Seiring berkembangnya teknologi, banyak anak yang mulai mengenal dan bermain dengan gadget. Sebagai orang tua Anda harus memperkenalkan: game edukasi untuk anak-anak yang tidak hanya menghibur, tetapi juga bermanfaat bagi perkembangan fitrah anak.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap anak yang lahir ke dunia ini memiliki fitrahnya masing-masing. Salah satu fitrah anak adalah bermain. Bermain merangsang perkembangan otak dan kreativitas anak.

Keuntungan permainan Pendidikan untuk perkembangan anak

Manfaat Game Edukasi untuk Anak

Anak-anak kecil bermain di perangkat mereka telah menjadi pemandangan umum hari ini. Apalagi saat ada pandemi dan aktivitas anak sekolah harus online, memaksa anak-anak untuk berkenalan dengan gadget.

Beberapa psikolog mengatakan bahwa gadget dapat berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Namun, ketika orang tua berperan aktif dalam mengawasi dan memperkenalkan permainan edukatif kepada anak, gadget juga bisa memberikan manfaat yang baik.

Mengikuti manfaat permainan pendidikan positif anak, yaitu:

  • Dapat mempertajam penglihatan anak
  • Memperkenalkan Bahasa Inggris ke Anak
  • Meningkatkan memori
  • Meningkatkan koordinasi yang merangsang mental anak

Rekomendasi game edukasi untuk usia 3-5 tahun

Rekomendasi game edukasi untuk anak di bawah 5 tahun

Game edukasi, bagus game online juga bukan game offline Tujuannya adalah untuk membuat belajar menyenangkan bagi anak-anak. Permainan dibuat sesuai dengan usia anak. Berikut beberapa rekomendasi game edukasi terbaik untuk anak yang cocok untuk anak usia prasekolah, antara lain:

Balon meletus anak-anak

Game ini merupakan game edukasi yang mengenalkan warna, angka atau huruf kepada si kecil. Tugas anak adalah meletuskan balon sesuai petunjuk.

Warna-warni balon menarik perhatian dan meningkatkan konsentrasi anak.


Bentuk binatang dan teka-teki jigsaw

Game ini cocok untuk mengasah otak anak. Anak-anak akan bermain mencocokkan bentuk, menebak gambar, menyusun objek, dan memecahkan teka-teki gambar.

Permainan ini cocok untuk anak-anak dari 4 tahun. Akan lebih menyenangkan ketika orang tua datang untuk bermain untuk menyelesaikan permainan.


Ibu Memasak: Ayo masak!

Permainan ini adalah game offline tema memasak. Dalam permainan ini, anak harus mengikuti instruksi dan langkah memasak yang benar.

Anak-anak juga akan mengenal konsep waktu. Permainan menjadi menyenangkan karena jika anak tidak fokus, hasil masakannya akan gagal.


Sesame Street – Dapur Alfabet

Karakter utama dalam game ini adalah Elmo dan Cookie Monster. Anak akan bergabung dengan karakter utama untuk membantu memasak huruf dan kata.

Saat memasak, Elmo dan Cookie Monster mengajari anak-anak untuk mengucapkan kata-kata yang mereka masak dengan benar. Game offline Ini akan mengajarkan anak-anak literasi.


Memotong tali

Game offline metode sederhana yang mengajarkan strategi anak. Tugas anak-anak dalam permainan “Potong Tali” adalah memotong tali sesuai petunjuk.

Menariknya, pilihan gambar dan bentuk dalam game ini bisa menambah keseruan.


Rekomendasi game edukasi untuk anak usia 6-10

game edukasi 10 tahun

Game Edukasi Untuk Anak – Matematika

Game edukasi ini cocok untuk anak usia sekolah dasar. Sesuai dengan namanya, anak-anak akan belajar matematika dengan berbagai macam soal yang berbeda dalam bahasa Inggris.

Jadi, game ini tidak hanya meningkatkan kemampuan matematika anak, tetapi juga bahasa Inggris mereka. Semakin tinggi level yang dimainkan anak, semakin sulit pertanyaannya.


Game edukasi – memori

Permainan ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun anak-anak akan berlatih mengasah daya ingatnya. Anak-anak harus mengingat hal-hal, menemukan perbedaan dalam gambar dan banyak lagi.

Ada tiga level berbeda dalam game ini, mudah, rata-rata dan sulit.


Blok! teka-teki heksa

Rekomendasi game offline yang berikutnya adalah Block!Hexa Puzzle. Permainan ini membutuhkan strategi bermain anak. Anak harus meletakkan balok-balok tersebut sesuai dengan bentuknya.

Tantangan dari permainan ini adalah anak tidak dapat memutar balok, sehingga membutuhkan pemikiran yang tepat untuk memenangkannya.


Snoopy Temukan perbedaannya

Permainan Snoopy Temukan Perbedaannya adalah game online yang mengajarkan anak untuk berhati-hati.

Anak-anak mencari perbedaan antara dua gambar dan juga mengenali konsep waktu. Anak harus bermain dalam waktu 30 detik. Jika lebih dari 30 detik, permainan harus dimulai lagi.


Desa dan Peternakan

Anak-anak akan menjelajahi pertanian dan peternakan. Game ini menguji kreativitas anak. Selain itu, anak-anak harus mengurus keuangan, tanah dan waktu panen, seru kan?


Kata terakhir

Itu direkomendasikan game edukasi untuk anak-anak sesuai dengan usia perkembangan anak. Alangkah bijaknya mengenalkan gadget dengan selalu terlibat dalam permainan anak, itu adalah tugas orang tua. Karena anak dan bermain adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Sumber Link: Kunjungi website