Saat ini, seseorang seringkali perlu memiliki lebih dari satu akun WhatsApp untuk mendukung pekerjaan atau aktivitas sehari-harinya. Bagi mereka yang hanya memiliki satu perangkat? Wajib mengetahui cara menggunakan 2 whatsapp secara bersamaan di perangkat pintar.

Sayangnya, pengaturan penggunaan WhatsApp normal hanya memungkinkan pengguna memiliki satu akun untuk satu perangkat. Apakah Anda ingin menggunakan akun lain? Ini juga bisa berarti membeli perangkat baru. Namun jika ditengok lagi, ada cara memasang 2 whatsapp di ponsel Anda.

Baca Juga: Apa Aplikasi Mod Whatsapp Untuk Android yang Perlu Anda Pahami?

Berikut kami uraikan cara berbeda menggunakan 2 whatsapp sekaligus tanpa aplikasi atau menggunakan aplikasi, pada tipe dan merk handphone yang berbeda.

  • Menggunakan Ponsel Dual Sim

Menggunakan 2 WhatsApp sekaligus - Dual Whatsapp

Ponsel dual sim atau ponsel yang dapat menggunakan dua kartu ponsel dalam satu perangkat banyak digunakan saat ini. Jenis ponsel ini bisa dibilang jauh lebih terjangkau dibandingkan harus menukar satu ponsel lagi untuk mendukung kartu SIM lain.

Cara menggunakan 2 WhatsApp sekaligus dalam satu handphone, yang pertama memanfaatkan fasilitas dual sim. Tergantung pada jenis telepon dan fitur bawaan, Anda dapat memiliki dua akun tanpa harus membeli telepon lain. Misalnya pada ponsel keluaran Samsung.

Di berbagai jenis ponsel asal negeri ginseng ini terdapat menu double messenger yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan akun Whatsapp lain. Anda tinggal buka pengaturan lalu cari menu fungsi lanjutan dan aktifkan opsi dual messenger sebagai cara menggunakan 2 WhatsApp sekaligus di Samsung.

Sementara itu, ponsel dual SIM asal China Xiaomi juga memiliki fitur bernama dual apps yang jika diaktifkan bisa menampung dua akun Whatsapp sekaligus. Selain itu, kisaran harga yang terjangkau ini dikenal dengan fitur-fiturnya yang kaya.

Fungsi serupa dengan nama berbeda juga dapat ditemukan di ponsel lain dari negara tirai bambu lainnya. Contohnya Oppo, Vivo, Realme dan lainnya.

Mirip dengan fitur Samsung, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka menu pengaturan dan mengaktifkan opsi aplikasi duplikat yang tersedia. Sehingga bisa menjadi cara menggunakan 2 whatsapp sekaligus tanpa aplikasi.

  • Aplikasi Whatsapp Bisnis di iPhone

Menggunakan 2 WhatsApp sekaligus - Dual Whatsapp

Bagaimana Anda menggunakan 2 WhatsApp secara bersamaan di iPhone? Apple fanboys juga bisa mendapatkan kemudahan menggunakan 2 akun WhatsApp di perangkat mereka menggunakan aplikasi tersebut. Namanya Whatsapp Bisnis.

Metode? Unduh aplikasi dari App Store dan ketuk opsi “Setuju & Lanjutkan” dan lanjutkan ke proses pendaftaran. Setelah memasukkan nomor ponsel, Anda harus menunggu konfirmasi melalui SMS atau telepon langsung.

Lanjutkan dengan proses pendaftaran setelah menerima konfirmasi. Kemudian lakukan juga langkah-langkah yang diperlukan untuk mendukung data Anda di perangkat aplikasi.

Masukkan nama Anda terlebih dahulu, diikuti dengan menyesuaikan gambar profil Anda dengan jenis bisnis yang akan Anda jalankan dengan akun Whatsapp Anda. Setelah selesai dan muncul dengan opsi “selesai”, akun Whatsapp baru Anda tersedia.

  • Menggunakan aplikasi Ruang Paralel

Menggunakan 2 WhatsApp sekaligus - Dual Whatsapp

Dengan menggunakan aplikasi tersebut tentunya ada lebih banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan 2 whatsapp sekaligus di satu perangkat. Aplikasi pertama adalah ruang paralel.

Aplikasi ini pada dasarnya memungkinkan Anda untuk menduplikasi aplikasi apa pun yang ingin Anda gunakan dengan akun yang berbeda. Bahkan para gamer sering menggunakan aplikasi ini untuk menggandakan akun game mereka di satu perangkat.

Pertama, tentu saja, Anda perlu mengunduh Parallel Space dan menginstalnya di perangkat Anda. Setelah menyetujui persyaratan dan izin jika perlu, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke aplikasi untuk memilih opsi “tambah aplikasi”.

Nah, aplikasi yang Anda aktifkan di opsi tersebut tentu saja WhatsApp dan secara otomatis akan menggandakan aplikasi tersebut. Setelah itu, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor lain untuk digunakan sebagai nomor di akun Whatsapp baru Anda, dan siap digunakan sebagai akun kedua.

Menggunakan 2 WhatsApp sekaligus - Dual Whatsapp

Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam satu perangkat selanjutnya adalah Dual Space. Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup kecil, hanya 5,8 MB. Namun, dengan mengunduh aplikasi ini, Anda juga dapat menggandakan atau mengkloning akun WhatsApp Anda.

Selain itu, keduanya bisa aktif sehingga bisa digunakan di satu perangkat. Mirip dengan Parallel Space, aplikasi ini juga dapat membantu memisahkan aplikasi pribadi dari perusahaan Anda.

Caranya tidak jauh berbeda dengan Parallel Space, yaitu Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Dual Space secara gratis dari Google Play Store atau App Store. Setelah membuka aplikasi Dual Space, pilih ikon aplikasi WhatsApp lalu duplikat atau clone akun tersebut.

Setelah sukses, langsung saja login ke akun seperti biasa tentunya dengan nomor yang berbeda di aplikasi WhatsApp hasil kloningan. Setelah itu, kedua akun tersebut siap digunakan bersama.

Menggunakan 2 WhatsApp sekaligus - Dual Whatsapp

Sebagian besar smartphone yang hadir saat ini memiliki aplikasi atau fitur bawaan yang disebut App Clone. Seperti Parallel Space, App Clone memiliki fitur duplikasi aplikasi, yang berguna jika Anda memiliki dua akun. Sesuai dengan namanya.

Berbagai jenis ponsel seperti Oppo, Asus, Vivo dan lainnya sudah memiliki aplikasi ini tanpa perlu repot mengunduhnya lagi. Jadi, misalnya jika Anda memiliki ponsel Oppo, Anda sudah memiliki cara untuk menggunakan 2 whatsapp di ponsel Oppo Anda secara bersamaan.

Langkah yang bisa kamu lakukan tidak jauh berbeda dengan trik sebelumnya yaitu buka menu setting di perangkat dan langsung pilih opsi App Clone. Dari menu, pilih WhatsApp sebagai aplikasi untuk mengkloning dan mendaftarkan nomor lain untuk akun baru.

Selain menggandakan aplikasi, akun kedua yang aktif dengan fitur ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat menyembunyikan status online dan last seen. Keduanya biasanya aktif untuk kepentingan privasi pengguna.

  • Buka 2 akun Whatsapp di laptop/PC

Menggunakan 2 WhatsApp sekaligus - Dual Whatsapp

Selain menggunakan perangkat pintar seperti handphone, Anda juga bisa membuka akun Whatsapp di laptop atau PC. Dan ternyata ada juga cara menggunakan 2 whatsapp sekaligus di laptop atau PC kamu.

Trik yang harus dimiliki adalah membuka Whatsapp Web di browser di perangkat Anda terlebih dahulu. Setelah itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan mode Incognito atau Penyamaran di browser. Mode penyamaran biasanya dilambangkan dengan kacamata.

Metodenya cukup sederhana. Misalnya, di browser Google Chrome, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik menu tiga titik di kanan atas layar utama browser. Kemudian pilih opsi “New Incognito Windows” untuk mengaktifkan mode penyamaran.

Setelah itu, Anda bebas mengaktifkan berbagai akun Whatsapp dalam satu browser tanpa batasan mengaktifkan satu akun saja. Anda hanya perlu memindai ulang kode QR di akun WhatsApp Anda untuk mengaktifkannya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda coba untuk menginstal 2 WhatsApp di satu perangkat. Kemudahan yang Anda dapatkan dari menggunakan aplikasi ini untuk jutaan orang dapat dimaksimalkan dengan tips dan trik ini.

Selain menggunakan aplikasi, fitur yang disematkan di ponsel terbaru juga memungkinkan Anda untuk mengkloning akun Whatsapp Anda. Tetap lebih perhatian saat menjelajahi ponsel atau perangkat Anda.

Namun tentunya tidak ada salahnya mencoba aplikasi pihak ketiga untuk membolehkan hal ini pada ponsel yang tidak didukung fitur cloning akun. Seperti Parallel Space untuk ponsel Android atau Whatsapp Business untuk pengguna produk Apple.

Menggunakan aplikasi ini terbukti sangat membantu dalam menggandakan akun WhatsApp Anda. Dan yang terpenting, sangat mudah dan praktis untuk digunakan.

Selain itu, dengan menggunakan lebih dari satu akun Whatsapp di ponsel Anda, semakin mudah untuk memisahkan pekerjaan atau pekerjaan sekolah dari hal-hal pribadi.

Baca juga: Yuk Kenali Aplikasi Whatsapp Web Selengkapnya Sekarang!

Namun perlu diingat bahwa trik di atas juga memiliki beberapa konsekuensi yang bisa terjadi. Salah satunya mengganggu atau melemahkan kinerja perangkat Anda. Sering ada keluhan ponsel menjadi lemot karena terlalu banyak aplikasi atau karena banyaknya akun yang berbeda dalam satu perangkat.

Apapun itu, bagaimanapun Anda menggunakan 2 whatsapp secara bersamaan, kenyamanan teknologi terkini dan perkembangan dunia digital seharusnya dapat memberikan dampak positif bagi kita semua. Semoga bermanfaat.

Sumber Link: Kunjungi website