Aplikasi pengingat waktu buka puasa wajib terpasang di HP Anda untuk membantu mengetahui jam buka di Ramadhan tahun ini. Terutama bagi Anda yang menghabiskan waktu mendekati buka puasanya sering di luar rumah.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Sholat Terbaik 2022 dan Manfaatnya

Aplikasi pengingat waktu untuk buka puasa juga berfungsi untuk Anda bisa berbuka tepat waktu saat berada jauh dari masjid. Karena, kebanyakan dari aplikasinya bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Selain menunjukkan buka puasa beberapa aplikasi juga akan menunjukan sholat 5 waktu dan memberikan notifikasi agar Anda tidak telat untuk menunaikan ibadah wajib tersebut di bulan Ramadhan ini. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa diinstal pada HP Anda.

Usholli Aplikasi Pengingat Waktu Buka Puasa Buatan Indonesia

aplikasi pengingat waktu buka puasa

Usholli merupakan salah satu aplikasi untuk menunjukan waktu buka puasa dan jam sholat buatan anak bangsa Indonesia dengan tampilannya simpel, mudah digunakan dan ukurannya kecil.

Usholi, aplikasi pengingat waktu berbuka sekaligus jam sholat yang tersedia untuk lokasi seluruh Indonesia dari mulai 34 Provinsi dan lebih dari 500 Kota di Indonesia. Jadwal sholat dan buka puasa didapatkan dari Kemenag RI.

Termasuk aplikasi pengingat waktu buka puasa offline, tetapi tidak seperti aplikasi lainnya yang terdapat iklannya. Walaupun termasuk aplikasi gratis, Usholli dibuat tanpa iklan jadi membuat penggunanya dapat menggunakannya dengan nyaman tanpa gangguan iklan sama sekali.

Selain itu, Usholli memiliki fitur untuk menyetel pengaturan pengingat dalam jangka 5 sampai 30 menit sebelum jam berbuka puasa. Pengguna juga bisa mengatur notifikasinya dari mulai mode diam sampai getar. Bahkan Anda juga bisa mengaturnya dengan suara Adzan atau takbir. 

Ada lagi fitur-fitur dari Usholli yang membuat Anda wajib menginstal aplikasi pengingat waktu berbuka buatan Indonesia ini di HP Anda. Salah satunya dengan menggunakan teknologi google maps.

Usholli selain dapat dibuat sebagai aplikasi pengingat jam berbuka juga bisa digunakan untuk mencari masjid terdekat jika Anda sedang berada di perjalanan. 

Kelebihan lainnya dari Usholli aplikasi pengingat waktu buka puasa ini adalah jadwal sholat dan waktu berbuka puasanya bisa dijadikan widget dan disimpan pada halaman pertama. Jadi untuk melihat jadwalnya tidak perlu lagi membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Catatan Ramadhan, Aplikasi untuk Catat Agenda di Bulan Ramadhan

aplikasi pengingat waktu buka puasa

Saat masih sekolah biasanya Anda akan membuat agenda kegiatan ramadhan, seperti mendengarkan ceramah subuh, shalat 5 waktu, shalat tarawih, mengaji, dan kegiatan lainnya. Di zaman digital seperti ini, sudah jarang untuk menulis agenda tersebut di buku. 

Jadi, Pring Studio meluncurkan aplikasi pengingat jam berbuka dan untuk mencatat semua agenda di Bulan Ramadhan yaitu Catatan Ramadhan yang bisa diinstal dari Google Play Store. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dicatat dengan menggunakan catatan ramadhan, aplikasi pengingat waktu buka puasa.

Kegiatan pertama yang wajib dilakukan oleh semua umat muslim yang beriman adalah sholat wajib 5 waktu. Dengan menggunakan catatan Ramadhan Anda tidak akan melupakan kewajiban ini. Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini juga Anda tidak akan melewatkan jam berbuka puasa pada saat magrib tiba.

Shalat tarawih merupakan salah satu shalat sunnah yang hanya dilakukan pada saat bulan puasa saja. Dengan aplikasi pengingat waktu buka puasa Catatan Ramadhan Anda tidak perlu khawatir akan lupa lagi bahkan sampai melewatkan shalat penuh keutamaan ini.

Dengan menggunakan Catatan Ramadhan juga Anda tidak akan melupakan ayat dan surah yang sudah baca saat mengaji Qur’an. Karena semuanya akan tersimpan di aplikasinya tersebut.

Aplikasi pengingat waktu buka puasa ini juga bisa mencatat riwayat Anda dalam berpuasa. Sehingga, Anda tidak akan lupa jika selama bulan ramadhan terpaksa tidak berpuasa karena beberapa keadaan salah satunya sakit.

Kalender Puasa, Rekomendasi Aplikasi yang Wajib Diinstal Khusus Pengguna iOS

aplikasi pengingat waktu buka puasa

Aplikasi ini hanya bisa diakses oleh pengguna iOS, kalender bulan puasa akan menampilkan jadwal puasa ramadhan. Selain menampilkan jadwal di bulan ramadhan Kalender Puasa juga menampilkan jadwal puasa sunnah di bulan lainnya.

Jadi membantu penggunanya untuk mengetahui waktu-waktu untuk berpuasa menambah pahala dari berpuasa di luar ramadhan. Bisa menjadi pilihan untuk Anda pengguna iOS untuk menginstal kalender puasa ini.

Karena di iOS sangat jarang sekali aplikasi pengingat waktu buka puasa dan bertemakan ramadhan seperti ini. kalau juga ada kebanyakan itu berbayar, terdapat lima kategori puisi yang bisa dipilih oleh Anda untuk ditunjukan jadwalnya.

Seperti namanya, pada aplikasi kalender Puasa akan ditunjukan jadwal untuk melakukan puasa senin dan kamis yang memiliki manfaat untuk mendapatkan pengampunan dari Allah SWT dari segala dosa yang dilakukan.

Berpuasa ayyamul bidh biasanya dilakukan pada saat tanggal 13, 14, 15 pada kalender hijriah. Biasanya Anda akan kesulitan untuk menghitung tanggal dengan menggunakan kalender hijriyah, dengan bantuan dari kalender puasa ini Anda tidak kesulitan lagi.

Merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim berimbat, selain memperlihatkan jadwal untuk berpuasa ramadhan. Kalender puasa juga menjadi aplikasi pengingat waktu buka puasa.

Asyura dan Tasu’a biasanya dilakukan pada saat tanggal 9 dan 10 muharram. Dengan aplikasi ini, Anda tidak akan melewati keutamaan dari ibadah sunnah ini.

Puasa ini biasanya dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah memiliki keutamaan menghapus dosa selama dua tahun, tahun sebelumnya dan juga tahun yang akan datang. Kalender puasa ini akan mengingatkan Anda untuk melakukannya.

Selain memberi notifikasi tentang waktu-waktu puasa, aplikasinya ini juga memberikan Anda informasi mengenai hari-hari haram menunaikan ibadah berpuasa.

Waktu Azan Pro, Rekomendasi Aplikasi Pengingat Waktu Buka Puasa Pro

aplikasi pengingat waktu buka puasa

Waktu Azan Pro salah satu aplikasi dengan fitur lengkap yang bisa dipakai oleh Anda untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan. Selain menampilkan pengingat jam buka puasa, Azan pro juga menyediakan fitur untuk mengaji Qur’an dengan terjemahannya.

Selain jadi aplikasi pengingat waktu buka puasa, Waktu Adzan Pro juga menyediakan informasi mengenai penjadwalan sholat dan imsakiyah bisa membantu muslim dalam menunaikan ibadah puasa.

Anda bisa mengatur mode notifikasinya dari mulai getar, diam atau menggunakan azan. Saat Anda travelling, Waktu Adzan Pro juga bisa digunakan untuk menemukan masjid dan toko makanan halal terdekat.

Macam-macam doa dan zikir juga tersedia lengkap di aplikasi pengingat waktu buka puasa pro tersebut. Dapat langsung diinstal dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu di google play store.

Sudah diinstal lebih dari 10 juta kali, waktu adzan pro merupakan salah satu yang terpopuler karena memiliki fitur paket lengkap seputar dunia islam dan beribadah.

Muslim Pro untuk Menghubungkan Gaya hidup Muslim

aplikasi pengingat waktu buka puasa

Telah diunduh lebih dari 100 juta kali oleh pengguna di Android, Muslim Pro ini salah satu aplikasi pengingat waktu buka puasa paling populer. Menjadi populer karena memberikan berbagai macam fitur untuk membantu muslim beribadah.

Fitur utama yang pada pada muslim pro diantara adalah pengingat jam buka puasa, jadwal sholat sesuai dengan lokasi Anda secara real time, adzan dengan banyak pilihan suara muadzin, al-quran dilengkapi suara audio dan terjemahannya, saat berpuasa dari mulai imsak sampai iftar, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan aplikasi pengingat waktu buka puasa Muslim Pro Anda juga akan diberikan informasi mengenai lokasi rumah makan dan juga masjid terdekat yang bisa dikunjungi saat melakukan perjalanan. Cocok untuk Anda yang akan mudik tahun ini dipakai saat perjalanan mudik.

Sehingga saat perjalanan mudik tidak perlu khawatir tidak bisa menunaikan shalat 5 waktu dengan baik atau kesulitan menemukan rumah makan untuk berbuka puasa nanti. Untuk Anda yang ingin mendapatkan kartu ucapan juga bisa ditemukan di muslim pro.

Doa-doa, dzikir dan tasbih digital juga tersedia dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas beribadah pada bulan suci ini untuk berlomba-lomba dalam melakukan amal kebaikan untuk mendapatkan pahala.

Baca Juga : Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Waktu Imsak yang Terbaik, Memudahkan Puasa Anda!

Selain kelima aplikasi tersebut masih banyak lagi yang bisa Anda pilih, untuk membantu Anda memilih aplikasi pengingat waktu buka puasa yang tepat Anda bisa pilih yang memiliki fitur terlengkap yang bisa meningkatkan kualitas beribadah saat ramadhan.

Sumber Link: Kunjungi website