Kendala Teknis Pembelajaran Daring – Saat ini banyak aktivitas yang mengharuskan keluar rumah menjadi sangat terganggu. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan via daring di rumah. 

Kegiatan pembelajaran daring pun tidak semudah yang dibayangkan, karena banyaknya kendala yang membuat pembelajaran menjadi terhambat. Berikut beberapa di antaranya!

1. Kepemilikan gawai yang belum merata jadi salah satu kendala teknis pembelajaran daring

Di antara para siswa pastinya masih ada yang belum memiliki gawai sendiri, dimana mereka harus bergantian dengan anggota keluarga lainnya karena memang jumlah gawai tidak sebanyak jumlah anggota keluarga. 

Dengan begitu, pasti kegiatan pembelajaran daring terganggu. Siswa tidak bisa leluasa menggunakan gawai saat dibutuhkan atau saat ada tugas dari pengajar. 

5 Kendala Teknis Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Bagaimana Mengatasinya?

2. Harga kuota yang cukup mahal

Di daerah-daerah pedalaman atau di luar Jawa, kuota internet terlalu mahal bagi sebagian orang. Apalagi paket kuota yang besar sangat dibutuhkan untuk video conference. 

3. Jaringan internet lambat jadi kendala teknis pembelajaran daring yang sering dikeluhkan

kendala teknis pembelajaran daring
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Masalah ini cukup banyak dihadapi oleh siswa maupun mahasiswa. Padahal, pembelajaran daring butuh koneksi internet yang kuat karena diperlukan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti Zoom, Google Meet, dan lainnya untuk video conference. 

Aplikasi tersebut membutuhkan jaringan internet yang kuat dan stabil agar tidak mengganggu proses pembelajaran, seperti video yang terputus-putus atau suara tidak muncul. 

Gangguan ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif dan murid akan susah menyerap informasi yang disampaikan oleh pengajar secara utuh. 

4. Banyaknya gangguan di rumah

Perbedaan yang paling kentara antara belajar di rumah dengan di sekolah atau kampus adalah tingkat distraksi yang dialami. Ketika belajar di sekolah, maka lingkungannya sudah diatur sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lancar.  

Hal ini sangat berbeda ketika proses pembelajaran dilakukan di rumah. Tidak semua siswa memiliki kondisi rumah yang tenang dan mendukung untuk proses belajar. Banyak diantaranya yang tidak memiliki ruang belajar yang sunyi, tenang, nyaman, dan mendapat sinar matahari yang cukup. 

5 Kendala Teknis Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Bagaimana Mengatasinya?

Adanya aktivitas di lingkungan rumah juga menyebabkan distraksi yang cukup mengganggu bagi pelajar. Seperti halnya, suara banyaknya kendaraan lewat yang membuat pelajar tidak fokus belajar. 

5. Pelajar dan guru yang masih belum lihai menggunakan teknologi

Selama ini, banyak masyarakat yang hanya mengenal proses belajar secara tatap muka. Penerapan sekolah online masing sangat langka dilakukan sehingga perubahan sistem belajar dari tatap muka menjadi online membuat pihak siswa, wali murid, hingga pengajar harus segera beradaptasi dengan teknologi digital. 

Banyak hal yang harus dipelajari mulai dari perangkat keras dan lunak. Bahkan, pihak pengajar pun masih ada yang belum paham cara menjalankan fitur tertentu dalam aplikasi sehingga pembelajaran tidak dapat dilakukan dengan maksimal. 

Cara mengatasi kendala pembelajaran daring

kendala teknis pembelajaran daring
Photo by Max Fischer from Pexels

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai guru untuk mengatasi kendala teknis pembelajaran daring, seperti merancang sistem pembelajaran yang simpel dan berbobot serta membuat materi yang mudah diakses melalui perangkat smartphone, mengingat kemungkinan siswa masih belum lihai menggunakan teknologi. 

Untuk itu, kamu bisa meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya dengan memilih metode belajar yang menyenangkan, memaksimalkan fasilitas dan memanfaatkan media yang berkualitas. Nah, solusi dari hal ini adalah Aplikasi sekolah dari Difacom Solusindo! 

Instan School Apps ini sudah didukung dengan hosting dan server terbaik saat ini, Hosting Mix & Match dan VPS X. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengelola sistem akademik siswa mulai dari materi pembelajaran, ujian daring, hingga pengumuman kelulusan dengan mudah. Keren sekali, bukan? Anda juga bisa melihat penawaran lain dari Difacom Solusindo disini!

Sumber Link: Kunjungi website