Aplikasi Pengukur Jarak adalah salah satu dari banyak aplikasi yang tersedia di Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah mengukur jarak antar tempat atau jarak suatu objek.

Baca Juga: 13 Aplikasi Resume Terbaik di iOS dan Android Praktis Berbahan HP!

Dari kegunaannya, aplikasi untuk mengukur jarak dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Aplikasi Pengukur Jarak. Biasanya aplikasi ini menggunakan fungsi kamera pada ponsel dengan teknologi augmented reality (AR).
  • Aplikasi Mileage. Aplikasi yang memungkinkan untuk mengukur jarak yang ditempuh. Secara umum, aplikasi ini menampilkan fitur peta dalam tampilannya. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui jarak dari satu tempat ke tempat lain di peta.

Berikut adalah daftar 14 aplikasi Android terbaik yang dapat membantu Anda mengukur jarak suatu benda, jarak tempuh atau jarak dari suatu tempat.

1. Penguasa (penguasa)

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Seperti namanya, aplikasi Ruler smartphone Anda dapat membuat penggaris yang cukup akurat. Ada banyak satuan panjang untuk dipilih, seperti sentimeter atau inci.

Kelebihan dari aplikasi penggaris ini selain ringan, Anda dapat mengkalibrasi ulang menggunakan objek yang berbeda. Selain itu, Xalphalab, pengembang aplikasi ini, tidak memasang iklan di aplikasi mereka.

Ukurannya yang kecil hanya 1,3 megabyte dan bebas iklan yang membuat aplikasi ini cukup populer. Sejauh ini, lebih dari 1 juta pengguna telah mengunduhnya.

Tertarik ? Anda dapat mengunduh aplikasi Penguasa di sini.

2. Aplikasi Penguasa AR

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Hampir sama dengan aplikasi penggaris sebelumnya, aplikasi AR Ruler juga berfungsi sebagai alat ukur. Namun, aplikasi pengintai ini dilengkapi dengan teknologi augmented reality (AR).

Dengan bantuan kamera dan teknologi AR, Anda tidak perlu mendekatkan ponsel dengan objek yang akan diukur. Hanya dengan mengarahkannya dengan kamera, objek dan ukurannya akan muncul di layar ponsel.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya di sini.

3. Tingkat Roh – Pengukur Sudut

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Selain untuk mengukur jarak atau panjang, aplikasi Bubble Level – Angle Meter juga dapat mengukur sudut dan kemiringan. Sehingga aplikasi ini dapat membantu pekerjaan pertukangan.

Selain fungsi penggaris, Bubble Level – Angle Meter juga dilengkapi dengan spirit level dan fungsi arc. Melalui kamera ponsel, Anda dapat mengukur kemiringan, sudut atau jarak suatu objek dengan Bubble Level – Angle Meter.

Klik di sini untuk menginstal Bubble Level – Pengukur Sudut dari Play Store.

4. Jarak Otomatis

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Aplikasi Jarak Otomatis memungkinkan Anda memperkirakan jarak dan ketinggian suatu objek dengan cepat. Dengan teknologi augmented reality (AR), ukuran suatu objek muncul di layar, beserta jarak dan tingginya.

Jarak Otomatis tersedia dalam 7 unit jarak dan dapat dengan cepat mengukur jarak baik di dalam maupun di luar ruangan.

Anda dapat menginstal aplikasi Jarak Otomatis dari: Link ini.

5. Ukuran cerdas

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Seperti aplikasi sebelumnya, Smart Measure merupakan aplikasi pengukuran jarak yang menggunakan teknologi AR. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi tentang jarak, tinggi atau lebar dan luas suatu benda dalam jarak 1 sampai 50 m.

Ukurannya yang relatif kecil, 4,9 megabita, menjadikan Smart Measure aplikasi pengukuran paling populer di Play Store. Hingga saat ini, lebih dari 10 juta orang telah mengunduh aplikasi ini.

Untuk menginstal aplikasi Smart Measure, buka: Link ini.

6. Pengukuran sederhana

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

masih tentang aplikasi pengukur jarak dengan teknologi AR, Easy Measure dapat membantu Anda mendapatkan informasi ukuran suatu objek dengan mudah.

Mirip dengan aplikasi Smart Measure, menggunakan Easy Measure sangat mudah dan sederhana. Namun secara ukuran, aplikasi ini lebih kecil dari Auto Distance. Untuk menginstalnya klik di sini.

7. Pengukur Gambar

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Aplikasi dari Dirk Farin ini dapat membantu desainer bangunan. Image Meter dapat mengukur panjang dan lebar objek foto atau gambar dengan tingkat akurasi yang cukup akurat.

Mengingat fungsi yang mendukung penggunaan peralatan pengukur jarak laser, Image Meter tampaknya lebih rumit untuk sebagian besar pengguna umum. Namun bagi para arsitek atau pekerja konstruksi, aplikasi ini akan sangat membantu pekerjaan Anda. Untuk menginstal aplikasi Pengukur Gambar, klik Link ini.

8. Area Lapangan

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Bagi anda yang sering melakukan survey lapangan, aplikasi Fields Area dapat membantu kegiatan tersebut. Dengan menggunakan data GPS (Global Positioning System), aplikasi ini dapat memperkirakan ukuran suatu area.

Cara Penggunaan aplikasi pengukur jarak caranya cukup mudah, cukup tandai titik awal dan akhir suatu area di peta. Selain itu, muncul informasi yang bervariasi dari jarak ke area di area tersebut.

Meski tingkat akurasinya tidak seperti perangkat GPS atau Theodolite khusus. Oleh karena itu, pengukuran komersial atau legal tidak mungkin dilakukan. Namun bagaimanapun juga, informasi dari aplikasi Fields Area dapat memberikan gambaran awal suatu area.

Bagi kamu yang membutuhkan Fields area, kamu bisa menginstalnya dari Play Store di Link ini.

9. Kalkulator Luas Tanah

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Dari namanya bisa diketahui bahwa aplikasi Kalkulator Luas Tanah dapat membantu penelitian lapangan. Selain berfungsi sebagai aplikasi jarak tempuh, aplikasi ini memiliki beberapa fitur yaitu :

  • Kalkulator jarak, yang seperti aplikasi pengukur jarak.
  • Kompas digital, yang dapat berfungsi untuk mencari petunjuk arah menggunakan GPS.

Seperti aplikasi sejenis, keakuratan aplikasi ini tidak dapat dibandingkan dengan GPS atau Theodolite. Namun dengan ukurannya yang relatif kecil yaitu 6,4 megabyte, kalkulator luas lahan ponsel Anda dapat mengubahnya menjadi alat survei. Untuk menginstalnya, cukup klik di sini.

10. penggaris kartu

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Selain menjadi pengukur area, Maps Ruler, Anda dapat menggunakannya untuk mengukur rute dan jarak perjalanan. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah menghitung rute pelayaran dan jarak antar tempat.

Untuk ukurannya yang relatif kecil, yakni 3,6 megabyte. Maps Ruler tergolong fitur yang cukup lengkap. Misalnya :

  • Area lapangan, untuk melakukan survei lapangan.
  • Hitung rencana jalur pelayaran.
  • Ukur perjalanan Anda sambil berjalan.

Untuk menggunakan Penguasa Peta, klik Link ini.

11. Mstep – Pedometer

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Pedometer – Pedometer, MSlangkah adalah aplikasi pengukur jarak lari untuk penggemar joging. Aplikasi ini tidak hanya menampilkan jumlah langkah dan jarak yang ditempuh, tetapi juga jumlah kalori yang terbakar. Jadi MStep cocok untuk anda yang sedang menjalani program olahraga atau diet.

Kelebihannya adalah MStep bekerja tanpa menggunakan GPS, sehingga dapat menghemat konsumsi baterai ponsel Anda. Tapi ini juga mengapa aplikasi ini membutuhkan ponsel dengan sensor tertentu.

Untuk dapat menggunakan MStep, Anda dapat mengklik langsung pada di sini.

12. Pelacak Jarak Berjalan

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Pelacak Jarak Lari adalah aplikasi pengukur jarak lari untuk melacak aktivitas olahraga Anda. Perbedaan dari aplikasi sebelumnya, aplikasi ini bekerja dengan GPS dan memiliki peta.

Selain memberikan informasi untuk melacak aktivitas olahraga Anda, aplikasi ini juga memiliki akses ke aplikasi pemutar musik. Jadi Anda bisa berolahraga sambil mendengarkan lagu favorit Anda.

Klik Link ini untuk menginstal Running Distance Tracker dari Play Store.

13. Peta Avenza: Peta Offline

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Buat kamu penggemar aktivitas di luar rumah jika mendaki atau berkemah, Avenza Maps menawarkan banyak bantuan. tidak hanya jika aplikasi jarak tempuh, kompas dan fungsi navigasi juga dapat ditemukan di aplikasi ini.

Menariknya, Avenza Maps memiliki aplikasi pengukuran jarak offline yang dapat menyimpan berbagai peta yang tersedia. Jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat jika berada di area yang tidak terjangkau internet.

Bisa langsung klik di sini untuk menginstal aplikasi ini.

14. Peta offline lengkap

Aplikasi Pengukur Jarak - Pengukur Jarak Android

Mirip dengan Avenza Maps, tetapi ukurannya lebih kecil, Peta Offline All-in-One milik aplikasi pengukuran jarak offline. Sehingga dapat membantu mengukur jarak yang ditempuh dan bernavigasi di daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan internet.

Ukurannya hanya 6,1 megabyte (tanpa kartu) relatif kecil dan ringan. Sebelum menggunakannya, Anda harus mengunduh peta yang benar untuk area tempat Anda berada.

Anda dapat menginstal peta offline All-in-one melalui Link ini.

Penutupan

Aplikasi Pengukur Jarak dapat memudahkan anda untuk mengetahui jarak suatu benda atau jarak yang ditempuh. Namun, kami tidak menyarankan penggunaan aplikasi ini untuk pengukuran yang sangat akurat atau untuk tujuan komersial.

Untuk tujuan komersial dan hukum, Anda perlu menggunakan perangkat khusus untuk melakukan pengukuran. Misalnya Theodolite, perangkat GPS, pengukur jarak digital dan lain-lain.

Baca Juga: 11 Aplikasi Pemotong Lagu yang Pasti Kamu Suka Mainkan Di Media Sosial

Selain pembatasan perangkat smartphone yang banyak beredar saat ini, alat ukur resmi harus memenuhi standar nasional dari otoritas terkait.

Sumber Link: Kunjungi website