Mungkin istilah CRUD sudah tidak asing lagi bagi seseorang pengembang backend. Dalam proses implementasi, CRUD merupakan poin utama yang akan diterapkan pada aplikasi database.

Biasanya pengembang menggunakan bahasa SQL untuk mengimplementasikan fungsi CRUD itu sendiri. Jadi jangan khawatir jika Anda tidak terbiasa dengan topik ini. Karena Jagoan Hosting telah mencantumkan semua informasinya untuk Anda. Langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu CRUD?

mentah adalah
Foto oleh cottonbro dari Pexels

CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update dan Delete. Keempat istilah ini adalah perintah atau query yang digunakan programmer untuk melakukan tindakan melalui database relasional.

Secara umum fungsi-fungsi tersebut diimplementasikan dalam aplikasi manajemen database, seperti Oracle, MySQL, SQL Server dan sebagainya.

Apa itu CRUD?  Pengertian, Fitur, Manfaat dan Cara - Blog Jagoan Hosting

CRUD adalah metode yang dapat dihubungkan ke: tampilan antarmuka: (antarmuka) sebagai fasilitator untuk mengubah data atau menampilkan informasi dalam bentuk formulir, tabel, atau laporan. Formulir ini kemudian ditampilkan di browser atau aplikasi pada perangkat komputasi pengguna.

Fitur CRUD

Singkatnya, fungsi CRUD adalah Buat, Baca, Perbarui, dan Hapus. Metode ini tidak terbatas pada pengembangan web, tetapi juga dapat diterapkan pada perangkat lunak (perangkat lunak) dengan dasar seluler.

Berikut ini adalah ikhtisar dari keempat fungsi tersebut, beserta contohnya yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Dengarkan segera!

1. Buat

Untuk membuat adalah proses penambahan atau pembuatan data baru pada aplikasi. Misalnya, ketika Anda mendaftar di halaman web, data yang Anda masukkan secara otomatis ditambahkan ke database sebagai data baru.

2. Baca

Read atau read adalah proses mengambil data dari database. Contoh proses ini dijalankan ketika Anda mengklik Login dan memasukkan informasi di bidang email dan kata sandi. Situs web kemudian melakukan proses membaca untuk memverifikasi informasi yang Anda masukkan.

3. Pembaruan

Update atau update adalah proses mengubah data yang sudah ada di database. Ketika pengguna membuat perubahan pada data yang dimasukkan dan menyimpannya, urutan proses disebut pembaruan. Misalnya, ketika Anda mengubah nama pengguna atau kata sandi Anda.

Apa itu CRUD?  Pengertian, Fitur, Manfaat dan Cara - Blog Jagoan Hosting

4. Hapus

Arti dari proses delete di CRUD adalah menghapus data yang ada di database. Proses ini mirip dengan pembaruan karena akan mengubah data yang ada. Namun perbedaannya adalah metode delete menghapus data yang dipilih.

Ada dua jenis penghapusan di CRUD, yaitu: hapus lembut dan penghapusan keras. Hapus Lembut adalah proses yang hanya memperbarui status mengemudi menjadi “data telah dihapus” di layar pengguna. Padahal data sebenarnya masih ada. sedangkan untuk penghapusan keras adalah proses menghapus data secara permanen dan menghapus catatan dari database.

Manfaat menggunakan CRUD

mentah adalah

Foto oleh olia danilevich dari Pexels

CRUD merupakan hal penting yang digunakan dalam dunia pemrograman. Ada beberapa keuntungan dari CRUD jika programmer mengimplementasikannya.

1. Pemrograman fungsi penuh:

Bagi seorang programmer, CRUD adalah metode dasar yang harus dipelajari. Tetapi bahkan jika itu dihitung basis, cara ini cukup lengkap dan akan digunakan dalam beberapa skema. Jadi pastikan Anda benar-benar memahami metode ini.

2. Pastikan antarmuka pengguna berfungsi dengan baik

Sebagian besar aplikasi atau internet yang baik memungkinkan pengguna untuk melakukan CRUD, mencari item, mengedit data hingga menghapus data yang tidak diinginkan. Tetapi faktor ini tidak hanya dari kode program yang Anda buat, tetapi harus didukung dengan lingkungan pengguna yang juga bagus.

3. Digunakan oleh semua bahasa pemrograman

Salah satu keunggulan fungsi CRUD adalah dikenal dengan fleksibilitasnya yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, PHP, SQL, Ajax, Java, Python dan sebagainya. Selain itu, CRUD juga dapat digunakan pada framework seperti Codeigniter dan Laravel.

Cara kerja CRUD

mentah adalah

Foto oleh olia danilevich dari Pexels

Setelah Anda mengetahui manfaat CRUD, kini saatnya Anda mempelajari cara kerja metode ini. Biasanya CRUD bekerja berdasarkan kebutuhan yang ada pada sistem. Metode dasar tersebut kemudian dipadukan dengan teknologi yang digunakan oleh pengguna.

Namun, saat melakukan pekerjaan/fungsi CRUD ini, ada beberapa hal yang perlu diingat. Kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab sebelum menerapkan CRUD di sistem Anda.

  1. Rute apa yang harus Anda ambil untuk menyediakan model dengan fungsi CRUD ini dan apa kata kerjanya HTTP sesuai?
  2. Bagaimana setiap rute mempengaruhi database?
  3. Instance respons mana yang dikembalikan oleh setiap rute?
  4. Kode respons apa yang akan dikembalikan oleh setiap rute?

Untuk lebih memahami cara kerja fitur CRUD ini, mari kita beri contoh, di mana pengguna dapat menggunakan CRUD untuk membuat akun, lalu mengakses akun dengan masuk dan kembali ke situs aslinya.

Pengguna juga dapat memperbarui data dengan memberikan informasi yang telah dibuat sebelumnya (update). Dan pengguna juga dapat menghapus (delete) data yang tidak diinginkan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa CRUD editing merupakan fungsi dasar yang harus dimiliki oleh sebuah website atau aplikasi.

Jenis CRUD lainnya

mentah adalah

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Ada beberapa varian CRUD lain yang dapat diimplementasikan yang berada pada sistem HTTP. Beberapa variasi CRUD adalah sebagai berikut:

  • ROTI (Jelajahi, Baca, Edit, Tambah, Hapus)
  • CRAP (buat, replika, tambah, dan proses)
  • CRUDL (Buat, Baca, Perbarui, Hapus, Lis

    Selain itu, untuk memahami cara kerja CRUD, Anda juga perlu memahami perbedaan antara CRUD dalam hal HTTP.

    Misalnya, jika Anda membuat record baru, Anda harus menggunakan tipe POST untuk membuatnya. Kemudian, jika Anda ingin memperbarui data, Anda harus menggunakan tipe PUT atau PATCH. Terakhir, jika Anda ingin menghapus data pada record, Anda dapat menggunakan DELETE.

    Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi pengembang untuk mengakses, mengedit, atau menghapus. Jagoan Hosting merekomendasikan salah satunya dengan membuat stored procedure di SQL.

    Kesimpulan

    Bagaimana? Sekarang Anda pasti sudah mengerti apa itu CRUD kan? Yup, CRUD merupakan hal penting yang fungsinya akan diimplementasikan dalam database sebuah aplikasi. Jadi jika Anda berencana untuk mengembangkan aplikasi, jangan lupakan empat poin ini!

    Nah, bagi Anda yang mengembangkan aplikasi, jangan hanya mengimplementasikan CRUD di database aplikasi. Anda juga harus pintar memilih server terbaik untuk mengelola berbagai kebutuhan aplikasi Anda.

    Jagoan Hosting menawarkan salah satu layanan unggulannya yaitu, VPS Indonesia. Layanan ini dapat mengelola sumber digunakan untuk memenuhi kebutuhan aplikasi Anda, selain itu Anda juga dapat proyek uji atau aplikasi agar berfungsi dengan baik. Jika Anda melamar e-Learning atau toko online mana pun, layanan VPS Indonesia ini adalah jawabannya!

    Baca juga:

Sumber Link: Kunjungi website