Berbicara tentang komputer, tentu tidak lepas dari prosesor. Pasalnya, bagian ini memang merupakan bagian penting yang menentukan kinerja komputer. Di antara produsen yang menawarkan jenis prosesor terbaik adalah: AMD. Perusahaan yang sering dibandingkan dengan Intel memiliki beberapa Lapisan prosesor AMD hingga saat ini.

Anda perlu mengetahui tingkat prosesor AMD dari rendah hingga tinggi untuk memilih prosesor terbaik yang paling sesuai dengan komputer Anda dan tujuan penggunaan perangkat. Ingin tahu lebih banyak tentang level ini? Tinjau informasi berikut.

Tahu Lapisan prosesor AMD

Bagi Anda yang penasaran dengan urutan level prosesor dari perusahaan AMD, maka Anda wajib untuk membaca terus Urutan prosesor AMD dari rendah ke tinggi mengikuti:

1. AMD K5

AMD K5

AMD memperkenalkan jenis prosesor pertamanya, yang disebut AMD K5 pada tahun 1986. Prosesor AMD generasi awal ini memiliki desain yang ambisius. Pasalnya, pembuatan prosesor ini mendekati prosesor Intel Premium Pro, terutama dari segi arsitektur internal dan solusi teknisnya.

Namun, pada saat itu, tidak banyak motherboard yang mendukung penggunaan prosesor ini karena dominasi Intel. Namun, baru-baru ini setelah memperbarui bagian BIOS, K5 dapat melakukan sinkronisasi sempurna dengan motherboard yang berbeda.

2.AMD K6

AMD K6

Generasi K6 melanjutkan generasi sebelumnya yaitu AMD K5 yang telah diperbarui untuk memberikan performa yang lebih baik. AMD K6 mendukung semua jenis motherboard yang sebelumnya didominasi oleh Intel.

Keunggulan prosesor yang dirilis pada April 1997 ini adalah sebanding dengan Intel Pentium II, namun dengan harga yang lebih murah. Kali ini, AMD mulai menjadi pesaing Intel yang harus diwaspadai.

Beberapa model prosesor K6 adalah AMD K6, AMD K6-2 dan AMD K6-III. Pada prinsipnya ketiganya memiliki karakteristik yang hampir sama, namun perbedaan utamanya terletak pada kecepatan masing-masing prosesor saat mengolah data.

3. AMD Duron

AMD Duron

Pertama kali dirilis pada tahun 2000, model ini awalnya disebut Spitfire Thunderbird karena menggunakan versi Thunderbird pada intinya yang kuat. Pada masanya, prosesor ini menjadi salah satu prosesor favorit karena menawarkan performa tinggi dengan harga murah.

Sayangnya AMD kini tidak lagi memproduksi model ini karena teknologinya sudah tidak sesuai lagi. Namun, model ini berhasil dan memuaskan penggunanya pada masanya.

4. AMD Atlon

AMD Atlon

Setelah AMD Duron meraih kesuksesan, Tingkat prosesor laptop AMD versi terakhir pada saat itu adalah AMD Athlon. Prosesor ini juga menjadi andalan perusahaan. Athlon memiliki sistem yang mendukung penggunaan teknologi multi-prosesor, sehingga mampu mengungguli Intel Premium 3 saat itu.

Multiprocessor sendiri artinya sebuah komputer dapat menggunakan dua prosesor Athlon secara bersamaan. AMD Athlon pertama kali dirilis pada Juni 1999.

5. AMD Athlon 64 X2

AMD Athlon 64X2

Setelah kesuksesan Model Athlon, AMD semakin menyempurnakan produknya dengan versi berikutnya, AMD Athlon 64 X2. Dirilis pada tahun 2005, model ini merupakan prosesor dual core pertama yang dirancang oleh AMD. Athlon 64 X2 memiliki beberapa keunggulan, antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki pengontrol memori yang mendukung teknologi multi-saluran
  • Dapat menyinkronkan dengan baik, terutama dengan komputer yang menjalankan OS 64-bit

6. AMD Athlon 64 FX

AMD Athlon 64 FX

AMD terus berinovasi dengan merilis generasi berikutnya yaitu AMD Athlon 64 FX pada tahun 2003. Produk ini memiliki antivirus yaitu Antivirus Enhanced Virus Protection, sehingga sangat cocok untuk PC dengan software grafis tinggi misalnya untuk bermain game.

7. AMD Sempron

AMD Sempron

Pesan prosesor laptop AMD selanjutnya adalah AMD Sempron, pesaing utama prosesor Intel berlabel Intel Celeron. Sempron adalah produk yang relatif fleksibel, tetapi hanya dapat bekerja pada komputer dengan sistem operasi 32-bit.

Niat AMD Sempron adalah cocok untuk penggunaan praktis dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari pengguna. Prosesor ini pertama kali dirilis pada bulan Juni 2004 sedangkan versi terbarunya dirilis pada bulan April 2014. Namun, setelah AMD seri A keluar, penggunaan produk ini dihentikan.

8. AMD 64 X2 Dual Core

AMD 64X2 Dual Core

Dirilis pada Maret 2006, produk ini merupakan prosesor dual-core yang dibuat untuk bersaing dengan produk Intel Core dan Intel Core 2. Keunggulan produk ini adalah memiliki fitur hemat daya dan AMD Virtualization Technology (AMD Virtualization Technology).

Oleh karena itu, prosesor ini sangat cocok bagi Anda yang banyak menggunakan software multimedia.

9. AMD Opteron

AMD Optreon

AMD Opteron adalah prosesor pertama yang mendukung arsitektur AMD64 atau x86-64. Pertama kali dirilis pada April 2003, prosesor ini ditujukan untuk pasar komputer workstation dan server.

Saat ini, pengguna tidak dapat lagi menggunakan prosesor ini karena proses produksi prosesor ini dihentikan pada awal tahun 2017.

10. AMD Cadizo

Prosesor tunggal ini dirilis pada tahun 2008 dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • 4-inti
  • Bawa cache L2 bersama
  • DDR2/3 dan
  • HyperTransport3

11. AMD Ryzen Threadripper

AMD Ryzen Threripper

AMD Ryzen Threadripper yang diperkenalkan pada generasi terbaru merupakan prosesor untuk perangkat kelas atas dengan performa mumpuni, yakni untuk bermain game dan multimedia.

Mengapa Anda harus memilih prosesor ini? Karena AMD Ryzen Threadripper menawarkan performa 90% dibanding prosesor pendahulunya. Menakjubkan, bukan?

Bagi Anda yang penasaran dengan prosesor ini, berikut ini: Urutan Generasi AMD Ryzen jenis Threadripper ini:

AMD Ryzen Threadripper Generasi Pertama

Model fesyen Rilis pertama kali Inti Kabel
AMD Ryzen Threadripper 1900X 31 Agustus 2017 8 16
AMD Ryzen Threadripper 1920X 10 Agustus 2017 12 24
AMD Ryzen Threadripper 1950X 10 Agustus 2017 16 32

AMD Ryzen Threadripper Generasi Kedua

Lapisan prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua ini memiliki jumlah inti dan titik termal desain yang lebih tinggi. Untuk seri 2900, jumlah core atau core digandakan menjadi 32.

Selain itu, seri ini juga memperkenalkan fitur overclocking otomatis baru yang disebut Precision Boost Overdrive.

Model fesyen Rilis pertama kali Inti Kabel
AMD Ryzen Threadripper 2920X 29 Oktober 2018 12 24
AMD Ryzen Threadripper 2950X 31 Agustus 2018 16 32
AMD Ryzen Threadripper 2970WX 29 Oktober 2018 24 48
AMD Ryzen Threadripper 2990WX 13 Agustus 2018 32 64

AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga

Model fesyen Rilis pertama kali Inti Kabel
AMD Ryzen Threadripper 3960X 25 November 2019 24 48
AMD Ryzen Threadripper 3970X 25 November 2019 32 64
AMD Ryzen Threadripper 3980X 48 96
AMD Ryzen Threadripper 3990X 7 Februari 2020 64 128

Untuk saat ini, model AMD Ryzen Threadripper 3960X dan 3970X adalah prosesor desktop paling kuat yang pernah dibuat AMD. Pasalnya, kedua jenis prosesor high-end tersebut hingga saat ini belum ada tandingannya dan merupakan prosesor terkuat yang pernah dibuat.

Tentu saja, inovasi AMD tidak berhenti sampai di situ, karena perusahaan masih mengembangkan teknologinya ke arah yang lebih baik. Jadi nantikan tahun-tahun mendatang, prosesor AMD terbaru, yang pasti akan lebih bertenaga.

jadi daftarnya Lapisan prosesor AMD tidak hanya berhenti di titik ini, tetapi akan terus berkembang. Penambahan tersebut sejalan dengan perkembangan dan inovasi baru yang mereka lakukan. Jadi pantau terus perkembangan teknologi yang ada untuk mendapatkan update terbaru.

Sumber Link: Kunjungi website