maka dari itu, pengunjung akan lebih memilih HTTPS karena lebih aman, terutama saat memilih website e-commerce atau toko online.

Manfaat Menggunakan SSL/HTTPS

Apa Manfaat SSL / HTTPS

1. Terhindar dari Pencurian Data

Tujuan utama dari pengaktifan SSL pada website adalah sebagai pengaman pada proses pertukaran data yang dilakukan melalui jaringan internet.

Sertifikat SSL berfungsi untuk menghindari terjadinya pencurian data, seperti data pribadi hingga data pembayaran.

Dengan adanya sertifikat SSL ini, maka para hacker akan kesulitan serta tidak bisa menembus website dan mencuri data Anda.

2. Terhindar dari Salah Kirim Data

Bukan hanya bermanfaat untuk mengamankan website dari pencurian data, SSL juga memungkinkan Anda terhindar dari salah kirim data atas fungsinya sebagai authentication.

Artinya, sertifikat SSL ini akan memastikan bahwa Anda mengirim data atau informasi ke server yang sesuai dengan tujuan.

Bukan mahal mengirim data kepada hacker maupun pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Meningkatkan Nilai dan Reputasi Website

Website yang sudah memiliki sertifikat SSL, tentunya akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari para pengunjung.

Artinya, reputasi website Anda di mata pengunjung juga akan semakin meningkat. Pada website yang sudah mengaktifkan SSL, maka akan ada notifikasi tertentu yang bisa dilihat oleh pengunjung.

Contohnya seperti terdapat notifikasi bertuliskan ‘Secure’ dan gembok hijau yang terkunci pada kolom address Google Chrome atau Firefox.

Selain itu, Google juga memberi peringatan ‘Not Secure’ ketika ada pengunjung yang membuka situs website belum dilengkapi sertifikat SSL.

Notifikasi seperti ini akan membuat pengunjung semakin percaya dan tidak ragu lagi untuk mengakses website Anda.

4. Mendapat Ranking Tinggi di Mesin Pencari

Algoritma Google pasti lebih menyukai situs website yang sudah memiliki atau sudah mengaktifkan sertifikat SSL.

Bahkan, Google juga melarang pengguna internet untuk mengunjungi alamat website yang tidak memiliki SSL.

Maka dari itu, website dengan sertifikat SSL akan mendapatkan posisi atau ranking yang lebih tinggi pada mesin pencari.

Setelah mengetahui apa itu SSL serta berbagai fungsinya, maka jangan tunda untuk segera memasang SSL pada situs website Anda.

Jika Anda memiliki sertifikat SSL dan website sudah beralamat HTTPS, maka reputasi website Anda akan semakin meningkat.

Website Anda juga akan dinilai baik oleh Google, sehingga berpotensi untuk naik di peringkat teratas hasil pencarian Google.

Sumber Link: Kunjungi website