Hingga saat ini, Gmail dan berbagai penyedia layanan email biasanya tidak menyediakan opsi akses ke folder sebagai lampiran/ lampiran. Hal ini tentu sangat merepotkan jika Anda ingin mengirim banyak file sekaligus. Itu sebabnya Anda bisa mencoba cara kirim folder lewat email mengikuti.

Kirim folder melalui email

Pada dasarnya ada 2 cara Anda dapat mengirim banyak file sekaligus melalui email.

Cara pertama, menggunakan arsip file untuk meletakkan beberapa file dalam satu wadah dengan format file (seperti .zip dan .rar).

Cara kedua, Anda dapat menggunakan penyimpanan awan dari penyedia layanan email (seperti G Drive dan OneDrive) untuk mengirim folder sekaligus.

Folder dan arsip file keduanya adalah wadah untuk satu atau lebih file sekaligus.

Tapi tidak seperti file arsip, folder bukan ekstensi file atau tidak dapat dianggap sebagai file. Inilah yang membuatnya berbeda dari arsip file apa itu ekstensi file.

Jika Anda ingin menambahkan lampiran ke email, lampiran hanya bisa dalam bentuk file.

Ini mencegah folder menjadi lampiran karena folder itu sendiri tidak berbentuk file. Folder hanyalah wadah untuk mengumpulkan file tanpa format ekstensi.

Jadi untuk dapat mengirim banyak file, Anda harus mengubah folder menjadi arsip file pertama. Umumnya 2 jenis arsip file yang biasa digunakan adalah, rar dan zip.

Cara Mengirim File Rar melalui Email

Cara Mengirim File Rar melalui Email

Tentu saja, untuk mengirim file rar melalui email, Anda harus membuat file rar terlebih dahulu. Untuk dapat mengubah folder atau memasukkan file ke dalam RAR, Anda harus memiliki aplikasi WinRar terlebih dahulu.

  • Jika Anda ingin mengonversi folder ke RAR, Anda cukup mengklik kanan folder tersebut dan memilih opsi: tambahkan ke “nama folder.rar”.
  • Anda juga dapat memilih beberapa file sekaligus, cukup tekan ‘shift’ untuk memilih file sekaligus
  • lalu klik kanan dan pilih opsi tambahkan ke “nama.rar”.

Selain menggunakan format ekstensi rar, Anda juga dapat menggunakan cara mengirim file zip melalui email. Format ini pada dasarnya memiliki cara kerja yang sama dengan rar, hanya saja format ini tersedia di semua versi Windows dan Linux tanpa harus mendownloadnya lagi.

Sedangkan untuk mengubah folder menjadi zip hampir sama dengan Winrar.

  • Pilih folder yang ingin Anda konversi ke format zip,
  • Klik kanan pada folder dan pilih opsi kirim ke> folder terkompresi (zip),
  • Atau Anda dapat memilih beberapa file sekaligus, tekan menggeser Pilih file,
  • Kemudian klik kanan dan pilih opsi kirim ke> folder terkompresi (zip)

Nah, setelah folder tersebut diubah menjadi bentuk rar atau zip, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengirimkannya melalui email. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini.

  • Pertama-tama, Anda dapat masuk ke akun Gmail Anda atau penyedia layanan email lainnya.
  • Kemudian Anda dapat memilih opsi menyusun atau buat email baru. Isi kolom yang sesuai, seperti alamat email tujuan, cc, dan subjek email.
  • Kemudian untuk menambahkan atau melampirkan folder, Anda dapat memilih opsi: lampiran file. Setelah itu, Anda dapat memilih file rar atau zip yang Anda buat sebelumnya sebagai lampiran.
  • Setelah file 100% diunggah, Anda dapat segera mengirim email.

Kirim folder melalui Google Drive

Kirim folder dari Google Drive

Gmail memiliki batas maksimum 25MB untuk mengirim folder melalui unggahan file langsung seperti menggunakan rar dan zip. Untuk dapat mengirim folder dengan ukuran lebih besar dari batas ini, Anda dapat menggunakan Google Drive. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  • Pertama-tama, Anda harus masuk ke akun Gmail Anda untuk mengakses Google Drive/GDrive.
  • Kemudian Anda bisa langsung membuka aplikasi GDrive.
  • Kemudian pilih opsi unggah folder untuk mengunggah folder ke GDrive dengan menggunakan direct atau . memilih menyeret item apa kau mau.
  • Setelah proses unggah selesai, klik kanan pada folder yang baru saja Anda unggah dan pilih opsi Dapatkan tautan yang dapat dibagikan. ketika pengaturan berbagi popup muncul, aktifkan bagikan tautan ke dengan menggeser sakelar ke kanan.
  • Dalam pengaturan berbagi, Anda dapat menyalin tautan file yang baru saja Anda unggah.

Untuk mengirim folder dari GDrive, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyertakan tautan di email yang ingin Anda kirim.

Jadi sekarang kamu tahu cara kirim folder lewat email. Sampai cara kirim folder lewat email gmail di laptop atau cara mengirim folder melalui email dengan ponsel pada dasarnya sama. Anda dapat menerapkan metode ini dengan perangkat yang berbeda.

Sumber Link: Kunjungi website