Aplikasi perekam layar laptop dan program bawaannya dibutuhkan oleh banyak kalangan sekarang ini. Sebab masyarakat sudah mulai melakukan segala aktivitas melalui online. Sehingga butuh setidaknya untuk dapat merekam desktop mereka.

Baca juga : Apa itu AFK dan Mengapa Gamers Melakukan itu di Game Online?

Entah untuk keperluan memberi petunjuk orang lain dalam rapat, petunjuk untuk membetulkan laptop, dan masih banyak lagi. Bahkan live streaming saat main game, review aplikasi, video tutorial apapun dilakukan dengannya.

Saat ini terdapat dua cara yang bisa dilakukan, menggunakan bantuan aplikasi dan tidak menggunakannya. Bisa kalian sesuaikan dengan laptop yang digunakan, penasaran mengenai detail lengkapnya? Kita sarankan untuk simak penjelasannya.

Tenang Kita akan membahas lengkap pada versi laptop berjenis Windows dan macOS. Sehingga bagi pengguna dua jenis laptop tersebut, masih dapat untuk menggunakan pada cara tanpa aplikasi serta melalui aplikasi. 

Cara Merekam tanpa Aplikasi Perekam Layar Laptop (Program Bawaan)

Cara Merekam tanpa Aplikasi Perekam Layar Laptop (Program Bawaan)

Cara Merekam tanpa Aplikasi Perekam Layar Laptop (Program Bawaan)

Kita bahas mengenai bagaimana melakukan perekaman layar tanpa gunakan aplikasi atau apk. Ini dapat dilakukan jika perangkat sudah pada varian OS terbaru yaitu Windows 10, sehingga tanpa menggunakan apk tambahan.

Sedangkan untuk MacOs tentu harus yang sudah keluaran terbaru juga, lantas bagaimana cara melakukannya? Tentu berbeda bukan? Iya jelas, karena tombol perintah dari kedua jenis berbeda, sehingga harus ketahui panduannya.

Supaya lebih jelas Kita bagi ke dalam dua poin guna menjelaskan mengenai Windows dan macOS. Sehingga ketika penyimpanan penuh tidak harus memasang aplikasi perekam layar laptop guna merekam layar desktop.

  • Fitur Baru dari Windows Ten Tanpa Aplikasi Perekam Layar Laptop

FItur ini sudah disematkan ke dalam paket Windows 10, jadi ketika kalian sudah memasang OS keluaran terbaru ini. Muncul sebuah apk bawaan yang tidak dapat dihapus bernama Xbox game bar.

Melaluinya kalian bisa melakukan banyak hal, salah satunya adalah mendapatkan fitur screen recorder. Cukup mudah digunakan hanya beberapa klik saja, maka perekaman akan langsung tersimpan, tapi itu sedikit rumit dilakukan.

Sebab kalian harus mengaktifkan menu Xbox game lebih dahulu, cukup masuk ke setting lalu masuk menu gaming. Pilih game bar lalu geser toggle ke arah ON, rumit jika tidak tahu.

Ketika sudah dapatkan game bar aktif, langsung saja mulai merekam dengan memencet tombol shortcut Windows logo plus G, lalu muncul beberapa menu dan pilih Capture.

Muncul beberapa tap lalu rekam pada titik merah besar. Stop merekam bisa klik tombol kotak hijau. Sayangnya tidak dapat disimpan langsung ke folder tujuan karena sudah di setting general.

Maksudnya adalah langsung tersimpan pada Video > Capture. Jadi tanpa aplikasi perekam layar laptop otomatis masuk ke dalam sistem. Sebab ini merupakan bawaan program dari pada Windows 10.

  • Fitur MacOS tanpa aplikasi perekam layar laptop

Selain pada Windows juga bisa dilakukan pada macOS, tapi ini sedikit berbeda di mana tanpa perlu aktifkan menu game bar. Sebab ini langsung masuk pada sistem seperti bloatware umumnya.

Tapi perlu diingat bahwa macOS sudah harus yang terbaru, dengan tujuan agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Lantas bagaimana cara untuk melakukannya? Apakah shortcut sama dengan Windows? Tentu saja jauh berbeda.

Sebab tidak ada juga tombol logo Windows, di macOS adanya Shift Command plus 5 guna membuka sistem screen capture. Uniknya di fitur ini dapat merekam semua layar atau sebagian saja.

Lebih tepatnya aplikasi yang dipilih pada bagian bawah toolbar. Selain itu juga ada penyimpanan yang bisa di custom, caranya adalah opsi lalu mengatur perhitungan mundur guna rekam layar dari macOS kalian.

Tersedia juga Mac microphone jika ingin merekam suara saja, jadi bukan hanya soal untuk video audio. Ternyata juga dirangkap dalam satu kesatuan untuk fitur macOS, menarik dan simpel bukan pilihannya?

Jika dibandingkan dengan aplikasi merekam screen laptop macOS seperti Quicktime player jelas lebih mudah. Sebab semuanya dijadikan dalam satu kesatuan untuk dapat digunakan. Sehingga ini mempermudah pengguna baru juga.

Aplikasi Perekam Layar Laptop yang Direkomendasikan

Berbeda dengan program bawaan yang sudah disematkan langsung pada OS. Ini merupakan pilihan bagi kalian yang OS belum dilengkapi dengan itu. Sehingga ini kesannya sebagai alternatif guna keperluan yang sama.

Mungkin juga bagi kalian yang tidak puas dengan kinerja dari pada program bawaan. Sebab namanya juga program basic, sudah pasti fitur tidak akan selengkap apk pihak ketiga yang fokus dikembangkan.

Kami akan berikan beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar laptop untuk kalian semua. Pahami fitur yang ada di dalamnya lalu gunakan bila memang cocok sesuai kebutuhan kalian. Adapun beberapa daftarnya sebagai berikut.

Sesuai dengan namanya tentu sudah expert di bidang rekaman, banyak orang gunakan guna merekam berbagai keperluan. Mungkin bisnis, edukasi, tutorial, dan gamer untuk keperluan live streaming di platform video kesayangan.

Tentu ada fitur basic yang disematkan sama seperti pada program standar. Tapi terlepas dari bisa melakukan perekaman video dan audio. Baik secara terpisah maupun masing-masing dapat dilakukan secara maksimal padanya.

Ternyata ada kelebihan lainnya berupa jadwal rekaman, boost audio, gambar ketika melakukan perekaman, dan masih banyak lagi. Tentu ini ideal bagi pihak yang memiliki kepentingan rutin guna melakukan rekaman layar.

Satu-satunya kekurangan dari aplikasi perekam layar laptop EaseUS RecExpert hanya pada soal berlangganan. User harus membayar penuh guna mendapatkan fitur premium, tentu sesuai pada kualitas yang ditawarkan oleh developer untuk user.

Sama saja memberikan basic pelayanan untuk melakukan rekaman terhadap layar, tapi di sini tersedia versi gratis dan berbayar. Keduanya masih memberikan pelayanan yang dapat digunakan, bahkan tanpa watermark untuk gratis.

Sehingga bagi kalian yang tidak mau mengeluarkan biaya lebih untuk membayar langganan, bisa memakai versi gratisnya. Hanya saja tidak akan mendapatkan fasilitas lengkapnya karena versi terbatas, meski begitu ada share.

Dengan fitur share masih bisa membagikannya kepada media sosial, semua ada tentu pilihan populer. Bisa disimpulkan bahwa aplikasi perekam layar laptop ini dapat digunakan gratis serta masih layak guna diupload.

Sementara kekurangannya harus membayar untuk dapat menikmati semua fiturnya. Ibarat kata adalah varian lebih dermawan daripada EaseUS RecExpert sebelumnya. Sebab tidak harus membayar untuk bisa gunakan layanan di dalamnya.

Ini mungkin adalah suatu apk yang ramah dengan perangkat kentang. Sebab kebanyakan apk perekam layar itu butuhkan prosesor tinggi. Berbeda dengan lainnya, VideoProc dapat merekam dengan lebih kencang meski pakai perangkat kentang.

Sebab sudah disematkan sebuah fitur bernama akselerasi GPU, sehingga dapat membuat perangkat kentang tetap memakainya. Salah satu alasan banyak orang tidak memakai aplikasi perekam layar laptop adalah soal prosesor tersebut.

Jadi ketika sudah ada pilihan VideoProc, tentu akan mempermudah user laptop kentang. Dengan keunggulan dapat bekerja pada kinerja CPU rendah serta tidak memberatkan, plus rekaman video stabil yang bisa didapatkan.

Sementara untuk kekurangan tentu saja pada fiturnya. Dibuat efektif dan efisien mungkin, tentu saja fitur akan kurang dari pada pilihan lainnya. Hal ini akan membuat user harus putar otak nalarnya.

Tentu untuk membuat fitur minim tersebut dapat digunakan lebih baik, tapi tenang selama kalian memang terpaksa pasti akan bisa. Selalu ada ide brilian saat dalam keadaan terdesak karena itu insting.

Bukan tidak mungkin itu malah akan bisa dijadikan tutorial di Youtube, lalu kalian mendapatkan sebuah channel khusus yang pada akhirnya bisa upgrade laptop. Banyak kasus serupa sehingga peluang terjadi besar.

Pastikan Selalu Membeli Lisensi Aplikasi Perekam Layar Laptop Resmi

Ketika sudah memiliki aplikasi perekam layar laptop yang bagus. Pastikan selalu membeli lisensi resmi bukan mod gratis. Sebab ketika memakai mod gratis ada kemungkinan virus untuk masuk ke dalam perangkat.

Bila kalian memakai internet banking itu akan berbahaya, sebab bisa jadi akan terjadi scam yang membuat semua isi terkuras. Tidak inginkan hal itu bukan? Lagi pula biaya lisensi cukup murah.

Jika merasa keberatan dengan biaya dollar yang harus digunakan, pastikan untuk memakai situs jual beli lisensi saja. Sudah banyak yang resmi sehingga akan aman, hal itu perlu ditekankan dari sekarang.

Sebab jika tidak makin banyak pengguna ilegal yang berbagai satu ID tanpa mengetahui disematkan virus atau tidak. Jika memang hanya berbagi ID tidak masalah, tapi crack berbeda urusan dari ID.

Baca juga : Cek Nomor Misterius dengan Aplikasi Getcontact Aman 100%

Bagaimana sudah jelas bukan? Pilihan Anda sendiri mau menggunakan program bawaan atau aplikasi. Tapi jika harus dibandingkan jelas aplikasi perekam layar laptop akan jauh lebih unggul dengan banyak fitur menariknya.

 

Sumber Link: Kunjungi website