Saat ini ada banyak sekali aplikasi untuk pengguna Android maupun pengguna iPhone, sehingga daftar aplikasi berbahaya untuk HP sangat perlu dilakukan. Banyak sekali perangkat lunak yang dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu data ataupun ponsel.

Baca juga : Centang Biru Twitter, Segala Hal yang Perlu Diketahui

Beberapa daftar aplikasi berbahaya di HP tersebut dapat membuat keamanan data kita terancam dan bisa berpotensi untuk digunakan sebagai sarana merugikan pemiliknya maupun orang lain.

Jadi, agar mengetahui beberapa informasi penting ini, kalian dapat menyimak semua daftar untuk pengguna HP Android maupun iPhone melalui penjelasan yang sudah terangkum di bawah ini.

Mengenal Apa itu Aplikasi Berbahaya di dalam HP

Mengenal Apa itu Aplikasi Berbahaya di dalam HP

Mengenal Apa itu Aplikasi Berbahaya di dalam HP

Perangkat lunak atau aplikasi yang berbahaya pada HP disebut sebagai malware alias malicious malware. Cara kerjanya di ponsel seseorang adalah dengan masuk atau menyusup masuk menuju ke dalam sebuah aplikasi. 

Daftar aplikasi berbahaya untuk HP tersebut akan membuat para pengguna perangkat agar memberikan izin agar bisa mengakses informasi pribadi dari pemilik smartphone. 

Lalu, kemudian perangkat lunak tersebut akan mengeksploitasi informasi-informasi tersebut dan akan membuat penggunanya dirugikan karena tersebarnya informasi bisa disalahgunakan. 

Ciri-ciri HP yang dimasuki oleh daftar aplikasi berbahaya untuk HP tersebut sesungguhnya dapat melihatnya melalui beberapa indikator. Misalnya, kalian sering melihat iklan yang tiba-tiba datang terlepas dari jenis perangkat lunak yang dipakai. 

Kalian juga bisa melihatnya melalui baterai ponsel cepat yang semakin cepat habis dan ada perangkat lunak tidak dikenali di HP. 

Selain mengganggu dengan iklan, daftar aplikasi berbahaya untuk HP tersebut juga akan mengakses informasi pribadi dari penggunanya. 

Beberapa informasi tersebut adalah nomor HP, kredensial perbankan, akun email, hingga daftar kontak yang ada di HP kalian. Namun kita semua tidak perlu terlalu panik, karena daftar aplikasi berbahaya dapat dicegah dan dihilangkan. 

Misalnya saja adalah melakukan update perangkat lunak terbaru sehingga perangkat menjadi lebih sehingga ponsel terlindungi. Karena pada umumnya pengganggu perangkat kalian tersebut diunduh dari sumber kurang jelas, maka sebaiknya pastikan dulu daftar-daftar berbahayanya. 

Karena tidak dipungkiri, kita tertarik mengunduh perangkat yang menawarkan banyak kemudahan tanpa harus membayar biaya berlangganan setiap bulan.

Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP IPhone

Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP IPhone

Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP IPhone

Meskipun Apple Store memiliki kemampuan melindungi yang cukup bagus agar penggunanya tidak tertipu dan mengunduh aplikasi yang berbahaya, namun terkadang penyedia ini masih bisa kecolongan.

Meskipun tidak sampai tingkat parah, namun spam iklan akan sangat mengganggu dan bisa mengarahkan kalian klik link yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. 

Istilah untuk perangkat lunak seperti itu adalah hardware, dimana ia dirancang supaya bisa memperoleh pendapatan atau keuntungan dengan meniru aplikasi original atau resmi dan membuat banyak spam iklan bagi pemilik HP. Jika penasaran daftar aplikasi berbahaya untuk HP keluaran Apple, simak infonya di sini:

  1. Loot the Castle, yaitu sebuah permainan orang ketiga yang akan melibatkan tindakan aksi. Tembak-menembak, permainan parkour, serta tantangan-tantangan lain untuk dihadapi oleh karakter game.
  2. Daftar aplikasi berbahaya untuk HP di iPhone Rub Bridge, permainan ini lebih terlihat seperti game berlari, namun karena masuk ke dalam kategori mengandung spam iklan, maka sebaiknya hindari untuk mengunduhnya.
  3. Shining Gun, menawarkan permainan tembak-menembak.
  4. Racing Legend 3D, permainan balap mobil
  5. Rope Runner, tokoh di dalamnya berlarian dan menghindari tantangan
  6. Firewall, salah satu aplikasi yang banyak mengandung spam iklan
  7. Ninja Critical Hit, membutuhkan strategi kalian untuk menaklukan rintangan
  8. Tony Runs, aksi lari-lari dari tokoh utamanya.

Meskipun sebenarnya adware bukanlah hal yang sangat berbahaya bagi perangkat kita, namun daftar aplikasi berbahaya untuk HP tersebut juga masuk kategori mengganggu, sehingga kenyamanan akan terusik.

Untuk mengidentifikasinya, maka kalian bisa memperhatikan mengenai penggunaan baterai dan internet. Jika berlebihan, maka bisa jadi ada adware menyusup.

Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP Android yang Harus Diketahui

Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP Android yang Harus Diketahui

Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP Android yang Harus Diketahui

Dibandingkan iPhone, perangkat Android jauh lebih mudah disusupi perangkat lunak berbahaya. Apalagi saat ini banyak pengguna mengunduh MOD APK agar bisa merasakan fitur premium tanpa harus membayar.

Beberapa daftar aplikasi berbahaya Android yang dikeluarkan oleh data dari perusahaan keamanan dunia maya, Bitdefender. Banyak dari perangkat tersebut terbukti berbahaya walaupun sudah banyak pengguna mengunduh atau hingga jutaan. Daftar yang dirilis Bitdefender tersebut antara lain:

  1. Math Solver – Camera Helper
  2. Walls light – Wallpapers Pack
  3. Smart WiFi
  4. Image Warp Camera
  5. Smart QR Creator
  6. Grad Wallpapers – 3D Backdrops
  7. Art Girls Wallpaper HD
  8. Led Theme – Colorful Keyboard
  9. Photopix Effects – Art Filter
  10. Keyboard – Fun Emoji, Sticker
  11. Art Filter – Deep Photo Effect
  12. Secret Astrology
  13. QR Creator
  14. Animated Sticker Master
  15. GPS Location Maps
  16. Volume Control
  17. EffectMania – Photo Editor
  18. Girls Art Wallpaper
  19. Phi 4K Wallpaper – Anime HD
  20. Secret Horoscope
  21. Smart GPS Location
  22. Colorize Photos
  23. Personality Charging Show
  24. Sleep Sounds
  25. Engine Wallpapers – Live & 3D
  26. My GPS Location
  27. My GPS Location
  28. Big Emoji – Keyboard
  29. GPS Location Finder
  30. Smart QR Scanner
  31. Colorize Old Photo
  32. Fast Emoji Keyboard
  33. Stock Wallpapers – 4K & HD
  34. Cat Simulator
  35. Create Sticker for Whatsapp

Ada banyak sekali daftar aplikasi bahaya untuk HP yang mengancam kita semua. Bila kalian perhatikan umumnya perangkat lunak di atas selalu berkaitan dengan kamera, galeri, ataupun lokasi.

Informasi dari folder-folder atau layanan di atas merupakan data penting dan tidak dapat dibiarkan beredar bebas, terlebih kepada pihak yang tidak jelas. 

Oleh karena itu terlihat jelas sekali bahwa daftar aplikasi berbahaya untuk HP tersebut memang mengincar data pribadi dari orang-orang yang telah mengunduhnya. Jika digunakan untuk tindak kejahatan, maka yang rugi adalah kita semua.

Tips agar Terhindar dari Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP

Tips agar Terhindar dari Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP

Tips agar Terhindar dari Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP

Sayangnya masih banyak orang tidak memperhatikan dengan baik, sehingga jumlah unduhan perangkat lunak tersebut di layanan bisa banyak. Umumnya orang-orang malas membaca atau mencari tahu dengan lebih mendalam dan hanya mengandalkan popularitas software itu.

Agar bisa terhindar dari bahaya perangkat-perangkat lunak tersebut, maka ada beberapa tips ampuh untuk kalian ikuti:

  • Memanfaatkan Bantuan Google Protect

Google Play Protect adalah fitur keluaran Google Play Store, dimana ia berfungsi untuk melakukan pemeriksaan keamanan perangkat lunak dari Google Play Store. 

Melalui fitur ini, kita akan mendapat pemberitahuan tentang aplikasi yang berpotensi membahayakan HP. Pada umumnya, Google Play Protect akan memberikan disclaimer atau peringatan dan muncul di layar smartphone kalian. 

  • Menggunakan Sistem Keamanan dari Android

Pada sistem Android biasanya ada fitur keamanan seperti Sandbox Aplikasi Android, gunanya untuk memisahkan data aplikasi maupun eksekusi kode dari aplikasi lain, hingga perizinan untuk membatasi akses terhadap data pengguna maupun fitur sistem. 

Untuk memanfaatkan sistem keamanan tersebut ada beberapa hal untuk dipertimbangkan. Pertama, harus tahu lokasi tersimpan setelah diunduh dan diinstal. 

Selain itu, kita juga harus memberikan izin yang minimal terhadap permintaan dari aplikasi. Pembatasan tersebut bisa mengurangi risiko berbahaya dan mencegah kebocoran data dan hal tidak diinginkan lainnya.

  • Usahakan Tidak Mengunduhnya dari Penyedia Tidak Dikenal

Hal ini merupakan tips paling dasar karena banyak pihak ingin mendapatkan software di luar Google Play Store dan App Store maupun situs resmi demi mendapatkan akses gratis.

Tindakan Ketika Tidak Sengaja Instal Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP

Sengaja Instal Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP

Sengaja Instal Daftar Aplikasi Berbahaya untuk HP

Ketika sudah terlanjur menginstal salah satu dari daftar di atas maupun aplikasi lainnya, maka ada beberapa langkah jika sudah terlanjur melakukan instalasi:

  1. Segera menghapus cache dan data, dimana ini merupakan langkah pertama yang perlu kita lakukan ketika sudah menyadari bahwa perangkat lunak tersebut ternyata berbahaya untuk perangkat.
  2. Lakukan pengecekan permisi atau izin aplikasi, dimana kalian bisa segera mematikan atau menonaktifkan izin atas akses dari perangkat lunak tersebut, apabila sebelumnya sudah terlanjur menginstal.
  3. Setelah memastikan melakukan kedua hal di atas, maka kalian bisa segera menghapus atau uninstal aplikasi mengancam itu dari HP.
  4. Jika masih terasa ada gangguan pada smartphone, maka bisa melakukan riset ke pabrik atau factory reset sehingga peluang terganggu setelah uninstall bisa terhindar.
  5. Terakhir, jika semua langkah tersebut masih kurang manjur, maka kalian sebaiknya membawa HP menuju tempat servis resmi dari merek yang digunakan agar mendapat penanganan tepat.

Baca juga : Fitur Anti Screenshot WhatsApp untuk Meningkatkan Rahasia

Dengan mengetahui apa saja tips, langkah pencegahan, serta penanganan dari daftar aplikasi berbahaya untuk HP tersebut, maka kedepannya kita bisa merasa lebih aman menggunakan smartphone.

 

Sumber Link: Kunjungi website