Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

December 20, 2016

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan : Di zaman yang serba canggih ini, perkembangan teknologi seakan sudah tak bisa dibendung. Produk-produk berbasis teknologi terbaru terus bermunculan dari berbagai bidang, mulai dari gadget, transportasi, rumah tangga, pendidikan, dan lain-lain. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini memang berdampak baik bagi manusia.

Namun sayangnya perkembangan teknologi tidak berjalan searah dengan kondisi lingkungan. Tidak seperti manusia yang mendapat dampak positif, lingkungan seakan malah mendapatkan dampak negatif dari berkembangnya teknologi ini. Bagaimana tidak? Kebanyakan dari produk teknologi zaman sekarang membutuhkan bahan bakar untuk bisa bekerja. Dan dari bahan bakar tersebut  kebanyakan menimbulkan polusi yang dapat merusak lingkungan.

Melihat fenomena ini, Pertamina selaku perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi terus melakukan terobosan-terobosan terbaru untuk menyelamatkan lingkungan dalam arus perkembangan teknologi. Dengan mengusung slogan Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, Pertamina akan selalu berjuang dan berinovasi untuk melayani masyarakat dalam bidang energi ramah lingkungan.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Lewat slogan Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, pertamina berkomitmen untuk mengedepankan kesehatan lingkungan di setiap produk yang mereka ciptakan. Terlebih lagi Pertamina adalah perusahaan berbasis energi milik negara yang menguasai berbagai bidang bahan bakar di Tanah Air.

Setiap tahunnya, produksi bahan bakar dari Pertamina semakin tinggi dan bervariasi terutama pada sektor BBM. Hal ini tak terlepas dari pengguna kendaraan bermotor yang semakin meningkat terutama di kota-kota besar Indonesia. Fakta ini tentu menuntut kebutuhan akan BBM ramah lingkungan semakin tinggi.

Komitmen Pertamina Untuk Memproduksi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Seperti yang telah disebutkan diatas, kondisi lingkungan yang semakin buruk membuat Pertamina kian giat untuk mewujudkan misi bahan bakar ramah lingkungan. Salah satu upaya mereka untuk mewujudkan misi ini adalah dengan menciptakan BBK (bahan bakar khusus) seperti Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, Pertamax Racin, dan yang terbaru adalah Pertalite.

Bahan bakar ramah lingkungan atau BBK yang diciptakan oleh Pertamina ini sudah memiliki teknologi ecosave. Teknologi ini mampu menjaga kemurnian bahan bakar, mencegah karat pada mesin sekaligus membersihkannya. Tidak hanya itu, produk BBK ini juga telah bebas kandungan timbal. Dan khusus untuk Pertamina Dex, bahan bakar ini memiliki kualitas pembakaran yang lebih baik serta mencegah terjadinya diesel knock.

Untuk lebih memantapkan langkah dan meningkatkan inovasi dalam bidang bahan bakar ramah lingkungan, Pertamina mengambil langkah-langkah strategis berdasarkan laporan tahunan 2015 yang isinya.
• Melakukan Ekspansi pasar baru untuk mengakselerasi bisnis Direktorat GEBT di bidang Gas, Power, dan NRE
• Mengembangkan penguasaan pasar power, gas, dan NRE dengan mengamankan pasokan, serta membuat dan memperluas pasar dalam mengembangkan bisnis, melalui optimalisasi bisnis eksisting serta penguasaan sumber baru.
• Melakukan pengembangan sumber serta bisnis baru sebagai new growth engine

Berbagai Produk Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan dari Pertamina


1. Pertalite
Pertalite adalah produk BBM Ramah Lingkungan yang cukup diunggulkan oleh PT. Pertamina. Produk bahan bakar yang baru dirilis pada tahun 2015 ini dikenal sangat baik bagi kendaraan bermotor karena memiliki level RON (Research Octance Number) sebesar 90. Lebih besar dari Premium yang biasa digunakan yakni 80.

Dengan demikian, Pertalite dapat menjaga kondisi mesin tetap bagus karena umumnya kendaraan bermotor di Indonesia memiliki perbandingan kompresi yang sama dengan RON Pertalite. Tidak hanya itu, Pertalite juga memiliki kandungan yang dapat mencegah terjadinya korosi dan pengendapan pada mesin kendaraan bermotor.

Selain itu, untuk mewujudkan Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, Pertamina juga memproduksi Pertalite dengan teknologi ecosafety. Hal ini bisa dilihat dari kandungan residu pada pertalite yang hanya mencapa 2%, kandungan sulfur sebanyak 0,05 m/m dan pastinya tidak mengandung timbal.

Beberapa Keunggulan Pertalite, diantaranya :

  • Ramah Lingkungan : Seperti yang telah disebutkan diatas, Pertalite memiliki kandungan residu yang sangat rendah serta memiliki level RON sebesar 90. Hal ini membuat Pertalite menjadi BBM Berkualitas yang memiliki gas emisi lebih bersih daripada pendahulunya, yaitu Premium.
  • Lebih hemat : Pertalite dapat membuat kerja mesin lebih optimal dan efisien, sehingga kendaraan bisa menempuh jarak yang lebih jauh jika dibandingkan BBM lain. Selain itu, harganya yang hanya berselisih sekitar Rp.1000,- dengan premium menjadikan pertalite sebagai BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau.
  • Anti karat : Pertalite mempunyai zat tambahan yang bersifat mencegah karat pada tangki mesin. Tidak hanya itu, zat ini juga berfungsi untuk membersihkan sekaligus menjaga performa mesin tetap setabil.
  • Anti kristal : Pada suhu tertentu, kandungan hidrogen pada bbm dapat mengkristal dan menimbulkan kerak pada tangki kendaraan. Nah, pada Pertalite, anda tidak akan lagi menemukan masalah serupa karena BBM ini sudah memiliki kandungan anti kristal.

 


2. Bright Gas
Tidak hanya di bidang BBM, untuk mewujudkan Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, perusahaan berplat merah ini juga menghadirkan produk ramah lingkungan lainnya di bidang bahan bakar rumah tangga, yaitu salah satunya adalah Bright Gas. Memang, bright gas belum populer di kalangan masyarakan karena produk ini dirilis untuk kalangan menengah keatas.

Tidak seperti LPG, Bright Gas tidak mendapat subsidi pemerintah. Hal inilah yang membuat harga Bright Gas agak tinggi. Namun saat ini Bright Gas sudah bisa dijangkau oleh kalangan menengah karena Pertamina secara resmi telah mengeluarkan versi mini dari Bright Gas dengan kapasitas 5,5 kg.

Keunggulan Bright Gas :

  • Lebih aman : Bright gas memiliki sistem keamanan ganda yang membuat bahan bakar gas ini lebih aman daripada LPG
  • Lebih praktis : Dikatakan demikian karena Bahan bakar ini memiliki layanan Bright Gas Layan Antar yang siap mengantar tabung Bright Gas ke rumah anda dengan biaya hanya 5000 rupiah.
  • Bright Gas Hemat : Jika dibandingkan dengan LPG, Bright Gas tentu lebih hemat. Apalagi kini sudah hadir Bright Gas 5,5 kg yang mempunyai harga lebih terjangkau terutama untuk masyarakat menengah ke bawah.
  • Isi terjamin
  • Bright gas memiliki isi yang lebih terjamin keakuratannya. Selain itu adanya stiker hologram pada tabung membuat gas ini tidak mudah dipalsukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

 


3. LPG
LPG adalah bahan bakar paling populer di kalangan masyarakat saat ini. Pada awal kemunculannya, LPG mampu membuat masyarakat beralih dari kompor minyak tanah menjadi kompor LPG.

Gas LPG adalah bahan bakar yang dibuat dari campuran berbagai macam hidrokarbon yang diuapkan serta diturunkan suhunya sehingga menjadi cair. LPG memiliki sifat tidak beracun, mudah terbakar, dan menguap jika terjadi kebocoran. Walau begitu, dapat di pastikan jika LPG aman, terlebih jika cara penggunaan dan pemakaiannya benar, sesuai dengan aturan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan LPG :

  1. Gunakan peralatan tabung LPG berstandart SNI
  2. Pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik
  3. Tempatkan pada kondisi datar
  4. Jauhkan tabung dari kompor dan paparan sinar matahari
  5. Bertindak cepat dan tanggap ketika terjadi kebocoran
  6. Bersihkan regulator, tabung LPG, dan kompor secara teratur
  7. Jauhkan tabung LPG dengan arus listrik, maupun api

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Demikian di atas ulasan atau pembahasan tentang Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas Dan Ramah Lingkungan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membuka wawasan kita tentang kepedulian perusahaan pertamina dalam menjaga kelestarian lingkungan.