Menurut Anda apa yang membuat? game MOBA punya banyak fans?

Permainan ini melibatkan tim dalam bermain dan mengharuskan para pemain untuk mengembangkan strategi terbaik mereka untuk memenangkan pertandingan. Ada begitu banyak game moba terbaik yang wajib dicoba diantaranya mobile legends, league of legends dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Hero Mobile Legend Terbaik 2021 Paling Direkomendasikan

MOBA sendiri artinya Multiplayer Online Battle Arena, game ini merupakan game online yang bisa dimainkan secara tim. Game ini cukup populer dan dimainkan di beberapa negara. Game ini membutuhkan kerja sama tim untuk menghadapi segala macam tantangan. Pembagian fokus atau role juga sangat disarankan untuk memaksimalkan serangan.

1. Mobile Legends: Bang Bang

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Mobile Legends merupakan game yang dirilis oleh Moonton pada tanggal 14 Juli 2016. Game ini dapat dimainkan baik di smartphone Android maupun iOS. Permainan ini dimainkan oleh 10 orang yang dibagi menjadi 2 tim. Permainan ini bisa memakan waktu 20-25 menit.

Ada beberapa mode yang bisa dimainkan dalam game Mobile Legend.

Dalam mode ini, pemain dapat memainkan game tanpa khawatir kehilangan peringkat jika kalah dalam pertandingan. Oleh karena itu, mode ini cocok untuk pemula yang masih harus banyak belajar dan beradaptasi dengan game ini. Dalam mode ini, pemain bebas menggunakan hero apa saja yang mereka miliki.

Dalam mode ini Anda akan dicocokkan dengan pemain dengan kekuatan yang sama. Kamu juga bisa mengajak teman untuk memainkannya bersama-sama, namun pastikan teman-temanmu memiliki peringkat yang sama dengan kamu.

Draft Pick adalah mode dimana pemain bisa memilih karakter/pahlawan. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan ban dan pick. Pahlawan yang dilarang tidak dapat digunakan oleh kedua tim.

Mode ini hanya berisi 1 lane dan dua tower yang masing-masing akan mempertahankan base kedua tim. Pertandingan ini biasanya lebih cepat daripada mode klasik dan peringkat.

Mode ini dimainkan seperti game 5v5 biasa, namun disini lawannya bukanlah tim sungguhan, melainkan melawan gameplay yang dimainkan oleh sistem di dalam game itu sendiri.

Bagan Esport Mengatakan Saat Mobile Legend Telah Menjadi Game MOBA terbesar di Asia Tenggara, serta game moba terbaik dalam hal popularitas. 1 negara teratas adalah Indonesia dengan jam tayang 23,4%. Mobile Legends mencapai 100 juta unduhan di google play, ini juga menunjukkan bahwa Mobile Legends menjadi permainan yang paling populer.

2. League of Legends: Wild Rift

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Game ini pertama kali dirilis khusus untuk PC dan sudah memiliki banyak penggemar. Untuk menjangkau lebih banyak pemain, versi seluler dirilis.

Ada beberapa hal menarik dari game League of Legends ini, antara lain:

  • Ada fungsi Auto-Spectate

Fitur ini memungkinkan kamera untuk secara otomatis menunjukkan rekan tim saat Anda mati. Jadi Anda tidak perlu menggesek layar untuk mencari dan melihat teman Anda yang sedang bermain.

Ada tanaman buah madu yang bisa memulihkan HP atau tanaman kerucut ledakan yang bisa meledak dan meledakkan champion.

Seperti di versi PC, League of Legends di versi mobile juga menghadirkan divisi. Namun, lokasi departemen pada smartphone dilaporkan telah ditentukan. Jadi Anda hanya perlu tinggal di sana sampai departemen aktif dengan sendirinya.

  • Permainan dapat diselesaikan dalam waktu 15-20 menit.
  • Hadir dengan 40 Champions di awal rilis.
  • Hadir dalam versi konsol.
  • Pukulan terakhir mendapat lebih banyak emas.

3. Dota2

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Defense of Ancients 2 (Dota) adalah game remaster dari custom dota map, player warcraft III, yang dibuat oleh Blizzard Entertainment. Dota dirilis pada Juli 2013, game ini dapat dimainkan di platform Windows, Mac OS atau Linux.

Permainan ini dimainkan oleh 10 orang yang terbagi menjadi 2 tim yaitu tim radial dan tim dire. Pemain dapat memilih 1 hero untuk dimainkan. Jumlah total hero dalam game ini sudah mencapai lebih dari 100 hero.

Game Dota 2 memiliki 3 jalur utama yang menghubungkan kedua tim yaitu jalur tengah, atas dan bawah. Di setiap lane terdapat 3 tower untuk melindungi base dari serangan musuh.

Di setiap lane juga terdapat barak yang jika dihancurkan akan merugikan tim lawan. Permainan berakhir ketika bangunan lama salah satu tim berhasil dihancurkan.

4. Arena of Valor (AOV)

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Mobile Arena atau yang kita kenal sekarang sebagai Arena Keberanian (AOV) adalah permainan MOBA 5v5 yang dirilis pada 16 Oktober 2016. Game ini cukup kompleks dibandingkan dengan game saingannya meskipun MOBA.

Arena of Valor dikenal luas dengan slogannya, “Utama” AOV get 7M” dan game ini telah berkolaborasi dengan komik DC seperti: Batman, Superman, Joker, Flash dan Wonder Woman. Hingga saat ini, Arena of Valor telah berkolaborasi dengan franchise terkenal sebanyak 5 kali.

Pada tahun 2017, Arena of Valor mendapatkan penghargaan di Google Play sebagai game moba terbaik terpopuler tahun 2017 untuk server Indonesia.

5. Lokapala

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Lokapala merupakan game besutan developer Indonesia, game ini dibuat oleh tim developer bernama Anantarupa Studios. Game ini pertama kali dirilis pada Februari 2020, saat itu game ini masih dalam versi beta.

Saat pertama kali diluncurkan, game moba terbaik ini masih memiliki banyak kekurangan. Namun seiring berjalannya waktu, para developer terus melakukan perbaikan, dan hingga akhirnya game ini siap untuk mengikuti turnamen bertajuk Melon Minor Tournament.

Menurut catatan Google Play Store, game ini telah berhasil diunduh 1 juta+ dengan rata-rata rating 3,9. Rating ini masih cukup rendah, tapi ini awal yang baik. Karena dengan banyaknya komentar yang masuk akan sangat membantu para developer untuk mengembangkan game ini lebih jauh lagi.

Game ini sangat layak dimainkan karena Lokapala adalah sebuah game MOBA Yang pertama adalah karya anak bangsa. Game ini juga terinspirasi dari berbagai budaya nusantara, sehingga kita bisa bermain sambil belajar tentang budaya tersebut.

6. Arena Onmyoji

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Arena Onmyoji adalah seri spin-off dari Onmyoji, game RTS (strategi waktu nyata) berbasis giliran yang dirilis oleh NetEase. Game ini dikembangkan oleh developer Cina yang dikenal dengan game battle royale rules of survival.

Game ini disesuaikan dengan budaya Jepang, sehingga sangat cocok dimainkan oleh Anda yang menyukai budaya Jepang.

Onmyoji Arena dihadirkan dengan kualitas visual yang indah dan detail. Banyak yang mengira bahwa animasi dalam game ini penuh dengan kartun ala anime 2 dimensi. Namun ternyata game ini dihadirkan dalam tiga dimensi, hal inilah yang membuat karakter dalam game tersebut terlihat hidup dan menjadikannya salah satu game moba terbaik dan terfavorit saat ini.

7. Pokemon Bersatu

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Pada Juli 2021, game Pokemon Unit resmi dirilis di platform Android dan iOS. Meski tergolong game baru, namun game ini bisa menarik perhatian banyak orang. Sebelum versi Android dan iOS dirilis, game ini terlebih dahulu dirilis di Nintendo Switch.

Permainan ini dimainkan dalam 5v5, tim dengan poin terbanyak dan mampu mengalahkan lawan adalah pemenangnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memainkan game ini adalah:

  • Pahami perannya
  • Lihat Drednaw, Zapdos, dan Rotom
  • Peningkatan barang

8. Perang Super Marvel

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Game ini dirilis pada 19 Desember 2019, game ini menampilkan karakter dalam keajaiban universal seperti Iron Man, Spider Man, Deadpool, Captain Marvel dan lainnya. Peran dalam game ini adalah seorang pejuang. Energi, penembak jitu, tank pembunuh, dan dukungan. Dimainkan dalam pertarungan 5v5 untuk vibranium, game ini gratis untuk semua orang dan dianggap sebagai salah satu game moba terbaik saat ini.

9. Pahlawan telah berevolusi

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Dalam game ini terdapat fitur fog of war yang bisa membuat peta menjadi gelap kecuali rekan satu tim kamu ada di sana. Fitur ini membuat tampilan game menjadi lebih menarik dan menantang. Dengan fitur ini Anda akan lebih berhati-hati dalam melangkah karena peta akan terlihat gelap dan Anda tidak akan dapat melihat musuh Anda dengan jelas.

10. Vainglory

Game MOBA terbaik - game moba terbaik 2021

Game ini dirilis pada tahun 2014 oleh megacorps super evil. Desain grafis dari game ini cukup bagus dan enak dipandang. Game ini menggunakan konsep 3v3 tetapi berkembang menjadi 5v5. Game ini sangat populer pada masanya, tetapi mungkin telah hilang karena perkembangan yang merajalela MOBA saat ini.

Baca juga: Main Mobile Legend di PC atau Laptop. Sangat mudah! Begini Caranya!

Itu tadi sedikit penjelasan tentang rekomendasi game moba terbaik yang saat ini sedang populer dan sangat direkomendasikan untuk dimainkan. Apakah Anda memiliki permainan yang menarik?

Sumber Link: Kunjungi website