Ini Reaksi Hacker Indonesia Terhadap Kasus Bendera RI Terbalik Di Sea Games 29

August 21, 2017

bendera ri terbalik

Sejumlah Hacker atau peretas yang tergabung dalam Indonesian Hacker Rulez berhasil melakukan peretasan terhadap web negara Malaysia. Salah satunya adalah www.kualalumpurmalaysia.com.

Kejadian ini disinyalir sebagai reaksi atas “keteledoran” panitia SEA GAMES ke 29 yang di adakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Keteledoran tersebut adalah terbaliknya bendera Indonesia dalam buku panduan yang diterbitkan oleh panitia.

bendera indonesia terbalik

bendera indonesia terbalik dalam buku panduan sea games 29

Bendera Negaraku bukanlah Mainan. Kalimat itu yang tertulis di halaman web Malaysia yang diretas oleh Indonesian Hacker Rulez. Selain itu, lagu Indonesia Tanah Air Beta juga menjadi backsound untuk web yang diretas tersebut.

Kejadian ini menunjukkan bahwa kemampuan para Hacker Indonesia cukup disegani di dunia maya. Seringkali kelompok hacker, darimanapun asalnya, bereaksi dengan cara seperti ini ketika ada ketidakadilan atau semacamnya yang terjadi di dunia nyata.

Bagi para hacker mungkin inilah sumbangsih yang bisa mereka berikan dalam mendukung atau menolak sesuatu. Apa yang dilakukan oleh Indonesian Hacker Rulez seperti mewakili kegeraman rakyat Indonesia atas apa yang dilakukan oleh negara tetangga yaitu Malaysia.

bendera indonesia terbalik - banner website

jasa pembuatan website plus maintenance selama 1 tahun

 

Di era digital sekarang, keberadaan website juga bisa menjadi icon sebuah bangsa atau komunitas. Maka tak heran jika ada orang-orang yang menyuarakan kata hatinya dengan jalan meretas sebuah situs yang menjadi icon dari sebuah negara/komunitas tertentu.

Kejadian ini kembali mengeruhkan hubungan penduduk kedua negara. Kita tentu masih ingat bagaimana Malaysia mengklaim beberapa budaya Bangsa Indonesia sebagai milik mereka beberapa tahun silam.