Apa itu AI? Adalah pernyataan yang seringkali muncul ketika mendengar istilah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Hal pertama yang ada di bayangan adalah robot, kecanggihan teknologi, dan sebagainya. 

Baca juga : Mengenal Apa Itu Memory Bytes? Beserta dengan Jenisnya

Artificial Intelligence merupakan simulasi proses berpikir manusia oleh sebuah mesin yang nantinya menghasilkan output berupa pikiran dan tindakan seperti manusia. Istilah tersebut bisa diterapkan pada mesin apapun dengan ciri khusus. 

Apa itu AI? Ketahui Definisinya

Apa itu AI? Ketahui Definisinya

Apa itu AI? Ketahui Definisinya

Karakteristik ideal AI adalah kemampuannya untuk merampingkan dan melaksanakan tindakan paling mungkin untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak ada bahasa pemrograman untuk membuatnya, tetapi pengembang biasanya menggunakan Python, R, dan Java.

Kecerdasan buatan mengikuti prinsip bahwa kecerdasan manusia dapat didefinisikan sedemikian rupa sehingga mesin dapat dengan mudah meniru dan melakukan tugas yang diperlukan, dari yang paling sederhana hingga yang lebih kompleks.

Menurut techtarget.com, sistem kecerdasan buatan biasanya memproses data dalam jumlah besar, menganalisis data untuk menemukan pola dan korelasi, dan menggunakan pola tersebut untuk memprediksi kondisi masa depan.

Dengan menggunakan metode ini, chatbot yang sudah diberi contoh topik percakapan dapat menghasilkan respons kehidupan nyata dengan rekan-rekan mereka. Bahkan alat pengenalan gambar dapat menghasilkan gambar setelah meninjau jutaan sample.

Algoritma juga merupakan bagian penting dari jalinan kecerdasan buatan. Algoritma sederhana digunakan dalam aplikasi sederhana, sementara algoritma kompleks dapat digunakan untuk memberikan dasar kuat bagi kecerdasan buatan tingkat lanjut. 

Apa itu AI dapat diterapkan di berbagai bidang dan industri. Dalam industri perawatan kesehatan, AI sedang diuji dan digunakan untuk menentukan dosis pasien untuk berbagai pengobatan atau perawatan, serta untuk prosedur pembedahan di ruang operasi.

Kegunaan lain dari AI termasuk komputer yang bisa bermain catur dan mobil autopilot. Masing-masing mesin ini harus mempertimbangkan konsekuensi dari tindakannya, karena setiap tindakan mempengaruhi hasil akhir. 

Dalam catur, hasil akhirnya adalah kemenangan. Tetapi dalam mobil self-driving sistem komputer harus mempertimbangkan semua data eksternal dan menerapkannya sedemikian rupa sehingga menghindari tabrakan atau kecelakaan fatal. 

Apa itu AI juga dapat digunakan dalam industri keuangan untuk mengidentifikasi atau menandai aktivitas perbankan dan keuangan. Misalnya penggunaan kartu debit tidak biasa bahkan setoran rekening yang besar. 

Tentu saja hal ini membantu mendukung sektor keuangan dan perbankan dalam mencegah penipuan. AI juga digunakan untuk menyederhanakan perdagangan saham. Ini dilakukan dengan menciptakan penawaran, permintaan, dan harga sekuritas.

Dalam kehidupan sehari-hari, penerapan kecerdasan buatan tercermin dalam penggunaan asisten virtual seperti Siri dan Alexa, filter email spam, robot penyapu lantai, dan rekomendasi Netflix di halaman awal.

Apa itu AI? Berikut Fungsinya dalam Marketing

Apa itu AI? Berikut Fungsinya dalam Marketing

Apa itu AI? Berikut Fungsinya dalam Marketing

Artificial Intelligence sudah menyebar di berbagai bidang kehidupan manusia, mulai kesehatan, pemerintahan, media sosial, hingga marketing serta perekonomian. Banyak sekali keuntungan menggunakan Artificial Intelligence di bidang pemasaran, seperti berikut. 

Artificial Intelligence bisa memberikan hasil super cepat saat diperlukan untuk mengalokasikan anggaran kampanye melalui seluruh saluran media paling tepat. Menggunakan AI marketing, perusahaan melakukan efisiensi. 

Penempatan iklan yang tepat akan meningkatkan keterlibatan konsumen secara lebih konsisten. Apa itu AI akan menyebabkan peningkatan ROI atau Return of Investment secara maksimal dari hasil beriklan. 

  • Memperbaiki Relasi antara Penjual dengan Pembeli secara Realtime 

Keberadaan Artificial Intelligence akan membantu sebuah perusahaan mempersonalisasi pesan sesuai dengan value tertentu pada waktu paling tepat. Pemasar akan sangat terbantu mengidentifikasi informasi target pasar. 

  • Menganalisis Pemasaran Tingkat Lanjut 

Semua perusahaan rata-rata mengalami kesulitan mengikuti sumber data digital marketing, akibatnya kampanye iklan bisa jadi tidak berhasil. Keberadaan apa itu AI akan memungkinkan perusahaan menganggarkan biaya lebih tepat guna. 

  • Membantu Proses Pengambilan Keputusan 

Menggunakan kecerdasan buatan, proses penganalisisan data akan menjadi lebih cepat dengan machine learning. Pembelajaran mesin atau machine learning sangat berguna untuk menarik kesimpulan dari sebuah kampanye. 

Dengan bantuan kecerdasan buatan ini, pemilihan media pemasaran menjadi lebih cepat ditentukan karena adanya realtime analytics. Mengambil keputusan tidak pernah secepat ini sebelum ada teknologi. 

  • Menganalisis Feedback dari Pelanggan 

Keberadaan apa itu AI kecerdasan buatan bisa dimanfaatkan untuk menganalisis umpan balik para pelanggan dalam bentuk komentar ataupun tanggapan lain. Umpan balik akan dideteksi melalui media sosial penjual. 

Hal ini kemudian menjadi bahan evaluasi serta bahan mengembangkan atau memperbaiki produk yang sebelumnya sudah diluncurkan. AI dalam bidang pemasaran sangat memudahkan para pemilik bisnis. 

Alasan dikatakan menguntungkan adalah karena mengurangi biaya yang bisa dikurangi dalam hal input atau sumber daya, juga dapat memangkas waktu. Dengan begitu, produk yang diluncurkan menjadi semakin inovatif.

Apa itu AI? Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Pemasaran? 

Apa itu AI? Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Pemasaran? 

Apa itu AI? Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Pemasaran?

Setelah akhirnya memutuskan untuk menggunakan AI dalam kegiatan pemasaran perusahaan, sebelum itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Tujuannya agar pelaksanaan marketing menjadi lebih tepat sasaran dan menguntungkan. 

Dimanapun tempatnya, setiap aktivitas memerlukan tujuan sebelum dimulai. Hal ini juga berlaku jika kalian memiliki perusahaan berbasis digital marketing dan menggunakan bantuan kecerdasan buatan dalam prosesnya.

Perusahaan perlu membuat tujuan usaha serta analisis pemasaran dengan jelas semenjak awal waktu. Kemudian perusahaan bisa mengidentifikasi area kampanye periklanan atau dimana aktivitas AI diperlukan. 

Setelah itu, perusahaan perlu menentukan performa kunci atau Key Performance Indicator (KPI) secara jelas sehingga keberhasilan kampanye bisa diketahui jelas. Tujuan penggunaan KPI adalah mengoptimalkan kepuasan konsumen.

  • Menetapkan Standar Keamanan Data 

Perusahaan perlu memastikan bahwa platform kecerdasan buatannya tidak akan melewati batas yang sudah ditentukan. Sehingga apa itu AI perlu ditetapkan standar privasi data untuk menjaga kepercayaan para pelanggan. 

Ketika hendak melibatkan AI untuk marketing, tim pemasaran akan membutuhkan banyak data tentang kebutuhan serta keinginan konsumen. Begitu juga dengan data tentang tren atau faktor lainnya. 

Data-data tersebut sumbernya adalah dari Customer Relationship Management atau CRM, website, juga kampanye periklanan. Tim marketing dapat membuat kumpulan data menjadi lebih kompleks lagi melalui bantuan pihak lainnya.

  • Menyewa Pakar untuk Mengolah Data 

Seringkali tim pemasaran didapati kekurangan pekerja yang ahli dalam bidang apa itu AI analisis data serta mahir menggunakan kecerdasan buatan. Karena kondisi seperti itu, tim akan kesulitan mengolah sumber data. 

Sebagai usaha mempermudah penggunaan Artificial Intelligence untuk memasarkan produk atau jasa, perusahaan perlu bekerja sama dengan pihak ketiga. Sehingga akan membantu pengumpulan data serta proses analisis. 

  • Memilih Platform Artificial Intelligence 

Perusahaan perlu memilih platform paling tepat sebagai langkah krusial dalam memulai digital marketing. Dalam memilih platform terbaik, perlu mempertimbangkan tingkat visibilitas sesuai kebutuhan agar mempermudah pengambilan keputusan. 

Apa itu AI? Ini Contohnya dalam Kehidupan

Apa itu AI? Ini Contohnya dalam Kehidupan

Apa itu AI? Ini Contohnya dalam Kehidupan

Aktivitas manusia saat ini bisa dikatakan sudah tidak bisa lepas dari teknologi. Mungkin kalian juga tanpa sadar menggunakan AI untuk mempermudah pekerjaan. Apa saja contoh artificial intelligence pada kehidupan sehari-hari? 

Pemrosesan bahasa manusia menggunakan kecerdasan buatan yang dilakukan melalui chatbots dan semacamnya mempermudah dalam penyediaan layanan konsumen. Pertanyaan biasa akan langsung dijawab cepat serta akurat.

Saat ini, banyak sekali perusahaan di berbagai bidang menggunakan chatbot untuk menanggapi pertanyaan sederhana dari konsumen. Salah satu contohnya adalah perusahaan L’oreal yang menggunakan Mya sebagai layanan pelanggan. 

Ketika mendengar apa itu AI Siri, Alexa, atau Google Assistant, pasti sudah tidak asing lagi. Bagi sebagian orang, istilah asisten virtual terasa asing. Namun setelah berkenalan langsung, rasanya lebih terbantu.

Asisten virtual bertugas membantu pengguna gadget mencari informasi apapun melalui komando suara. Kalian dapat mengajukan pertanyaan apa saja, asisten virtual dibantu mesin pencari akan menyediakan jawabannya. 

Media sosial adalah hal paling mudah dijangkau oleh semua orang, dan terdapat kecerdasan buatan di dalamnya. Tugasnya adalah membuat algoritma sesuai personal pengguna, seperti suggestion, pengaturan feed, dan lain-lain. 

  • Platform Musik dan Film 

Tahukah kalian, apa itu AI seperti Netflix dan Spotify menggunakan AI dalam pengoperasiannya. Aplikasi musik dan film menggunakan fitur khusus untuk memberikan rekomendasi kepada para pengguna, lagi-lagi sesuai personal masing-masing. 

WhatsApp, LINE, dan lain-lain masuk dalam kategori ini. Pada perpesanan online seringkali terdapat fitur Autocorrect untuk membetulkan ejaan atau tata bahasa yang kurang tepat, tentu dengan tingkat lanjut. 

  • Layanan Perbankan Virtual 

Semua hal termasuk keuangan sekalipun bisa melalui virtual, tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transfer. Teknologi AI bisa memperingatkan pengguna ketika saldo tidak cukup atau lainnya. 

Baca juga : Mengenal Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Terbaru di Tahun 2023

Tujuan penggunaan kecerdasan buatan ini memang untuk memudahkan kehidupan manusia sendiri. Pengertian tentang apa itu AI harus dipahami secara tepat agar mendatangkan manfaat lebih banyak lagi di masa depan. 

 

Sumber Link: Kunjungi website